Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Senin, 01 Mei 2017

Bocah SD dan Kepolosannya

Masa kanak-kanak adalah masa paling polos dalam perkembangan manusia, entah emang beneran polos atau bodoh. Karena, kadang anak-anak itu nerima informasi mentah-mentah dari orang seumuran atau lingkungannya. Dulu, gua termasuk anak yang polos nyerempet bodoh sih sebenernya. Soalnya waktu kecil gua ini orangnya gampang percaya sama orang, yang kebawa sampe sekarang.

Apalagi waktu kecil banyak banget mitos atau apa ya? Semacam omongan anak seumuran yang dipercaya gitu aja, padahal mah kemungkinan nyatanya hanya 0.000001% aja. Terlebih lagi anak perempuan, soalnya emang dari kecil perempuan itu dianugerahi bakat ngegosip. Lewat gosip inilah, hal-hal yang ga jelas gua percayai. Dan semua ini berjalan di masa Sekolah Dasar (SD).

Saat udah sebesar ini, kadang gua suka merenungi masa kecil, “anjir gua dulu bego banget si percaya gitu aja.” Tapi ya mau gimana lagi, temen-temen gua percaya jadi gua juga jadi ikutan percaya kan. Hal-hal paling bodoh yang dulu gua dan temen 1 SD gua percayai adalah:

1. Kalau anak perempuan habis pipis disiramnya ga bersih, terus kena pipis anak laki-laki, anak perempuannya bisa hamil. (Mon maap nih ya)
Ya, ini adalah hal paling bodoh yang gua percaya waktu kelas 2 SD. Dulu, temen sebangku gua itu anak cewek yang hobby banget ngomong. Waktu itu kita lagi bahas apa gitu gua lupa, terus tiba-tiba panggil aja Lili (bukan nama sebenarnya) dia cerita ke gua tentang hal ini dengan wajah yang super duper serius. Parahnya lagi, dia ngasih contohnya juga! Sebagai anak yang gampang percaya, tentu saja gua percaya dengan hal ini. Gimana engga? Muka dan contohnya itu sangat meyakinkan.

Sialnya, beberapa hari setelah denger cerita itu gua kebelet pipis di sekolah. Waktu itu gua inget banget abis upacara hari Senin, selesai upacara toilet rame banget. Kelar pipis gua buru-buru gitu soalnya udah banyak yang ngatri.

Tapi, setelah di kelas gua kepikiran sama cerita si lili. Akhirnya gua balik lagi buat nyiram yang bersih. Eh, pas di toilet ada anak laki-laki yang keluar dari tempat yang gua pake tadi, karena emang sd gua toilet laki-laki sama perempuan nyatu (yang penting waktu gua sd anak-anaknya belum ngerti hal-hal semacam ‘itu’ jadi toilet ga dipisah pun ga ada masalah).

Ngeliat orang itu keluar hati gua remuk seketika. “AKU GA SIAP HAMIL YA ALLAH” itu satu-satunya yang ada dipikiran. Sumpah, itu tuh takut banget, bahkan setiap gua lagi ngapain aja sampe kepikiran. Mana anak kelas 2 SD ga tau gimana proses orang bisa hamil, betapa tertekannya gua waktu itu. Setelah beberapa bulan dan gua masih baik-baik aja tentu gua sangat bersyukur, ada bahagia yang datang bertubi-tubi. Dan gua jadi kesel sama si Lili.

2. Ujan saat panas-panas itu berarti ujan orang meninggal.
Anak kecil mana yang ga suka main ujan-ujanan? Hampir semua anak kecil suka main ujan-ujanan, walaupun abis itu langsung dipakein minyak kayu putih sebadan-badan. Tapi, kesukaan gua sama hujan seketika hilang setelah tau ada ujan orang meninggal.

Waktu itu gua lagi main terus tiba-tiba ujan, pas ujan ada orang yang bilang “Hati-hati loh, panas-panas gini kalau misalnya ada ujan berarti itu ujan orang meninggal.” Tanpa pikir panjang, anak-anak yang tadinya lagi main ujan-ujanan langsung minggir karena takut. Terus ga ada yang berani ujan-ujanan lagi, pas reda langsung pada balik terus mandi. Dan sampe sekarang mitos ini masih aja ada, tapi kali ini gua lebih pinter dengan tidak mempercayainya.

