Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Jumat, 16 September 2016

Bandel kok Pamer?

              Ada yang udah pernah ke tempat suku pedalaman macem suku baduy atau apa gitu? Gua waktu itu hampir pernah, udah siap-siapin segalanya tapi tiba-tiba sekolah ga ngasih izin, FIX ini sih ngebetein banget. Akhirnya kita cuma tau suku-suku kaya gitu dari cerita guru Sosiologi doang, yang pernah ke sana dan meneliti di sana juga.
            Kata guru sosiologi gua waktu itu kalau ke tempat mereka jangan ngasih alamat sama sekali kalau kalian ga mau didatengin rumahnya. Soalnya pernah ada pengalaman gitu ada yang didatengin rumahnya gara-gara dia ngasih alamatnya.
            Nah, kebetulan tadi siang pas gua mau berangkat kuliah ada orang pake baju sama celana item, ga pake sendal, terus pake penutup kepala dari batik gitu, sambil bawa-bawa tas jinjing dari karung yang ditaro dibambu, dibawanya di atas pundak. Mereka kaya berombongan ada 4-5 orang dan bikin yang liat penasaran sih. Gua seketika langsung inget sama cerita guru sosiologi itu, apa mereka itu orang baduy ya? Atau jangan-jangan suku lain, soalnya kalau suku baduy itu kalau pergi-pergian ga mau naik kendaraan pasti jalan, dan orang tadi semuanya jalan. Sebenernya sih gua penasaran aja, jadi pengen cerita, menurut kamu mereka itu siapa? Suku baduykah? atau sukuali mie ayam? *Apasih gaje*
---------
            Lain cerita dengan orang Baduy, tadi gua ke indo***** buat beli pulsa jam setengah 11 malem ditemenin sama emak tercintah. Sepanjang perjalanan dari rumah sampe depan indo***** banyak banget anak ABG pada berduaan dibawah pohon, gua curiga sih mereka penunggunya kali yak, tapi itu udah biasa banget buat gua ngeliat anak ABG mojok-mojok ga jelas. Yang bikin syok adalah gua ngeliat anak kecil kalau dikira-kira masih kelas 2 atau 3 SD pada nongkrong, JAM SETENGAH 11 MALEM DILUAR TANPA ORANGTUA dan yang parahnya adalah salah satu dari mereka ada yang ngerokok IYA NGEROKOK megangnya ahli banget, gua yang ngeliat itu sampe merinding.
            Dulu waktu gua seumur itu nyium bau rokok aja batuk-batuk, lah ini bocah malah ngisep rokok, ga bisa bayanginlah. Sedangkan gua yang udah segede gini aja kalau jam segitu belum balik udah dicariin kali, sekalinya pulang diomelin. Ga abis pikir aja gituloh orang tuanya gimana ngedidiknya, ya urusan ngedidik sih emang bukan urusan gua tapi urusan mereka masing-masing cuma ya ga wajar juga sih kalau kaya gitu caranya.
            Pikir juga deh, gimana anak itu dapetin rokok. Rokok sebungkusnya aja mahal, terlepas harganya yang udah naik atau belum ya. Uang jajan anak SD berapa sih? Terus kepikiran buat beli rokok, gua dulu kalau punya duit yang dipikirin malah beli makanan enak sama beli mainan. Zaman berubah cepet banget~
            Gimana juga itu anak kepikiran buat ngerokok? Apa karena ruang lingkup pergaulannya? Dari dulu gua sering diingetin sama orang tua, cari temen yang baik dan seumuran. Kenapa seumuran? Karena pemikirannya masih sama, coba aja kalau main sama yang lebih tua pasti pemikirannya udah beda, kelakuannya udah beda. Bisa aja ini anak ini main sama orang yang lebih tua, ngeliat orang itu ngerokok terus nyobain, bahaya juga kan.
            Ngomongin ini juga kadang yang udah gede juga ga kalah bodohnya, kenapa kalau nakal harus disebar di sosmed? Bukannya nakal itu hal yang negatif ya? Kenapa harus disebar disosmed, mau nunjukin kalau keren? Hello, orang ga berpikiran kaya gitu ya, malah jatohnya norak. Bandel kok pamer~
            Bandel di sini maksudnya kaya pamer abis minum-minuman keras, mabok atau apalah. Gua ga bilang semua orang bandel suka pamer, tapi ya apa salahnya sih dipendem sendiri aja ga usah disebar ga semuanya suka sama kebandelan yang kalian buat. Kalau misalnya bandel buat seneng-seneng, kalian salah besar. Bandel kaya gini tuh resikonya besar. Banyak hal yang bisa dilakuin tanpa bandel atau nakal, dan hasilnya itu menyenangkan banget. Memperdalam hobi misalnya, atau banyak-banyakin ngobrol sama orang yang positif siapa tau ikut kebawa.
            Udah ah pembahasan kali ini berat banget gua sampe pusing, efek jurusan psikologi yang gua ambil nih keknya jadi sok-sok baca orang. Padahal mah aslinya kalau dikelas pusing, sekarang juga pusing. Yang penting kalian jaga keluarga kalian ya biar ga ada yang kaya anak itu lagi, gua pusing ngeliatnya ngerasa kaya gagal banget padahal gua bukan emaknya, heran~
46

