Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Rabu, 13 April 2016

Akhir dari ini, Awal dari Segalanya

UN t’lah usai, UN t’lah usai
Hore... hore... hore
Buanglah tas dan buku mu
Sampaikan uneg-uneg mu
UN t’lah usai, UN t’lah usai
Hatiku gembira!
(Nyanyi pake lagu tasya, libur telah tiba)
           
            Itu dampak UN bagi perkembangan otak gua yang tidak seberapa ini, setelah hampir beberapa minggu dipaksa buat belajar dan sekarang ngaco. Iya ngaco, kerjaannya tidur, mikirin blog, makan, pup kalau kebelet, pokoknya gitu deh kalau liat buku males.
            Kekejaman sebelum UN-lah yang bikin lelah,  ada TO tiap minggu yang soalnya manis manja nan menggoda pengen ditinggalin, terus Ujian Praktek yang datang mengikuti, UAS yang tak mau kalah minta dijemput dan selang BEBERAPA HARI UN -shock- Dan setelah UN dateng, aku sibuk menjadi PENGANGGURAN.
Sumber: Google

            Sudahlah, biar itu berlalu dengan baik. Kali ini gua mau cerita aja pengalaman UN SMA yang pertama kalinya dan terakhir buat gua. Jadi tanggal 4 April kemaren Ujian Nasional datang menggemparkan dunia SMA dan sederajat, UN tahun ini dan tahun lalu ada yang berbeda. Soalnya kita menggunakan sistem UNBK (Ujian Nasional Berstandar Komputer) *gitu bukan sih panjangannya?* Jadi kaga ada tuh ngitem-ngitemin nama di kertas, waktu kita ga dibuang-buang deh jadinya.
maafkeun Bureum -__-

            Selagi UN berlangsung sekolah gua menerapkan tiga sesi, sesi ke-1 dimulai jam 7-9, sesi ke-2 dari jam 10-12, dan sesi ke-3 dari jam 14-16. Dan gua kebagian sesi-3, jahat emang, disaat yang lain pada bobo manis, gua malah jalan ke sekolah ngerjain ulangan.
            Hal terberat yaitu ketika nunggu jam 2 siang, gua bingung harus ngapain. Mau nonton tv males, soalnya banyak berita yang ngebahas Ujian Nasional, dan mereka ngomongin kegagalannya. Kan gua shock belum nyoba ketemu sama komputer udah nonton berita gitu, negatif thinking lah akuhh.
            Waktu itu ulangan hari pertama pelajaran Bahasa Indonesia, bisa sih ngerjain ya walaupun mata rada keriting gara-gara mantengin komputer dan lagi ceritanya banyak banget. Untung gua udah biasa blogwalking, jadi ga terlalu sakit matanya liat komputer mulu dan baca naskah yang panjang. Bedanya itu bahasanya baku banget woi! Gua keluar masih sekitar 1 jam-an sebelum waktu habis.
            Hari pertama berlalu dan lanjut hari ke-2, pelajaran geografi. Soalnya susah, lebih susah ini dibanding TO.  Buat yang bilang UN lebih gampang dari soal TO di postingan sebelumnya, kalian berbohong aku kecewa sama kalian :( Pas geo gua keluar setengah jam dari waktu abis.
            Mata pelajaran MTK yang ditunggu-tunggu pun tiba. Gua nyiapin belajar buat MTK itu lebih extra, malem-malem belajar, semua materi dipelajarin dan hampir gua ngerti. Pagi-pagi juga gua masih belajar, tapi apa hasilnya? Soal MTK-nya ga manusiawi, tega banget yang bikin soal. Gua menyelesaikan mtk 10 menit sebelum waktu habis.
            Hari ke-4 pelajaran sosiologi, materinya full hapalan, dan opsinya semuanya bener. Kita harus memilih jawaban paling bener diantara yang bener, rasanya gua pengen shalat tahajud mencari jalan yang terbaik. Gua keluar 15 menit sebelum waktu habis.
            Lalu bergulir pelajaran Ekonomi, soal ekonomi juga susahnya ga mau kalah. Lebih susah daripada MTK, akutansinya ga tahan rasanya pengen minta bantuin sama mba-mba manise teller bank. Waktu itu gua keluar 10 menit sebelum waktunya habis.
            DAN hari terakhir B. Inggris, emang dasarnya gua kaga ngerti Inggris kali ya jadinya males gitu. Udah gitu panjang banget lagi, kalau indo mah gua masih ngerti dah. Dan ini waktu paling lama gua ngerjain, sekitar 8 menitan mau abis waktunya gua baru keluar.
            Selesai deh semuanyaaa, oh iya waktu hari terakhir gua sama yang lain sempet ditahan ga boleh balik, ada penyuluhan dulu biar murid-murid pada ga coret-coretan. Masalahnya gini, kita mau coret-coretan kapan? Maghrib? Kan baliknya aja udah jam 4. Udah gitu telattt, disaat yang lain coret-coretan pada hari Rabu atau Kamis yang lalu, gua baru selasa kemaren kan udah basi yak? Sempet tuh gua murka waktu hari Rabu sama yang coret-coretan, gua ulangan baru 3 pelajaran dan masih ada 3 lagi, mereka malah udah selesai, kan KAMVRET -_____-
            UNBK itu punya kelebihan dan kelemahannya, kelebihan kaga ada adegan bulet-buletin yang banyak banget. Kelemahan itu soalnya beda-beda dari yang laen, ada sih yang sama tapi misalnya di gua no 7 nah di orang no. 11. Lama kalau mau nanyaaaa..
            Tapi namanya juga SOFTECH *ini nama kelas gua* mau ulangan mau belajar teuteup aja rame. Sampe-sampe ada pengawas yang bilang ‘kelas ini lebih rame daripada kelas yang lain’ kan maluuuu.
            UN selesai dan sekarang gua bener-bener gabut, bingung mau ngapain. Jadi pengangguran ga jelas, ini ga bisa itu ga bisa. Yah namanya juga manusia ga ada puasnyaa..
            Itulah kisah ku yang absurd-absurd ga jelas, maafkeun kalau tidak jelas. Gimana kisah UN kalian?
48

