Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Rabu, 09 Maret 2016

Liat Gerhana Matahari yuk..

"Besok jangan keluar rumah ya, mau ada gerhana matahari, nanti kalau ngeliat bisa buta, hih serem.." 
            Samar-samar sepulang sekolah kemaren gua ngedenger ada orang yang ngomong gitu ke temennya. Gua bingung, pikiran gua melayang, serem juga ya kalau itu beneran terjadi. Berita bakal ada gerhana matahari hari ini cuma gua dengar selibetan, cuma dari orang-orang yang cerita doang. Gua ga pernah nonton langsung dari berita tentang hal ini, hasilnya gua kayak orang bodoh mendengar omongan orang tadi. 
            Pas rada malem, gua cerita ke ibu gua (read: umi). Katanya tahun 1983 juga pernah ada gerhana matahari, dan ortu gua pernah ngerasain. Hebat! Menurut pikiran gua seorang anak IPS yang nilai Sosiologi Geografinya biasa aja, pasti itu berita bohong. Gua rada ga percaya tentang hal ini, ya walaupun gua udah nonton langsung beritanya, yaps gua tetap sotoy kalau ini tidak bakal terjadi.
            Terus tadi pagi pas gua baru bangun, gua nonton tv dan isinya berita tentang gerhana matahari semua. Ternyata beneran terjadi, dan gua ngerasain *walaupun ga gelap-gelap amat* gua antusias, sama tv yang nayangin gerhana matahari di beberapa titik daerah di Indonesia. Gua nonton dengan seksama sambil beberapa kali gua keluar buat ngeliat mataharinya beneran ketutup atau engga.

            Bodohnya gua, pas ngeliat matahari ga pake kacamata, hanya sialau yang terlihat. Yang ada dipikiran gua setelah ngeliat itu "GUA GA BAKAL BUTA KAN YA?" gua cari kaca mata hitam, dan ternyata gua ga punya. Saran absurd pun dikeluarkan emak gua, 'pake kertas buffalo aja biar ga silau' WOW aku tercengang, dan..... gua ikutin sarannya. Tapi ga berhasil -_- Gua ubek-ubek rumah dan nemu plastik hitam, mungkin 11-12 lah sama kacamata hitam dan gua pake buat ngeliat matahari, tapi gelap, perjuangan gua sia-sia. Akhirnya gua duduk heboh depan tv pengen ngeliat gerhana matahari yang beneran.
Percayalah, itu poto gelap banget.
            Tapi, gua sedikit kasian sama orang-orang di Palembang *lebih kasian sama diri sendiri sih*. Udah capek-capek nungguin tapi ketutupan awan, gua gondok. "AWAN, AWAS NAPA GANGGU AMAT." Padahal orang Palembang udah berbondong-bondong ke Jembatan Ampera buat nonton bareng, tapi ketutupan awan kan kasian di PHP-in.
            Gua takjub, ternyata gerhana matahari total bukan cuma palajaran anak sekolah yanng sering muncul di ujian doang, itu real. Gua jadi salut sama para peneliti, bisa mengira-ngira kejadian ini. Btw, gerhana matahari ini ngedongkrak perekonomian daerah yang dilewatin gerhana sampai 600 miliar loh. Banyak wisatawan yang dateng buat nikmatin keindahan gerhana matahari ini.

Intinya: Nonton berita biar Apdet! daaaaahhhhh....
           
36

36 komentar:

  1. Itu ngapain awan nutupin gerhananya neng? Kurang kerjaan dah
    Oh banyak ya neng wisatawannya? Hmmm mang ada berapa jumlah wisatwan yg nonton gerhana neng? Tw ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. awan ga mau manusia bumi bahagia, jahad dia :(
      Tau lah, ada 100.000 orang dari mancanegara, kan tadi buat ini sambil nonton berita.

      Hapus
  2. saya ngelihat gerhananya juga dari tipi aja.. hihihi
    yah, pasti sedih banget..
    padahal udah ditunggu2, eh awannya malah mengganggu.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa *toss*
      iyalah, aku aja yang nonton dari rumah bete, gimana yang nyempet-nyempetin liat langsung.

      Hapus
  3. potonya seperti siang pada umumnya, pasti sudah berusaha dengan keras, hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan siang, tapi pagi. Susah sih kalau dipoto, soalnya kan cuma dapet sebagian doang, jadi ya gelapnya nanggung.

      Hapus
  4. kata orang tua saya juga begitu, pada tahun 1983 silam juga pernah ada gerhana matahari total kayak pagi tadi. bahkan di kota ku Surabaya dulu juga sempat gelap selama beberapa menit gara-gara gerhana matahari tersebut.

    tapi sayangnya pagi tadi Surabaya hanya kena 80 % aja. yang paling kena tuh Palembang, Bangka Belitung, sama Palu. aku tadi nonton di tv aja sampe kegirangan, yaa karena seumur hidup baru kali ini ngelihat gerhana matahari beneran. sebelumnya kan cuman dari teori buku pelajaran aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata orang tua pernah ngerasain. Mereka jadi udah 2x ngerasain deh, sedangkan kita cuma sekali sedih T_T
      Bogor pun gitu, cuma dapet 80% doang, kurang greget deh. Teori pelajaran itu nyata wkwkwk

      Hapus
  5. Yaiyalah bukan cuma pelajaran aja. Sebagai anak ips yg nilai geografinya biasa aja, gue juga bingung. Kok bisa ya peneliti memperkirakan itu dengan akurasi yg amazing!

