Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Selasa, 24 Mei 2016

Akhirnya Sadar

(Ini gambar maksa banget ga sih?)

            Udah hampir 1 bulan gua ga nulis sama sekali, bukan karena sibuk atau banyak kerjaan. Secara gua juga udah lulus sekolah, jadi ga ada kerjaan dan ga bisa alesan buat sok sibuk atau apa. Semua itu terjadi karena emang ga ada inspirasi dan ga ada yang memaksa gua untuk menulis. Kelamaan libur membuat otak gua payah, kaga ada yg dipikirin bahkan buat nulis aja males.
            Sebenernya ada juga sih yang bikin males gua nulis, post-an terakhir gua yang judulnnya bersama raya kemarin banyak yang komentar kurang rapih. Yaps, mental gua masih lemah dalam menerima kritikan, waktu nerima kritikan kaya gitu ada rasa down kaya “ah udahlah males ngelanjutin lagi.” dan hampir sebulan juga gua kaya udah ga peduli lagi apa yang terjadi diblog tercinta ini. Dulu hampir tiap hari gua tengok, gua promo, pokoknya gua rawat banget ini blog.
            Seiring berjalannya waktu gua kangen juga kegiatan-kegiatan kaya nulis, promosi dan blogwalking ke blog-blog yang lain. Selama itu juga gua banyak cerita ketemen dan keibu tentang gua yang lagi males banget ngurus ini blog. Dan gua juga cerita alesannya, banyak yang bilang bagus kalau mereka ngoreksi atau mengkritik tulisan gua dengan alesan yang masuk akal. Berarti pembaca teliti, ga cuma baca dan ninggalin komen seenaknya aja, justru dengan itu gua harus malah mengoreksi diri dan memperbaiki diri. Lagian juga komentar mereka membangun, itu bisa buat semacam cambuk buat gua agar tulisan alay ini rada matengan dikit.
            Gua baca post-an terakhir gua itu secara seksama dan emang bener apa yang mereka bilang. Tulisan gua kurang rapih, EYD-nya ga bener, ceritanya absurd, pokoknya semua itu bener. Gua udah mau mulai nulis lagi dan udah mulai semangat ngebangun blog yang masih kecil ini biar jadi lebih besar, gua juga jadi belajar gimana cara nulis yang sesuai dan enak dibaca, ya walau masih sama aja kaya sebelumnya sih. Tapi karena emang udah kelamaan ga nulis, gua selalu bingung memulainya darimana. Sampai akhirnya gua buntu, nutup laptop dan main hape.

Ada yang bilang kalau nulis itu ibarat pisau, harus selalu diasah biar lebih tajam. Cara mengasahnya dengan baca buku, mampir keblog kakak-kakak yang udah senpai, dan nulis. Sedangkan selama sebulan terakhir, gua ga ngelakuin itu semua sampai akhirnya tumpul. Sebenernya sih nyesel ya kenapa gua selemah itu dalam menghadapi komen, tapi akhirnya sekarang sadar. Makasih loh buat kakak-kakak yang udah komentar, kritik kalian membangun, karena kalian gua orang lemah ini jadi termotivasi, love you kalian yang terbaik. <3
16

16 komentar:

  1. semangat mba nulisnya. hihi. learning by doing. aku juga blogger baru. hihi salam kenal.

    http://akhilaatikanta.blogspot.co.id/2016/05/belajar-masa-lalu-dengan-teknologi.html

    BalasHapus
  2. Wahh, masa kena kritik dikit doang aja langsung lemes, ayo dong semangat! Kritik itu kan nanti juga membangun tohh.

    Jadi setelah ditinggalin blog nya selama sebulan, ayo dirawat lagi sekarang. Rajin posting lagi yaa. Kalau buntu paksa aja terus buat nulis, apapun itu, soalnya ada pepatah bilang; lebih baik nulis jelek daripada nggak nulis sama sekali. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu mentalnya masih lemah za, mudah-mudahan sekarang udah beneran dikit mentalnya jadi lebih kuat hihihi :D

      Siap, lagi bebenah nih. Nah èta pisan, lebih baik nulis jelek daripada engga sama sekali. Makasih za!

      Hapus
  3. Hallo Nadia. Selamat datang kembali di dunia Blogger. Sebenarnya, ngebaca di paragraf pembuka dan terus menurun ke bawah, Pangeran agak sedikit kecewa. Kenapa?

