Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Minggu, 27 Maret 2016

Antara Keinginan Gua dan Kemauan Orang Tua



            Ngomongin keinginan pribadi sama kemauan orang tua, kadang ga selalu sejalan dan ga berbanding lurus. Pasti aja ada rintangannya, walaupun emang kalau dipikir-pikir mah ini urusan yang gampang, segampang memasukan jari ke hidung *oke, ini jorok* Tapi apa daya kalau udah berurusan sama orang tua, ku hanya bisa manut  dan ujung-ujungnya bawa perasaan (read: baper).
            Jadi gini, gua sekarang udah kelas 12 dan dipaksa oleh keadaan untuk memikirkan kelanjutan pendidikan. Biasanya orang melanjutkan pendidikan sesuai dengan apa yang dicita-citakannya dari kecil, sedangkan gua dari kecil udah ga punya cita-cita. Dulu mungkin anak-anak kecil kalau ditanya tentang cita-cita mereka seneng dan ngejawab dengan antusias. Sedangkan gua, gua mah anaknya udah pasrah dari awal.

Anak kecil lain:
Orang: “Kamu cita-citanya jadi apa?”
Bocah : “Aku mau jadi dokter, soalnya aku suka merawat orang sakit.”

Gua kecil:
Orang : “Kamu cita-citanya mau jadi apa?”
Gua      : “Ga tau, belum kepikiran.”

            Gua emang udah cupu dari dulu. Dimana orang lain pada sibuk mikirin masa depannya, gua malah lagi bingung. Soalnya gua beranggapan, ngalir aja kaya air, ikutin alurnya dan nikmatin. Niatnya sih pikiran gua ga mau ribet, tapi baru berasa ribetnya ya sekarang-sekarang ini. Dan anggapan gua itu salah kawan-kawan, akhirnya menyisakan gua yang rentan dan suka baper.
            Setelah menimang-nimang semua jurusan yang gua liat di universitas, gua akhirnya memilih ilmu komunikasi. Waktu itu gua pengen jadi pembawa berita, terus tiap gua liat berita ada reporter yang jalan-jalan, makan enak, dibayarin dan mereka juga dapet bayaran (baca: gaji)  *mental gratisannya keluar* dan gua pengen kaya mereka. Berwibawa, dan keren pastinya, soalnya kan wawasan mereka luas.

Najwa Shihab, salah satu pembawa berita Indonesia
            Akhirnya setelah bergalau-galauan milih jurusan akhirnya gua bilang ke ortu,  gua jelasin kenapa gua milih itu. Kalian tebak, apa ortu gua nerima? Ga secepet itu. Bokap gua berharap gua jadi bidan, dan itu ga bakal mungkin terjadi. Dari awal aja ga mungkin keterima, gua ini anak IPS, sedangkan itu jatahnya anak IPA. Lagipula daku ini lemah, takut sama jarum suntik. Nanti bukannya nyuntik tangannya, yang gua suntik malah pantatnya. Bisa dituduh malpraktek nanti. Akhirnya gua males ngomongin jurusan sama bokap, soalnya tiap urusan ini kita pasti berantem. Dan pasti kalian tau kan, cewe kalau berantem pasti selalu baper, ujung-ujungnya juga pasti mewek.
            Karena gua yang males ngomongin jurusan, akhirnya waktu sudah semakin dekat dan gua masih belum dapet restu dari bokap tersayang. Kita omongin baik-baik, ya walaupun sempat ada percecokan tapi akhirnya mereka setuju dengan jurusan ini. Sekarang satu masalahnya, tinggal milih universitas. Muncul lagi masalah baru, dan kali ini semua memiliki perbedaan.