48 komentar:

  1. Wah enak dong neng un pake komputer
    Orang mah surfing dulu digugle kayak ngeblog, download film, buka akun
    Abang g pernah loh un pake komputer
    Ribet neng buletinnya
    Kalo pas enak
    Nah kalo buletannya engga pas itu engga enak neng
    Sama kayak pacaran
    Kalo g pas atau g cocok ujung2nya putus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana enak bang? Susah -_-
      Boro-boro mau buka yang lain, keluar dari aplikasi UN-nya aja udah panik naudzubillah.
      Yowloh aku belum ketemu sama yang pas :(

      Hapus
  2. Cie abis selesai UN ya, untung masih kelas 10 haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie abis libur UN-nya, untung udah kelas 12 hahaha

      Hapus
  3. Eh ini beneran un nya dah pake komputer? Idih maju banget ya siswa jaman sekarang. Jaman gue mah apa atuh musti bulet2in pake pensil, serut dulu pensilnya klo udh tumpul.
    Nikmati aja neng penganggurannya sebelum nanti ketemu dunia perkuliahan yg kejam ahahaha
    Semoga hasilnya bagus! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku udah ga ngerasain dongg..
      Makasih :D

      Hapus
  4. Buseet, gua baru tau kalo tahun ini ujian nya pake komputer gituuu. Kalo zaman gua mah dikasih waktu 2 jam, 1 jam abis karena ngitemin nama, sisanya nungguin mukjizat Tuhan buat ngisi jawaban.

    Selamat-selamaat.. sebentar lagi kamu bakal masuk ke dunia kuliah yang notabene berbeda banget dengan sekolah. Bukan nakut-nakutin, tapi lu harus udah nyiapin mental dari sekarang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake komputer juga sama 'nungguin mukjizat Tuhan' yang datang.

      Makasih loh sekilas infonya, menguatkan mental dari sekarang :))

      Hapus
    2. Hahahha ternyata masih sama ajaa..

      Iya siap sama-sama. Semangat yawww!

      Hapus
    3. Kayanya itu emang ga bakal ilang deh..

      Okeee..

      Hapus
  5. anjay,,, KITA SAMA BARU UN NIH !!! AHAHAHAH
    TAPI SEBELUM ITU MASIH ADA SBMPTN! SEMNGAT COY!


    rencana mau kuliah kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. WEDEH TEMEN SEPERJUANGAN!!
      SBMPTN SUDAH MULAI MENGHANTUI, AKU STRONG KOK!! *ikutan capslock biar greget*

      Maunya sih UNPAD, semoga keterima deh. Lu sendiri rencananya kemana?

      Hapus
    2. gua ugm, teknik nuklir~ hohoh

      jurursan apa?

      Hapus
    3. Ilmu Komunikasi~

      Wissss semoga keterima yooo..

      Hapus
  6. Eh, aku sampai ngikut nyanyi yang lirik diatas itu loh, padahal kan aku nggak ikutan UN, tapi entah kenapa juga merasa ikutan lega.

    Tapi selamat yaa udah melewati salah satu kejadian terbesar dalam hidupmu, UN. Jadi pasti sekarang lega banget nih dan bisa menikmati liburan senggang setelah UN.

    Oh iya, aku jadi penasaran nih sama UNBK sekarang ini. Soalnya jamanku UN dulu masih dengan bulet-buletin kertas pake pensil 2b gitu. Memang sih lama, tapi ada sensasinya tersendiri loh ketika bulet-buletin kertas gitu.

