Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Jumat, 30 September 2016

#RiviewSotoy: Milea Suara dari Dilan

            Akhirnya novel ini keluar jugaaaa, udah lama nungguin dan selalu mantengin twitter surayah tentang novel ini dan akhirnya saya punya. Bahagia itu sederhana. Yaaa, walaupun pas mau beli minjem uang adek dulu soalnya uangnya masih kurang banyak, sedangkan hasrat pengen memiliki Dilan sudah tinggi dan untung adek gua baik. Nyari ke gramedia terdekat, dianterin sama adek, bukunya dibayarin sama adek, abis itu beli roti dulu –ini juga masih dibayarin sih-, dan pulang tentu dengan yang bayar parkir adek gua juga. Gua kadang heran, padahal gua yang kakak tapi duit mah banyakan dia, dasar kakak miskin saya. Ga ada pacar buat diajak jalan, adek selalu ada HAHAHA XD *mbitan, kok ini ceritanya malah keluar topik ya?*
            Balik ke cerita, akhirnya aku punya novel Milea juga, bahagiahhh~ Oh iya, kalau mau tau sinopsis dari ceritanya cari google aja ya, aku cuma mau cerita kesan pas baca doang, maafin aku males buat sinopsisnya :))
Akhirnyaaaa...
            Awalnya Dilan nyeritain tentang gimana novel ini kebuat, gimana perasaan dia abis baca buku Dilan yang ditulis sama Milea sebelumnya, gimana ketemu sama surayah, pokoknya masih awal cerita pengenalan gitulah.
            Pas masuk ke bab berikutnya kayanya gua tau umur Dilan sekarang, kalau kalian baca di bab 2 ada kata-kata yang bilang kalau tahun 1977 dia baru berumur 5 tahun, jadi 1977-5=1972. Jadi Dilan kelahiran 1972, seumuran sama babeh gua. Dilan sudah tidak muda lagi, tapi menurut gua tahun 1990 cowok udah kaya Dilan sih pasti itu Relationship Goals banget, kalau zaman dulu udah ada sosmed pasti Dilan dan Milea terkenal banget, asal ga kaya si Aw Aw aja.
            Tapi pas baca cerita selanjutnya kaya, yah Dilan kok kamu mah nyeritain dirinya biasa aja sih dilebih-lebihin doang biar aku tambah suka lagi ke kamu. Tapi ya emang ini novel dari sudut pandang Dilan, mana mungkin dilebih-lebihin. Soalnya pas baca novel Dilan yang pertama gua tuh kaya jatuh cinta banget sama Dilan, berasa ingin memiliki. Cara Dilan ngobrol, bercanda, sukalah pokoknya. Iya sih, itu karena sudut pandang Milea, namanya juga cewek ya kalau nyeritain orang yang dia suka ya pasti gitu.
            Surayah kurang banyak bikin dialog Dilan sama Milea, aku menunggu itu padahal. Di novel ini Dilan dewasa banget, gimana hubungan dia sama temennya, sama keluarga, sama Milea juga. Tapi sebel, Dilan terlalu dewasa dalam menyikapi masalah, sampe ngelewatin hal yang aturan bisa dia ambil lagi. Kayak misalnya pas putus sama Milea, coba pas Dilan nelpon Milea yang ngangkat Bibi bilang kalau Milea lagi les dan dianterin cowo kalau misalnya Dilan ga berpikiran ngejauh gara-gara itu doang, misalnya Dilan mau berusaha nanya ke Milea tentang itu. Terus kenapa Dilan mesti bilang ke Piyan misalnya Milea nanya bilang Dilan udah punya pacar, kan jadi salah paham. Pas baca bagian akhir novel ini tuh kayak, oh jadi gini ya perasaan cowok. Kayak kita tuh tau gimana perasaannya, cowok juga bisa lemah, bedanya dia bisa ngumpetin perasaannya biar ga diliat orang lain. Ya walaupun di sini muncul cewek baru, tapi sayangnya Dilan ga jelasin, padahal kan kepo sama ceritanya tentang dia.

            Udah ga bisa berkata-kata lagi, pokoknya novel ini seru, kamu coba deh baca. Siapa tau nanti bisa kaya Dilan, banyak loh cewek zaman sekarang yang pengen punya pacar kaya Dilan hehehe :D
35

35 komentar:

  1. Review singkat ini sukses buat gue pengen ke Gramedia. Ya soalnya gitu, keknya ditutup rapat2 banget. Tanpa spoiler. Bagus, ih.

    Iya, nih. Tulis kek, sinopsisnya. Biar penasaran gue agak mendingan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eheh karena kalau dispoiler nanti aku dimarahin sama yang belum baca, terus nanti ga mau mampir ke sini lagi, lalu blog ini sepi, jadi aku sedih :(

      Sudah banyak digoogle sinopsisnya.

      Hapus
  2. Aku juga udah baca Milea. Menurut aku lebih seru Dilan karena versi Milea ini alurnya agak lamban gitu. Tapi overall bagus kok. Pidi baiq mematahkan teori nulis yg ribet selama ini. Yg penting bisa bikin baper.

    Thanks sharingnya. Perjuangan banget ya buat memiliki novel kece ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya surayah memang terbaique, aku juga sependapat kok.

      Perjuangan banget emang..

      Hapus
  3. ohh, ini novel anak tahun 90an toh-

    btw, lo umur brp sekarang????, klo diliat dari foto profil lo sih, lo kayak ABG-ABG alay yang sering foto di IG dengan bibir dimonyongin dan mata dikedip-kedipin.

    tapi saat gue baca lamanlo "Tentang Pawang Gajah" lo ternyata udah SMA.