            Gua milih UNPAD, nyokap milih UNJ, dan bokap milih UI. UI iya UI, gua juga sebenernya mau banget jadi anak UI, siapa kali yang ga mau pake yellow jacket? Dan kehebringan UI yang keren itu. Gua sih udah sering ikut event-event UI, kaya Bedah Kampus, Open Day, Try Out dan lain-lainnya. Tapi rada pesimis gitu sih, gua bisa masuk UI, dan akhirnya gua kesana juga Cuma sebagai pemuas pribadi aja. Dan bedanya bokap optimis banget gua masuk UI, ya gua sih sebenernya bersyukur bokap ada kepercayaan sama otak gua yang kaya gini, tapi jujur gua takut ngecewain, gua takut mereka berharap banyak sama gua. Gua ga mau terlalu pesimis juga sih, gua nanti ikut SBMPTN UI, siapa tau aja beruntung, masuk UI, dan bokap gua bangga.
            Selain UI, gua juga mau daftar ke UNPAD. Di UNPAD ilmu komunikasi jadi fakultas sendiri ga kaya yang lain, soalnya ilkom masih masuk di FISIP. Gua juga mau banget masuk UNPAD, terima aku, pliss! Lagi-lagi gua menemukan halangan pada bokap tersayang, kalau misalnya nanti jadi di bandung kan harus ngekost kan ya, dan bokap ga ngizinin. Ya kali gua pulang–pergi Bandung-Bogor. Sekalinya gua boleh ngekost, bokap harus ngikut. Kan nanti lucu, misalnya ada apa-apa bokap dateng ke kampus nganterin makanan atau apa yang ketinggalan gitu. Haduhh, ga bisa ngebayangin -_-
            Gua ga tau sih, gua bakal masuk atau engga. Tapi, gua bakal usaha buat ngelanjutin mimpi gua, walaupun pilihan gua beda sama orang tua, tapi seengganya gua pengen orang tua bisa yakin dan bangga sama apa yang gua pilih. Sumpah ini momen terbaper gua, kemauan gua dan orang tua beda. Semua yang gua lakuin sekarang itu selalu kebawa baper *mata gua kok berkaca-kaca ya nulis paragraf ini?*

            Ya mungkin sebagian dari kalian tau rasanya kaya gimana, ga enak. Apa-apa keingetan. Ngomongin jurusan, baper. Ngomongin univ, baper. Ngomongin doi, baper. Pokoknya semua selalu berujung ke baper, dan berakibat ke galau. Aku mah apa, ga bisa baperin gebetan, masa depan pun jadi. Semoga sesuai dengan apa yang diharepin. Hai masa depan, tunggu aku yaaa!


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy"
32

32 komentar:

  1. Emang ribet yakalo impian kita bertentngan ama kemauan orangtua
    Seharusnya orangtua itu mendukung apa yg kita impikan
    Soalnya hanya diri kita sendiri yg tw kelebihan dan kekurangan diri masing2
    Wahai orangtua mengertilah impian anak2mu
    Pecat ja neng bokapnya
    Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneeeeerrr...
      Aduh pengertian banget sih, jadi ayah aku yaaaa..
      wkwkwk

      Hapus
  2. Ini itu baper, wkwk.

    Kalo bingung, mending lu yakinin orang tua lu aja. Kalo lu emang niat di bidang ilkom. Dan misalnya udah dapet restu gitu, lu jangan ngecewain mereka. :D

    Kayaknya gue juga bakal ngerasain hal kayak gini 1 tahun lagi, wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya itu susah ngeyakininnyaaa, tapi mmudah-mudahan bisa..
      Selamat merasakan kebaperan yang gua rasain :p

      Hapus
  3. Wah yang pasti bikin mumet kepala. Disatu sisi pengen banget bahagian orang tua, disisi lain juga galau.