    Karena, Nadia nggak sehebat yang Pangeran kira. Jujur, kejadian seperti ini sudah entah berapakali Pangeran rasakan. Semacam dikasi saran, tapi kitanya ngerespon dihujat sama cemoohan. Tapi, setelah disadari, ternyata semua itu membangun.

    Inget, buat Nadia orang pertama yang merasakan ini. Pertama masuk BE, Pangeran sering banget dikomentarin perihal tulisan. Kalo Nadia nanya 'Nyesek gak, Pange?' Banget. Banget. Kebangetan nyeseknya.

    Iya, gue juga ngerasa kecewa, sedih, lemes, dan akhirnya pergi mundur secara perlahan. Tapi, di sisi lain gue menyadari kalo gue gak pernah mau perbaiki tulisan gue dari komentar pembaca Kapan gue bisa menemukan pembaca gue sendiri?

    Nah, kurang lebihnya gitu. Udah, deh. Ngeblog lagi, nulis materi lagi, lakukan cara yang bisa Nadia lakukan dari cara yang Pangeran kasi atau dari cara lain.

    Yakin aja, kalo nulisnya berangkat dari hati, pasti isinya bakalan enak dibaca. Soal teknis, itu yang akan mendewasakan dirimu. Terus belajar, belajar, dan belajar.

    Gue yang udah lama ngeblog aja, masih sering nemu komentar pedas. Tapi, gue gak gampang nyerah. Bahkan beberapakali gue sampe menghubungi mereka melalui CP mereka untuk memastikan solusi apa yang mereka bisa kasi supaya tulisan gue lebih baik. Gitu..

    Jadi, udah deh. Jangan sedih-sedih lagi. Semangat ya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bingung mau bales ini komentar :') Aku emang ga hebat, kena komentar kaya gitu aja udah lemah. Tapi ya lama-kelamaan juga ngerasa kaya ada aktivitas yang hilang dan akhirnya ngerasa kaya semua itu membangun kok, semuanya baik, gua harus dengerin mereka buat jadi yang lebih lagi.

      Mungkin sekarang aku lagi ngerasain yang pange rasain dulu kali ya? Semoga nanti bisa tahan banting deh hehehe :D Makasih pange saran-sarannyaaa. Semangat teroooos!

      Hapus
  4. Wah, gara2 ini toh..
    Kadang emang bikin ngesek, tapi kadang bikin kangen komentar pedes itu. Maksudnya gini, gue masih ngeres tulisan gue cupu, nah kok ada yang kasih komentar pedas gitu. Takutnya gue malah jadi sombong lagi, padahal kan tulisan gue masih cupu. Itu si khawatir klo gak ada komentar pedes.

    So. Ayo kita sama2.berjuang lebih keras lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang malah nunggu komntar pedes hehehe

      Ganbatte!!

      Hapus
  5. Nah gitu dong, jangan down gitu kalo di kritik. Bersyukur karena dikritik, berarti yang kritik pada perhatian dan mau lo jadi lebih baik.

    Gue malah senang kalo ada yang kritik di tulisan gue. Ingat loh ya 'kritik' bukan ngehina yang asal jeplak aja tanpa ada alasan. Cuma untuk jatuhin gue doang itu yang gue gak suka.

    Gue sekarang mencoba untuk konsisten lagi ngeblog. Viewer udah turun drastis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, akhirnya sadar juga kalau itu demi kebaikan :D

      Nah itu, selama hengkang 1 bulan viewer turun banget jadi ga bisa dikontrol.

      Hapus
  6. Jangan memikirkan harus menulis sesuai EYD dan menulis dengan benar.
    Menurutku, tulislah apa yang kamu inginkan dan yang kamu suka. Apapun itu.

    Urusan EYD dan menulis dengan benar itu belakangan saja.

    Kamu akan terbiasa juga jika membiasakan diri karena semua berawal dari kebiasaan.

    Keep writing!

    BalasHapus
  7. Yang penting sih isinya, meskipun EYD salah-salah dikit gaapa lah :')
    Salam kenal btw , saya juga baru lulus :D Mau lanjut kuliah di mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku salahnya banyaaaakkk :(
      Kuliah dimana aja yang mau nerima hahaha

      Hapus
  8. Salam kenal yak! Semangat blogging lagi okee :D

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?