    BalasHapus
  4. Review sotoynya lumayan membuka wawasan gue seputar novel novelny amilea.
    karna dari awal gue emang ga pernah baca novel-novel macem gini.

    tapi kali diiat-liat ceeritanya ga jauh jauh kayak AADC gitu ya ?
    ini mau di bikin ilm ga sih ?

    kalo mau difilemin gue jadinya ga usah beli buku ini ehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga mirip sama AADC, ga tau kalau film kayanya belum deh.

      Film sama buku biasanya seruan buku lohhh~~

      Hapus
  5. Dilan aja gue belum baca, apalagi milea ini. Aku cupu.

    Untung review lo no spoiler, jadi masih aman lah dibaca buat para pembaca yg belom baca bukunya, masukin list ke daftar buku yg musti dibeli dulu ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar cupu, huft..

      Hahaha kan biar tidak mengecewakan, belilah jangan dijadiin list doang.

      Hapus
  6. Saya kerap melihat buku ini, ada di deretan best seller di Gramedia

    BalasHapus
  7. Bikin penasaran aja nih sama reviewnya. Penasaran banget gimana dewasanya si Dilan sih. Astaga mudahan nanti punya bukunya. Doain nad hehe

    Bersyukur juga nih punya adek yang baik, mau pinjemin duitnya yeee hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didoain tapi jangan lupa usahanya ya hehehe

      Jangan, kalau lu pinjem nanti kalau gua mau pinjem dia ga ada uang lagi.

      Hapus
  8. Jujur sbenarnya gw blum prnah mmbaca buku yg ditulis pidi baiq....bahkan satu pun, gw blum prnah baca....padahal skarang udah bnyak yg kenal...

    Kmarin aja, gw ke gramedia buat cari2 buku eh, buku Milea dan Dilan ini udah terpampang di rak buku gramedia...dan entah kebetulan atau gk..gw tnyakan buku itu ke pgawai gramedia yg bawa buku itu. tru gw tanya "Itu buku keluaran tebaru ya mas?" trus pgawai itu jawab "Iya nih mas, kluaran baru...bukunya pidi baiq, baru aja kluar tapi stock nya cpet bnget habis" Gila....sjak saat itu gw mulai kepikran untuk mmbaca buku karangan pidi baiq ini....jadi gw harus mulai dari nol dulu...

    Oiya, urutan serial buku dilan dari yg prtama apa2 aja sih nad? gw rncana mau beli satu persatu....hehe...pnasaran gw, apalagi pas habis baca review diatas (sebenarnya gk ngerti sih). hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca deh seru kokkk, emang stocknya cepet banget abis.

      Yang pertama itu Dilan, yang warna covernya biru. Yang kedua jufulnya Dilan juga warna coklat. Yang ketiga Milea warna abu-abu, jadi beli yaaaa...

      Hapus
    2. Wah, mkasih nad...waktunya ke gramed! huahuahha

      Hapus
  9. Seri Dilan 1 & 2 juga Milea ini beneran banyak dicari banget yaaahhh sama para pembacanya. Dan baca postingan kamu ini, jadi ngingetin aku buat hunting buku ini ... dan yang paling penting adalah nabung demi tercapainya rencana hunting itu. Hiks. Pengen punya jugaaaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat nabungnya demi tercapai memiliki Dilan :))

      Hapus
  10. Walaupun hari ini gua gak promosi di BE, tapi judul postingan yg satu ini menarik perhatian gua. Hari pertama novelnya keluar, gua langsung beli. Gua udah baca, tapi baru setengah, belum sampe habis hahaha. SIbuk nih, ga ada waktu. Tapi ya gua suka banget sama gaya nulisnya Pidi Baiq, apalagi kali ini ceritanya dari sudut pandang Dilan. Jadi menambah perspektif pembaca terhadap kisah cinta mereka. Top banget!

    Jadi penasaran sama muka aslinya Dilan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luangin waktunya buat baca, seru kak endingnyaa :))

      Yang cowok aja penasaran gimana yg cewek cobaa?

      Hapus
  11. Ada beberapa pembaca yg berteori bahwa Pidi Baiq itu sebenarnya adalah Dilan...bagaimana menurut pendapatmu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan seru nih, gosipnya sih pada bilang dilan itu surayah tapi aku ga berpendapat gitu. Misalnya dari tempat kuliahnya aja ya dilan kalau ga salah itu di unpad, nah kalau surayah itu di ITB. Terus kalau misalnya dilan bener surayah, istrinya emang ga cemburu apa suaminya masih mengingat masa lalu? Tapi ga tau sih itu hanya pendapatku saja.

      Hapus
  12. Buku ini mengungkap satu hal: ternyata Dilan juga menye-menye! Kirain sewaktu putus/berantem sama Milea, dia cuek. Eh ternyata kepikiran juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm mas daus ini suka bilang orang lain menye-menye, coba kalau menye-menye jangan bawa-bawa orang lain ya.

      Hapus
  13. Aaaaah, syeeem. Penasaaaraaaaaaaan :' besok nih, besok kudu ngebet ke gramed nih ah :D

    BalasHapus
  14. Kira-kira bakal ada filmnya nggak ya? *oot keterlaluan* Hehe, maaf.. Ini reviewnya bikin pengen lari jinjit ke gramedia buat beli buku Milea deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakal ada filmnya, ku sedihlah :( jangan jinjit, nanti capek, jalan biasa aja hehe

      Hapus
  15. Jadi pengen baca buku ini, sering sekali lihat mejang di rak buku, tapi belum ada dana, kapan2 lah.. :)

    BalasHapus
  16. Sebuah kesalah-pahaman. Kalo boleh komentar, ya gini cowok.

    Duh.. maafkan aku, Lia.

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?