    Udah lolos milih jurusan bareng orang tua, eh sekarang berhadapan milih sama kampusnya. Beda-beda lagi orang tuamu itu.. hehe
    Oke, semoga pilihan-pilihan yang diambil adalah pilihan terbaik, semoga keterima di kampus terbaik, sukses terus. Jangan galau terus.. eheeh

    BalasHapus
  4. Yah.. emang selalu gitu..
    Kemauan kita dan kemauan orang tua selalu beda..
    Apalagi sama Bapak.. Kalau Ibu sih selalu mendukung aja anaknya mau milih yang mana..
    Saya juga gitu kok..
    Terakhir saya ngikutin kemauan Bapak saya pas SMK.. Bapak saya maunya saya masuk SMK jurusan Teknik Komputer, saya maunya Arsitek.. Akhirnya saya ngikut Bapak saya aja..
    Nah, kuliah saya mulai ambil keputusan sendiri sampai dengan kerja sekarang ini..
    Bukan berarti saya membangkan dan tidak nurut ya..
    Tapi kita sebagai anak juga harus bisa mengambil keputusan sendiri..
    Semangat ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita serba salah ya mab Ginty :(
      Iyaaa, makasihh..

      Hapus
  5. ciyeee baper milih jurusan ciyeeee..
    kalau saran aku (gaya orang gedhe) coba puasa senin kamis sama solat malam nad. Pas aku lulus SMA dulu sama kayak kamu, diarah2in, malah kearah militer tau, jadi polwan apa kowad, sebel!!! cuman pas akhirnya aku nganggur setahun pas habis lulus SMA, sambil usaha dan doa, yakin kalau arahan orang tuaku g salah. Jadi banyak2 berdoa, curhat sama Allah biar dikasih petunjuk. Itu cara paling mujarab biar kamu g baper nad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba pit, sarannya berguna banget. Sungguh ini pencerahan sekali, makasih yaaa. *hormat*

      Hapus
  6. true banget sis. kemauan anak sama orang tua itu drting nggak sejalan, dan biasanya anak yang selalu mengalah. ah, pilihan universitasnya sama aja. sama-sama keren, tergantung aja mau kuliah di kota apa. tapi unpad sih pilihan yang kece..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sihhhh, Tapi pasti orang ada pandangan yang berbeda-beda sama univrsitas yang dituju. Iya dunddd..

      Hapus
  7. Aku pernah kok di posisi itu. Berbeda pendapat dg orang tua. Antara kerja atau kuliah S2. Butuh waktu dan emosi. Sebenernya ya jalan satu-satunya komunikasi dan saling memahami trus ambil jalan tengah. Tiap keluarga pasti caranya beda-beda. Kamu sabar ya. Nanti pasti ada jalan keluarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren mba Vindy, jadinya S2 atau kerja nih sekarang? Iya sih semua yang dibutuhin emang adanya di komunikasi. Makasih ya mba :)

      Hapus
  8. Menurutku sih simple, selama kuliah masih dibiayai ortu aku ikuti mereka, ---kalau memang gak bisa dikompromikan. Dan setelah selesai nanti dan punya penghasilan sendiri baru aku lakukan apapun pilihanku. Mau kuliah lagi ayuk, mau les ini itu oke. Ortuku cukup "membebaskan" sih, tapi tetap aku kuliah 2 kali dengan 3 jurusan berbeda supaya aku happy, ortu happy :) Good luck, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun yang bayar emang ortu, tapi kalau ga sesuai kemauan juga ga bakal maksimal hasilnya. 2 jurusan, maksudnya? Sukses juga deh buat kamu dunia kecil :)

      Hapus
  9. Wah, lagi dipusingin sama pilihan setelah lulus ternyata. Tahun depan mungkin gue juga begini :)

    Kayaknya banyak banget yang nafsu mau masuk UI. Entah kenapa, gue nggak kepengen masuk UI. Aneh, kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat meresakan pusingnya HAHAHAHA *ketawa jahad*
      Semua univ punya daya tarik sendiri sihhh. Fix kamu aneh nak, padahal enggaa..