    Yaa meskipun soalnya ternyata lebih sulit dari TO, yang pasti sekarang kan udah dilewati semuanya dengan lancar toh. Tinggal berdoa aja, semoga mendapat hasil yang memuaskan. aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa lirik diatas memang dibuat memang untuk dinyanyikan maz, uforianya kena sampe ikutan lega ya? :p

      Akhirnya sampe ke momen ini juga, pasti momen yang lain banyak menunggu untuk minta dijemput. Ya gitu deh, lega-lega enak.

      Sensanyi kesel-kesel tapi ngejaga gitu, UNBK lebih dapet sensasinyaaa, apalagi kalau komputer tiba-tiba mati. Beuhhhhh, sensasinya udah kek mau jatoh dari atas gedung tingkat 500.

      Aminnn, Makasih mazz :)

      Hapus
  7. Wah seru dong klo un udah pake komputer. Semoga lulus dengan hasil yg memuaskan.

    Eh iya, sehabis UN tetep belajar lho.
    Mau melanjutkan ke perguruan tinggi kan?
    Klo ada niat yg penting masuk universitas dulu, klo mikirin bayaran atau apa mah gampang. Kan banyak beasiswa. Tapi yg negeri ya, yg biasanya lebih banyak kuota beasiswa. :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn, makasih nyolll :))

      Mau donggg, siap universitas negri emang pilihan pertama hehe :D

      Hapus
    2. Yosh!
      Tetep semangat dan jangan lupa berdoa. Semoga bisa masuk perguruan tinggi idaman. Aamiin.. :)))

      Hapus
  8. Wah, nggak enak banget ya. Sekolah gue juga UNBK (Ujian Nasional Berbasis Kertas). Jadi masih bulet-buletin item kertasnya, sampe mata perih gara-gara bulet-buletnya kecil-kecil ditambah mata gue udah minus.

    Enaknya UNBK (Ujian Nasional Berbasis Kertas) gue itu, kelar hanya dalam waktu 3 hari. Abis itu bisa jadi pengangguran sepuasnya. Gue aja kalo BW lemot banget, apalagi itu UN disuruh baca narasi yang panjangnya minta ampun. Moga-moga nilainya bagus dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru itu ciri khas UN, ngurek-ngurek kertas sampe mata perih plus jari bengkak. Dilakukan menggunakan seni yang diluar batas.

      Disaat kalian leha-leha gua masih sibuk sama soal jahat itu -_- Aminnn, makasih..

      Hapus
  9. Kisan UN aku? Yakin mau tau..??
    Aku benci bikin ngurek2 bunderan lembar jawaban, capek, pegel, g suka pokoknya!
    Terus kalau aku bosen dan g bisa ngerjain soal aku milih tidur, kenapa? Mau minta contekan pun aku duduk paling depan pas sama tempat duduk pengawasnya. Bukannya mau pasrah sih, tapi mending istirahatin otak terus kalau bangun nanti fresh lagi, masalag waktu? Tenang.. Pengawas sama temen yg duduk belakangku yg bangunin aku, hahahahaha..
    UN yg bikin berkesan itu aku telat 30 menit dan kayak tersangka pengedar kebaperan, dicariin kepsek dan guru2.

    Kalau aku pribadi setuju aja sama UNBK, walaupun fasilitas untuk pelaksanaannya belum bisa memadai. Aku belum pernah UNBK, yaiyalah.. Lulus SMA aja 7 tahun yg lalu. Tapi pernah ngerasain sejenisnya sih. Kayak tes CAT untuk PNS, sistemnya sama kayak UNBK gitu. Lebih enak, lebih cepet, g capek ngurek2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus lebih berjuang mba pit buat dapet seonggok contekan, soalnya kan dia berguna jadi mendapatkannya juga membutuhkan perngorbanan. Untung mereka setia mau ngebangunin. parah banget sampe 30 menit, temen ku aja yang telat 10 menit udah bikin ketar-ketir pengawas 1 sekolah hahaha

      Lebih enak, lebih cepet dan ga capek ngurek-ngurek itu bener. Soalnya 2 jam full buat fokus sama soal, kaga diribetin sama yang laen.

      Hapus
  10. masa sih UN nya lebih susah? Biasanya TO yang lebih sulit. Coba deh tanya temen2 yang uda ngalamin. Mungkin efek dibagi waktu itu yg bikin lelah mikir. Siang bukan waktu yang baik untuk ngerjain soal. Enak fresh di pagi hari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Vindy serius deh. Siang emang waktunya bubu cantik, bukan buat baca soal.