46 komentar:

  1. Pasti tuh pohon rumah tuh bocah makanya jem segitu masih duduk d teras rumahnya
    .
    Hebat y bocahnya udah ngisep rokok
    Biasanya kan orang2 yg ngerokok cuma ngisep asepnya
    Dia ngisep rokoknya

    BalasHapus
  2. Iya kan emang jaman sudah berubah. Kadang emang suka sebel liat temen yang upload foto lagi minum, ngerokok yang gak haram aja males liatnya, apalagi minum. Tapi sayangnya, sekarang kebiasaan buruk gitu udah dimaklumi orang-orang, makin-makin deh jadi si pelakunya, karena dianggap wajar. Degradasi moral, udah lah tinggal bobo aja wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sampe sekarang aku kalau liat begituan masih aja ga wajar, apa pemikiranku masih kuno ya?

      Hapus
  3. kleas 2? SD? ngerokok? tengah malem? kalo aku dulu gitu pasti udah dicoret dari daftar keluarga kali

    btw kok openingnya baduy trus isinya kenakalan bocah2 ya, gagal pahaam :D

    BalasHapus
  4. miris banget ya ngeliat anak kecil zaman sekarang, beda banget sama zaman kita dulu ya pulang lewat magrib aja udah abis2an diomelin sama emak karena keasyikan main layang2an :))

    menurut gw sih, anak kecil yang sudah pandai merokok mungkin kurang perhatian dari keduaorang tuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry ga level main layangan, levelnya main galaksi. Alesan aja padahal mah ga bisa maennya.

      Iyaa mungkin begitu.

      Hapus
  5. Sebentar, itu kenapa suku baduy pergi ke alamat yang dikasih sama orang yang berkunjung? Alasannya apa dan mereka ngapain, kalo ganggu coba kasih alamat mantan gitu.

    Aku diumur segini cium bau rokok aja juga batuk-batuk, tapi diumur segini kan wajar pergaulan sekitar pada ngerokok. Lah ini masih bocah-bocah, kalo jadi bapaknya kunci pintunya biar nggak bisa pulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti mantannya diambil orang baduy, jangan kasian nanti dia ga bahagia.

      Dikunci terus pasang setrum di gagangnya ya?

      Hapus
  6. Kalo bocah sih belinya rokok ketengan ( bijian ), gak tau juga sih tapi pedagangnya juga gabener menurut gue. Udah jelas rokok di larang dijual buat yang 18+.
    Pergaulan sekarang emang udah mulai geser, ikutan temen lama - lama kebablasan.
    Miris ya :')

    BalasHapus
  7. Fenomena kayak bgini sbenarnya dpengaruhi bnyak faktor sih nad. Prtma, krna kita skrang lambat laun sudah memasuk era digital, dimana smuanya bebas berpendapat, era ini kalah sama zaman orde reformasi. Di era digital smua orang bebas berpendapat tnpa adanya pnyaringan jurnalistik seperti di era reformasi dulu. Orang2 bnyak yg terkenal mnddak krna dunia maya bhkan tdak sdikit juga yg brmasalah dngan nya.

    Mrujuk pada orang yg bandel namun pamer. Mnrut gw ini sdah mnjadi toksin dari dunia digital untuk negeri kita. Gaul yg dulu udah beda sama gaul yg skarng nad. Anak2 skarang keren juga beda sama anak2 wktu zaman kita dulu. Smuanya krna prkembangan dlam kebebasan brpendapat dan kbebasan mngumbar2 kebandelan.

    Mnurut gw, sbelum melakkukan sesuatu, kita sbagai generasi bngsa, baiknya memikirkan dlu baik/ buruknya. Jngan main jotos aja, jngan main coba2 aja. Maunya keren malah merugikan diri sndiri....