3. Kalau habis nunjuk kuburan harus langsung gigit jari kalau engga nanti diikutin.
Pas udah kelas 4 atau 5 gitu, gua mau main sama temen gua ada beberapa orang. Kita ngelewatin kuburan, gua yang tau di situ ada kuburan niatnya mau sok dengan pamer ke temen kalau gua berani. Padahal kalau dipikir-pikir sekarang nunjukin kuburan ga ada unsur pamernya sama sekali.

Pas gua lagi nunjuk, temen gua ada yang bilang “Nad, langsung gigit jari kalau engga nanti ada yang ngikutin loh.” Niat awal yang sok berani langsung menciut, otomatis gua langsung gigit jari, dengan keadaan yang pucet. Dan gara-gara ini bukannya dilihat keren malah jadinnya cupu. Tapi hal ini gua percaya sampe rada gede si, soalnya gua penakut anaknya.~

4. Kalau palanya habis kejedot sama orang, harus dijedotin lagi kalau engga nanti anaknya kembar siam.
Ya, ini juga ga kalah bodohnya dengan yang lain. Jadi dulu tiap Sekolah kalau ada orang kejedot harus jedotan lagi karena ga mau punya anak kembar siam. Kalau sehari kejedot 4 kali, jadi bisa 8 kali karena harus diulang lagi buat menghilangkan kepercayaan anak kembar siam ini.

Gimana, waktu SD saya sebodoh itu kan? Sebenernya masih banyak lagi hal-hal bodoh yang jadi trending di sekolah, tapi kayanya cukup segini aja udah malu deh. Kira-kira kalau anak SD zaman sekarang ada ga ya hal-hal semacam ini? Palingan juga yang masih ada itu Mr. Gepeng yang ada di toilet, soalnya ini cerita hampir di semua sekolah.

Kadang suka senyum-senyum kalau ngedenger anak SD ngomongin hal semacam ini, pasti mereka bakal nyesel percaya gitu aja kaya gua gini. Tapi mau gimana, namanya juga proses interaksi sama yang lain, pasti bakal terjadi. Apa ada yang masa SD-nya kaya gua gini? Kalau ada, kita toss dulu sini.
51

51 komentar:

  1. Wkwkwkw bahas mitos xD yang mana sangat rawan digandrungi anak SD yg masih polos. Kalau gue apa bawaan dari kecil suka skeptis duluan ya? G percaya sama hal-hal yang begitu. Tapi jadinya agak dipandang aneh sm temen yg lain krn dianggap nyeleweng dr adat. Kan ada tuh bbrp mitos yg berkembang subur di suatu daerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih, anak kecil kaya gini jarang nih kak. Tapi ya gt, malah dibilang aneh si ya kasian, padahal yg dilakuin buat ga percaya itu bener haha

      Hapus
  2. Yg jedotin kepala tuh sering bgt pas Abang SD

    Ampe bonyok dah kepala
    Yg masukin batu kalo lagi mules kagak dimasukin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung kepalanya ga sampe bocor bang.

      Oh iya, lupaaa, ah gimana nih...

      Hapus
  3. asli ngakak soal si toilet dan pipis XD
    kalo gue soal kejedot itu katanya suruh diusap-usap pake rambut anak perempuan yang panjang biar ga benjol, dan sialnya ampe smp gue masih lakuin itu:"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beda yaa? Tiap daerah beda cara penyembukan kali yaa? Hahahaha susah emang kalau bawaam terlalu percaya sama hal kaya gitu :D

      Hapus
  4. ada beberapa yang baru pernah gue denger mitosnya haha, ada juga yang sama kayak hujan panas itu sama nunjuk kuburan. pernah juga di sd gue anak2nya pada heboh gara2 ada yang meninggal, semua langsung rebutan minum, takut ikutan nyusul :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa hubungannya minum sama takut ikutan nyusul orang mebinggal? :"

      Hapus
  5. Jiahahahaha.. ngakak gw baca "polos apa bodoh"
    Beda beda tipis laahh... hahaha

    Iya ya dulu kalo pala nya kejedot suruh jedotin lagi. Padahal kan jadi tambah sakit. Polos apa begok. Wkwkwk...