      Hapus
  11. waaahh... un ya kemaren. senior nih. un pake pc gak horor ya.. ngeri gitu. kayanya. enakan manual. sih lebih greget. tp.... kalo dipikir pikir enakan pake pc. kenapa jado labil gini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh kamu malah jalan-jalan yaaa.. Kengeriannya cuma satu, soalnya beda semua sekalinya sama diacak pusing kalau mau nanya *astagfirr*

      Hapus
  12. UN udah selesai sekarang giliran buat mau nerusin hidup ini kemana kerja atau kuliah nih? xD

    BalasHapus
  13. Wah, asik banget sekarang UN-nya pake komputer dan nggak ngebulet-buletin kertas lagi. Habis ujian, jawabannya langsung di save and done. Tapi masih pada bisa nyontek nggak sih? Trik nyonteknya makin men-digital nggak ya? *ikutan absurd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dongggg...
      Soal nyontek ya? Kalau dari caranya mah gampang soalnya ketutupan sama yang didepan, tapi kalau udah ngomongin kjkjan mah ga bisa *ya allah maafkeun*

      Hapus
  14. ini moment lu buat belajar Nad. Belajar nulis di blog belajar nulis buku dll. gue juga gitu kalau ada waktu luang gue manfatin buat nulis dan belajar nulis, baca ini-itu buat bahan..

    selamat ya, semoga nanti kalau mau masuk Univ yg dimau bisa terkabul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya moment ini sih gua pake maksimal buat kaya gitu. Semoga ada hasilnya.

      Aminnnn, makasih yaa..

      Hapus
  15. Enak banget ya un pake komputer dulu saya lingkarin pake pensil 2b
    kertas ga boleh lecek, ga boleh kotor, go boleh basah serba takut kalau kertasnya nanti ga bisa di baca,

    tapi untungnya itu dulu skrng udh jadi sarjana dan kerja yeeah,
    ada lanjut unutk kuliah, kalau ada nanti skripsi menanti loh, lebih susah dari UN :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga dulu gitu, tapi waktu SMP XD

      Widih, luar biasa. Makasih loh ka sekitar infonyaaa :))

      Hapus
  16. Aaa, sekolah gue mah masih pakai UN berbasis kertas ahaha. Tapi enak yah menurut gue ujian berbasis komputer. Simple aja gitu. Karena kamu mungkin ga tau kali yah susahnya membulatin jawaban daripada susahnya jawab soal *enggakdeng

    Dan sialnya, begitu UN hari terakhir kelar, semua kelas yang ditinggal pengawas langsung berteriak macam orang sintings menyerukan kemerdekaan. Dalam hati gue berucap, 'ini kan bukan akhir. Justru perjuangan yang sesungguhnya baru saja dimulai'


    Anak muda SMA jaman sekarang, mah kekgini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susahan soalnyaaaa..

      Dalem hati ngomong kaya gitu, tapi sebenernya ikut teriak juga kan? iya kan? Ayo ngaku aja deh. *maksa*

      Emang kamu anak muda zaman kapan toh mas? :p

      Hapus
  17. sekarang UN-nya pakek komputer, yak. Jaman gue masih pake paketan dan cuma 5. MUAHAHAHA...
    Masa2 abis UN, nunggu pengumuman itu masa masa labil. Mau dibilang anak sekolahan, udah gak sekolah, mau dibilang anak kuliaha, juga belum kuliah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu juga gitu, tapi ga sempet ngerasain :(

      Jadi pengangguran dulu deh.

      Hapus
  18. Widihh, selamat UN udah lewat ya kak ^^ Tapi, masih ada SBMPTN. Semangat yaa.... Mapel UN paling susah apa kak? Aku tahun depan nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah donggg, hehehe iya makasih yaaa :) Kalau kamu IPS pelajaran paling susah itu Ekonomi, serius deh lebih susah dari MTK..

      Hapus
  19. Setau gue UNBK itu, Ujian Nasional Berbasis Komputer. Tapi gak tau deh, itu bener apa enggak.

    Duh, tahun depan gue gimana ya UN nya. Baru mau masuk ke kelas 12 nih soalnya. Semoga aja enak dan menyenangkan. Eh tapi, mana ada UN yang enak dan menyenangkan. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups kamu bener, dapet 100 rupiah dibayar nyicil :D Sumpah gua baru inget wkwkwk

      Hati-hati pasti bakal lebih kejam HAHAHA XD

      Hapus
  20. Semoga lolos ke Universitas impiannya yah.

    BalasHapus
  21. Jadi ingat kalo pernah liat gambar di Instagram yang bilang "Kalo UN, bukan capek berpikirnya tapi capek buletinnya."

    Kalo UNBK begini bergantung banget sama listrik ya, soalnya kan gak bawa laptop masing-masing. Coba kalo bawa laptop dari rumah, pas udah selesai ujian kan bisa nonton gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang meme iu udh ga berlaku lagiii...

      Boleh bawa laptop masing2 tapi harus dinetralisir dulu isinya sampe 2 bulan, lama amaat..

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?