    Beuhh, jago jga trnyata gw brpendapat ala2 anggota dprd, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa berkata-kata sama komentar ini, terbaique, idolaque. Aku sih yes kalau kamu ke Jakarta menjabat di dpr *seenak jidat ngomong apaan*

      Hapus
  8. beh beh beh , anak SD jaman sekarang udah beda . Yaa walaupun enggak semua , tapi pasti ada aja ya kan ? hemm . Gue aja , kalo ketauan ngerokok bisa bisa dimarahin abiis !! ABISSS ! , utnungnya gue enggak nge rokok #tjakep :D.

    Seharusnya orang tua mereka curiga dengan sikap anak anak nya . Masa iya , mereka enggak peduli ? hemm , masih SD udah nge rokok , udah bisa ketebak tuh nanti masa depannya gimana ...

    Bandel kok pamer ?? ha ha ha iya kan ? Gue aja , yang dibilang kadang "bandel" enggak segitu nya sampe ngebawa bawa rokok , apalagi berduaan sama cewek . Paling paling kalo lagi main bareng atau ada tugas kelompok aja baru deh :D HA HA HA . Mentok mentok juga kebandelan gue ganggu orang . Udah itu aja .

    Perlu dibimbing anak anak sekarang , bukan dibimbing biasa , tapi di pantau juga pergaulannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebuah petuah dari anak bandel, ku acungi jempol atas kejujurannya. Ikuti sarannya nak~

      Hapus
  9. Emang sudah beda zamannya. sekarang yang jelek malah dianggap keren. Gosip2 memecah belah dianggap lebih seru.

    nggak bisa dipungkiri lagi, semakin canggihnya zaman malah semakin mempermudah hal negatif.

    intinya gimana cara didikan orangtua dari kecil, dari balita.

    BalasHapus
  10. Ternyata luar biasa banget, ya. Semenjak Nadiah Kuliah, sudah menjadi pribadi yang sangat bijak. SALAM LEMPER!!!. :D

    Setau gue, diciptakannya social media emang (jadi awal) seseorang untuk melakukan pamer. Ya, memang pertama punya akun, masih merasa malu, belum punya temen. Tapi, kalo udah sering update status, tweet dll, nanti pasti jadi pengen upload foto.

    Pengen rasanya orang tau kalo kita lagi di sini, sini, sini. Nah, gak puas rasanya kalo cuman foto, biar makin up to date, maka diuploadlah sebuah video.

    Makin hari, ya makin seperti itulah Social Media. Teknologi itu memang diciptkan untuk mudahkan. Tapi, gak semua orang bisa memahami konsep itu.

    Contohnya yg seperti lo ceritain. Bahkan lo sendiri udah ngerasa "Mana nih, anak-anak yg main gundu (kelereng) sambil ketawa-ketiwi." Tapi, begitulah hidup.

    Makanya, dengan semakin maju sebuah teknologi, pikiran kita juga harus diimbangi, karena persepsi yg salam seperti hal-hal negatif dibagikan ke social media, mereka gak berpikir itu negatif.

    Bagi mereka hanya ingin berbagi, sharing apa yg mereka lakukan...

    Pokokny, sebagai pengguna internet, Harus Jeli, Tegas dan Pandai memilahkan mana yg baik dan tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga mau salam lemper nanti laper lalu baper :((

      Komentarnya bagus yang ini juga, kalian pinter-pinter banget sih.. *salamin atu-atu*

      Hapus
  11. Duh, miris bgt anak sd itu rokokan :(
    trus yg di sosmed.. itu merka memang pengen keren. ya namanya juga bandel. mana tau sih itu bner/salah...

    BalasHapus
  12. Astaghfirullah haladziem pgen nangis baca ini

    BalasHapus
  13. Kalo menurut gue sih, gpp bergaul sama yang usianya di atas kita, soalnya kita bisa belajar lebih dewasa juga. Ambil yang positifnya buang yang negatifnya...

    Sama kayak anak ikom sih, ya... Suka baca2 orang wkwkwk.

    Gue punya adik masih kelas 3 sih, semoga dia nggak kayak gitu, amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..

      Iya sih gapapa, gua juga suka sama yang lebih tua.. bergaulnya.