    Tambah lagi, klo ngomong nya barengan. Harus suit. Yang menang nanti dia yg nikah duluan.
    gw dulu sering menang pas suit gituan. Tp malah temen2 gw yg pada nikah duluan..

    Polos apa bego'. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha suitnya kurang profesional berarti ka wkwkwk

      Emang bodoh sama polos bedanya tipis bangeeet :')

      Hapus
  6. kamu kok masih inget aja mitos-mitos pas SD? aku udah lupa, eh masih inget deh, tapi dikit..
    kalau yang aku inget itu, kalau ada tetangga yang mati tutup semua pintu dan gorden biar arwahnya g nakutin kita. kalau diinget-inget lagi, dulu kok goblok banget ngikutin kata anak tetangga, sampai siang-siang nutup pintu rumah sama gorden, eh terakhir-terakhir pengap dan panas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih inget semua da aku mah hahaha

      Aku mah nga ada ka yg tutup pintu sama jendela, cuma ya emang serem aja kalau ada yg meninggal, apalagi bocah kan penakut :D

      Hapus
  7. Ada yang baru tahu juga mitosnya. Tapi dulu ketika aku SD setiap habis tunjuk kuburan bukan di gigit, tapi di jilat jarinya satu per satu.. :D

    BalasHapus
  8. Nomor 2 dan 4 gue jauh tau tuh mitos yang begituan. HAHAHA

    Gue ngakak baca nomor 1. Sampe tertekan gitu ya? Sungguh malang nasibmu, nak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana ga tertekan? Serem banget, siapa coba yg ga takut :((

      Hapus
  9. Ya namanya anak kecil, segala informasi yang ada masih belum bisa disaring dan ditelen aja semuanya, hehe. Oh iya kalau mitos soal hamil itu yang lebih terkenal itu yang ciuman itu lo. Katanya kalau dicium sama cowok nanti bisa hamil, sumpah deh itu bikin ngakak. Aku pernah nonton film yang ada kaitannya sama mitos itu, lucu deh nginget masa kecil xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sekolah ku emang anti mainstream mitosnya, kalau itu juga aku sering denger. Masa kecil emang lucu deh hahaha :D

      Hapus
  10. Hahaha ngakak, ada mitos yang pernah aku dengar juga sih, kayak gigit jari habis nunjuk, itu kayaknya aku juga pernah kemakan mitos itu. Terus menurutku sebenarnya kalo mitos tuh ada kadang tujuannya untuk membuat si anak terhindar dari hal2 yang nggak diinginkan, kayak mitos ujan pas cuaca panas tuh menurutku cuma mau mencegah si anak nggak hujan2nan dan biar nggak sakit. Cuma cara melarangnya aja yang salah.

    Oh ya, dari sekian mitos yang ada, aku paling ngakak mitos yang terakhir, dijedotin balik..wkwkwkkwkwkwkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya intinya mah buat ngelarang, nah karena anak indo percaya, ya udah pake mitos aja deh~

      Emang kudu dijedotin lagi, biar anaknya nanti ga kembar siam haha

      Hapus
  11. Ada yang dulu gue percayain, yaitu hujan di siang hari. Dulu gue pernah ngerasain soalnya. Akhirnya cuma puyeng dikit aja sih.

    Teru ada lagi tuh, kalo ngomongnya barengan harus dicubit biar apa ngindarin apa gitu, lupa. Kadang juga ada yang bilang jodoh. Halah, zaman SD suram. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya mah emang biar ga ujan-ujanan si.

      Waktu SD mah gampang bgt emang ketemu jodoh, ngobrol samaan aja jodoh, sekarang mah susah. Suram sekali :((

      Hapus
  12. hahaha, mitos sama tahayul seperti itu memang selalu mewarnai hari2 seorang anak-anak. Apalagi, kalau anaknya polos abis, jadi korban takhayul deh. Gue juga sempet ketipu dulu waktu kecil. Yang paling bikin ketipu sampe sekarang adalah... orang yang baru diomongin terus muncul itu umurnya panjang :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, kalau itu sampe sekarang juga masih sering yang itu mah. Polos amat yak :))