      Hapus
  10. untungnya aku mah selalu setuju saat anak2ku pilih jurusan dan tempat kuliah. Biarlah semua tercapai berdasarkan keinginan anak, ortu tinggal mendorong semangat mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak, jadi mamah aku aja yukkk... *astagfirr, anak macam apa?*

      Hapus
  11. ketika kita memiliki perbedaan pilihan dengan orang tua, sebaiknya kita mengutarakan pilihan kita itu baik secara objektif maupun subjektif dg sopan kpd mereka. Karena tak jarang pemikiran kita sama ortu saling berseberangan. Jadi kita harus melatih kemampuan negoisasi kita dg ortu,, hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul, tapi kadang mengutarakan pilihannya harus rada muter-muter buat dapetnya wkwkwk

      Hapus
  12. Jangan kebanyakan dibawa baper sih. Kalo apa-apa baper nanti malah gak fokus. Lo mau ke mana? Fokus ke sana. Gue, sih, mending gagal karena salah gue daripada gagal karena salah orang lain yang maksa gue milih satu hal yang bukan benar-benar kemauan gue. Dari lulus SMP, gue selalu debat sama orangtua. Gue mau SMA IPA, orangtua pengin gue SMK akuntansi. Gue tetep kekeuh, itu masa depan gue. Dan gue cari tau semuanya sendiri, ngumpulin info SMA yang bagus dan gak terlalu jauh. Ngeliat itu, orangtua gue gak bisa apa-apa setelah liat niat anaknya. Kuliah juga gitu. Gue gak boleh kuliah, karena ekonomi keluarga gak mencukupi, mereka takut anaknya gagal. Tapi gue masih pengin belajar. Gue gak pengin berhenti. Well, gue cari duit sendiri, cari kampus sendiri, tes sendiri, sampe sekarang udah semester enam, gue masih berjuang.

    Lo semangat dong, jangan baper baper aja. Yoks~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren, aku salut sama penggalan ceritanya.
      Aku setuju, nanti aku juga kaya senpai kok berusaha dengan sekuat tenaga dan pikiran buat dapetin sesuatu.
      Makasih semangatannya :D

      Hapus
  13. nah kejadian ini sering kali menimpa bagi para sisewa ketika sudah lulus SMA. maunya nglanjutin kuliah d kampus B jurusan C tapi orang tua tidak setuju. maunya orang tua di kampus A jurusan D. nah seharusnya orang tua harus menghendaki anaknya untuk memilih jurusan apapun itu di kampus mana saja. soalnya yang menjalani kuliahnya bukan orang tua tapi anaknya, percuma kalau si anak nuruti orang tau kalau di kampus tidak tau apa. bener kan? nah maka dari itu orang tua seharusnya mngerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas naufal, orang tua ga peka ku bete :(

      Hapus
  14. Emang kuliah itu harus milih mana yg kita pengen, soalnya kita yang bakal ngejalanin.. sama kayak nikah, kita berhak menentukan pilihan kita sendiri bukan jodoh yang dipilihin ortu,,

    Permasalahannya tinggal bagaimana caranya bisa lulus masuk ke kampus pilihan di atas.. kalo masuk unpad, pindah rumah sekalian aja sekeluarga haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bang edotz, mampir juga kesini..
      Iya ya, soalnya kadang yang dipilihin orang tua suka ga terlalu sreg dihati.

      Nah itu dia, tinggal cara masuknya aja, lagi berjuang sihh.. Janganlah bangg, kan aneh berasa bocah banget diintilin -_-

      Hapus
  15. Serba salah ya... :( ngalamin juga nih.

    BalasHapus
  16. Waaaahahaha ngomongin kuliah, nih. Bentar, kamu sampai sekarang masih labil? Kamu itu SNMPTN, nggak?
    Yaaa kalo menurutku sih, kamu mau di mana aja, pasti orangtua mau kok perjuangkan, walau mungkin dukungannya kurang antusias kayak misalnya kamu ntar masuk UNPAD-Ilkom, risiko kan ada aja, udah gitu bokap nggak setuju ngekos, tapi ya mungkin rezeki kamu di situ? Kecuali, kalo kamu kekeuh. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah daftar SNMPTN sih.
      Mereka mungkin emang bilang engga, tapi kalau udah masuk pasti dukung, jadi aku berusaha gituu..

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?