      Hapus
  14. Bener banget! Aku mengerti sepertinya tulisan ini...... Ah sudahlah.
    Jaman edan sekarang mah gitu, teteh. Aku juga inget waktu di angkot, ada aku, bu guru, dan 3 anak SMP yang salah satunya merokok. Bu gurunya itu duduk di sebelah anak merokok. Dinasehatin tapi ya tetep aja masih ngisap. Tapi masih parahan teteh sih. Udah mah malem, duaan lawan jenis, ngerokok. Muda-muda cari penyakit. Dewasa yang kecepetan.
    .
    Sosial media memang tempat berekspresi tapi mungkin mereka menganggap bandel mereka patut diperlihatkan. Sedih, ke orang yang ngeliat style mereka dan mereka bilang, "ih kece. Nanti gue turutin dah." :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesel ya kalau kaya gitu, bawaannya pengen matahin rokoknya.

      Mudah-mudahan mereka cepet sadarlah yaaa..

      Hapus
  15. Saiki ancen jaman edan, sis. (Maksudnya: sekarang memang jaman edan, sis). Gue sangat menyayangkan akan hal ini. Jaman sekarang, bukannya anak-anaknya lebih pinter, malah lebih bobrok.

    Di sosmed, kalo posting yang bagus-bagus, yang elok-elok, malah di-celathu (dibilang) pencitraan. Giliran yang jelek-jelek, malah dipuji. Repot.

    BalasHapus
  16. anak-anak jaman sekarang terlalu cepet dewasa karena informasi yang mereka dapat juga terlalu cepat (dari internet). kayak anak SD udah pacaran, ngerokok, itu ya karena mereka main hp dan kenal internet tanpa diawasi ortunya.

    perihal anak2 muda yang misalnya abis mabok malah dishare di sosmed menurut gue ya karena pola pikirnya belum jauh, mereka masih mikir nakal = keren.

    makin dewasa ntar juga sadar sendiri kalo itu alay, tapi tergantung orangnya juga sih. mereka itu cuma butuh pengakuan dan perhatian. kasian. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas udah gede sadar kalau itu ternyata alay, kasian. Tolong akui dan beri perhatian dongg..

      Hapus
  17. Gue kok sedih ya baca ini. :(
    Payah ah.

    BalasHapus
  18. Gue yang cowok aja kalo nyium bau rokok batuk-batuk. Pasti menghindar kalo ada teman yang merokok.

    Gue jadi berpikir sama cerita di awal, kenapa gue jadi penasaran di sana. Seperti lebih asik gitu kalo ceritain mereka. Duh, kan jadi penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bau rokok sih emang ga enak banget.

      Coba cari di google aja, pengen cerita ga punya pengalaman takut sotoy :)

      Hapus
  19. Anak-anak yang sekarang udah ngerokok, percaya deh, kalo mereka sadar pasti bakalan ketawa nggak berhenti pas udah dewasa. Kayak gue, dulu juga pernah ngerokok. Untungnya udah cepet sadar, jadi ketawa aja kalo inget-inget zaman dulu. Semoga mereka cepet dikasih kesadaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, pasti mereka kalau inget masa lalunya malu sendiri deh.

      Hapus
  20. Sumpah, gue merasa gagal. Di umur yang udah mulai tua ini, gue kalah sama anak SD. Iya, gue nggak ngerokok soalnya. Terus pukul 10 malem biasanya juga udah di rumah. Huhuhu. Aku cemen kalah sama bocah. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru lu yang berhasil yog :) Mau jadi kaya mereka emang?

      Hapus
  21. Iya setuju banget sama si teteh yang satu ini, bandel kok pamer yah teh padahal bandel ituh hal yang negatif, bukannya di umpet-umpetin malah di sebar di sosmed.

    Mungkin dia gak mau dosa teh karena mau terbuka aja gak mau nutupnutupin hal yang negatif :-D doain aja semoga dia menjadi anak yang lebih baik :-) saya juga yang udah gede gak ngerokok masa sih dia masih SD udh kayak gitu :-p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, aturan mereka malu ya sama yang udah gede tapi ga ngerokok :)

      Hapus
  22. Gue pernah baca tulisan yang ngebahas tentang "nakal-nakal" kek gini. Jadi, nakal apa nggak itu gara-gara prespektif yang senior kita juga (nangkep gak?). Jadi, yang menurut kita nakal atau norak yagitu juga senior liat kita. Istilahnya generation gap. Nah, kalo nakal yang memang udah diluar batas ambang wajar itu yang emang harus dibenerin. Gitu aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya nakal atau engga itu tergantung pendapat senior, gitu bukan? Ga ngerti :(

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?