      Hapus
  13. Suka penasaran mitos-mitos anak SD ini awalnya darimana ya? Soalnya pas SD ada temenku bilang kalau kita sering khayalin cowok, kita bisa hamil, bhuahahahaha xD

    BalasHapus
  14. hahahaa,,,,
    nomer 3 gue ngelakuin :)

    BalasHapus
  15. Haha ini polosnya gak ketulungan. Yang paling parah tu yang pipis, atas dasar apa si lili bilang kalo pipis gak disiram terus kena pipis cowok itu bisa hamil. Haha gila. Kalo kayak gitu pasti udah banyak banget cewek yang hamil tanpa tau siapa bapaknya.Tau tau hamil aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kok lucu ya bacanyaa, banyak yg hamil tanpa tau bapaknya. Apalagi kalau abis pipis di toilet umum yaa :D

      Hapus
  16. hhaha masih polos itu bukan bego, kan kita dibilangin begituan ada alasannya. Kl poin pertama itu biar WC selalu bersih, kan terkadang anak SD jorok loh haha..
    yang poin 2,3 dan 4 yang aku gak tau maknanya sampe sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya emang mitos itu biar kita ngikutin aturan, tapi ya caranya aja salah.

      Aku juga ga tau sampe sekarang maknanya apa :(

      Hapus
  17. ya kita percaya krn itu suka diceritakan juga oleh org dewasa, makanya orang dewasa juga yang hrs busa ngomong yg benar agar anak tak mengikutinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi yg ngasih mitos biasanya temen sebaya ka bukan orangtua.

      Hapus
  18. no. 1, 3 dan 4 asli belum pernah dengar dan sukses bikin ngakak..
    tapi no. 2 masih sering terdengar tuh hingga saat ini.. awet aja ya tuh mitos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak kecil gampang percaya si, jadi mitosnya tetep awet aja deh :))

      Hapus
  19. ANJIR NADIA MASIH SD UDAH HAMIL. WAKAKAK. Yang "gigit jari kalau engga nanti diikutin" gue juga pernah ketipu tuh. Hmm, sebenernya pamali emang nunjuk kuburan, kan. Ngasih unjuknya pake jempol gitu apa.

    Lebih kesel lagi yang nelen permen karet nanti ususnya nempel. Gue panik waktu itu takut dioperasi. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAGA YA..
      Emang pamali ya? Gua mah ga tau dah, tapi emang ga sopan sih kalau nunjuknya pake telunjuk.

      Terus kalau misalnya makan buah bijinya ketelen nanti tumbuh, serem :((

      Hapus
  20. NAH, POIN PERTAMANYA INI B*NGKE UDAH LUCU NIH.

    Jujur saya juga baru pertama kali denger gosip2 SD tentang "Kalau anak perempuan habis pipis disiramnya ga bersih, terus kena pipis anak laki-laki, anak perempuannya bisa hamil" Semasa saya SD saya blum pernah dnger isu2 kek gini, klo poin nomor dua sama tiga pernah sih.

    Asli, gue ketawa2 pas langsung baca poin pertama. Ini tulisannya lucu sekaligus meng-EDUKASI. Makasih ya Nadia.

    Coba deh periksa dulu, siapatau bayinya baru tumbuh sekarang. Hahahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang lucu, dulu mah khawatir tiap hari :((

      Ini kalau poin yg pertama tau dah, temen gua ngayal kayanyaa.

      Edukasinya ga usah dicapslock ya, kaya dipaksa :(( GA ADA BAYI-BAYIAN LAH.

      Hapus
  21. Gue bahkan baru pada tahu mitos-mitos itu. Muahahah. Yang tahu cuman hujan tapi panas itu ada yang menninggal. Dan seakrang suka bilang gitu juga. Muahahaha. \:p/

    BalasHapus
  22. PERASAAN TADI UDAH KOMEN DEH. KOK ILANG YAAA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ampuni aku. Ternyata harus pake approval dulu ((aproval))

      Hapus
  23. wkwkwk klo aku mitos yg jedotin pala mba emang klo kejedot mesti jedotin lagi capede benjol2 dah 🤣😂

    BalasHapus
  24. baru tau nih cerita kek giniii hemmm, ada seperti ni ya

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?