    Oh iya, katanya mendongkrak perekonomian sampe 600 milyar. Data nya dari mana nih, gue liat di TV gak ada tuh.. hhehe pissss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa tau aja kan gitu, itu cuma karangan orang pinter doang. *suudzon*
      Ini beneran, tadi gua nulis sambil nonton berita di kom**a tv jadi ya sekalian aja biar lebih berbobot dikit wkwwkwk

      Hapus
  6. Di kediri kejadian gerhananya kayak mendung2 syalala gitu. Cuman akunya g tertarik juga sama gerhana matahari total yg sebenarnya g total juga aka gerhana matahari sebagian gitu. Seumur hidupku ini yg ke3 kalinya aku liat gerhana matahari. Dulu pas di papua udah 2x liat sejenis ginian. Jadi g kaget dan biasa aja *sombongceritanya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih Bogor juga, mendung-mendung manja gitu. Widihhhh 3x dan dari Papua, super sekali kamu senpai *sungkem*

      Hapus
  7. karna tau dari tempat aku gak bakal ngeliat yang total, alhasil aku mah tidur aja deh. hahahaha

    BalasHapus
  8. awan mau numpang eksis jg kali ya mbk, hihihi

    BalasHapus
  9. Disini gue liat gerhananya cuman dikit, cuman kelihatan dikit cincin gerhana mataharinya. Sayang banget lah. Btw di palembang yang begitu sangat menyakitkan, udah datang pagi2 buat liat gerhana matahari, eh taunya tertutup oleh awan. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di gua juga cuma dikit doang. Itu bener-bener di PHP-in banget, kasian.

      Hapus
  10. aku pas gerhana kemaren ketiduran karna begadang. aku harus nyesel apa gimana yaaaaa

    BalasHapus
  11. Sebenernya sama aja kayak lihat Matahari biasa kok. Cuman bedanya, kalo lihat matahari biasa, mata udah terbiasa terang kemudian lihat matahari yang terang juga. Efeknya dikit. Beda sama Gerhana Matahari. Bahayanya adalah pada saat matahari tertutupi bulan sepenuhnya, kemudian bulan lepas sedikit demi sedikit, dan matahari mulai muncul sedikit demi sedikit. Nah pas matahari muncul lagi itu yang bahaya. Soalnya yang dilihat mata sebelumnya gelap, tiba-tiba terang lagi. Itu bisa bikin buta.
    Gue pagi tadi cuman nonton di TV, wajar kan orang Jawa. Pas nonton, ada tulisan lewat begini "Dihimbau kepada masyarakat untuk tidak melihat gerhana matahari dengan mata telanjang", yaudah gue pake kacamata gerhana sambil lihat gerhana di TV. Biar aman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasannya amat sangat ilmiah, saya tidak ngerti, saya mah apa atuh~
      di TV? kenapa ga langsung liat diluar aja -_-

      Hapus
  12. silaunya kayak di kota ane makassar, lihat sebentar bisa bikin mata sakit, sakit kayak di PHP-in gitu
    tapi serunya as gerhananya nutupi matahari suasana berubah kayak sore hari, asli keren dan bikin merinding

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakitan di PHP-in sih kayanya wkwkwk
      setuju! Keren banget sih, asli..

      Hapus
  13. Diih, warga Balikpapan berarti beruntung banget nih. Gue liat gerhana gak pake kacamata, soalnya emang benar-benar gelap jadi gak apa-apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dia lebih beruntung mendapatkannya :') iya kan disuruh awal sama akhirannya ajaa.

      Hapus
  14. beruntung yah bisa liat gerhana matahari.
    Saat itu terjadi, gue sedang pules tidur
    karena pengaruh ngantuk dari obat demam...
    :/

    BalasHapus
  15. 'pake kertas buffalo aja biar ga silau'

    ga tau kenapa ngakak aja bacanya :'D

    BalasHapus
  16. gerhana matahari kemarin memang keren. fenomena alam dalam jangka waktu yang cukup lama tuh. tapi, masih mending laH ngeliat gerhana secara langsung. daripada ngeliat dia bahagia sama orang lain secara langsung :")

    BalasHapus
  17. di serang juga lumayan kerasa gerhananya, gak mendung tp gelap, keren yah gerhana bisaan gitu ah hehe
    kmrn gua sepulang solat gerhana di masjid gak sengaja liat kearah matahari, langsung pusing mata sampe ke kepala sampe sampe tiduran di kasur dikira takut kenapa kenapa eh ternyata gapapa hehe

    BalasHapus
  18. di nganjuk hanya kelihatan 80% kayaknya, itupun terjadi sekitar jam 8 pada waktu ada gerhana itu.

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?