Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Jumat, 07 Oktober 2016

Cerita, Pengalaman, Masa Depan

sumber: Google
            2 Hari yang lalu tumben-tumbenan abi –panggilan gua untuk ayah- pulang cepet ga kaya biasanya, jam 8 malem udah sampe rumah yang biasanya jam 9 atau jam 10-an. Seperti biasa yang dilakuin kalau baru pulang, makan, mandi, terus shalat isya sebelum tidur.
            Biasanya, kalau lagi makan abi kaya nanya kegiatan anak-anaknya dihari itu ngapain aja, ada tugas atau engga, keadaan sekolah gimana, bahkan lagi sangking seringnya abi nanya kaya gini, gua dan adek cuma bilang “Biasa aja.” atau kalau engga “Gitu-gitu aja.”
            Sering juga kita nyeritain hal-hal ga jelas, kaya tadi di jalan ngeliat orang gila, cerita temen yang dihukum, bahkan kadang gua liat tempat duduk bentuknya aneh juga cerita, bahas apa aja random.
            Kalau emang ga penting, kadang cuma didiemin aja, atau sekalinya disautin ya sekenanya aja. Tapi kegiatan ngobrol ini emang seru banget sih. Ga hanya gua dan adek doang yang cerita, abi juga cerita tadi ngapain aja selama kerja, hal-hal yang aneh, sama ga jealsnya. Kalau misalnya umi –panggilan gua untuk ibu- yang cerita ga jauh-jauh dari harga di pasar yang mahal, kita paham.
            Balik lagi ke cerita awal, sesudah shalat abi bukannya langsung tidur, tapi ketempat gua dulu tidur-tiduran terus manggil gua yang lagi masak mie (jangan ditiru gaes, kalau malem ga boleh masak mie).
           Terus cerita, “Tadi abi pas lagi ke musholla, disamperin sama orang, masih muda kaya kamu gitulah.” Potongnya. Gua yang lagi masak mie jawab dari dapur “Terus kenapa?” Abi diem dulu, mengambil ancang-ancang untuk cerita sepertinya.
            “Dia minta uang ke abi, jadi dia itu dari Purwakarta ke Jakarta mau ke rumah ibunya. Eh, pas udah sampe Jakarta ternyata ibunya udah pindah, udah gitu dia bawa uang buat berangkat doang, uangnya abis. Dia mau balik lagi ke Purwakarta.” Dari dapur gua jawab, padahal belum kelar cerita, “Jahat banget dah ibunya, terus gimana? Abi kasih?”
            “Iya, tapi abi tanya dulu naik Bis dari Kp. Rambutan berapa, terus dia bilang 25 ribu, ya udah abi kasih aja 20 ribu. Pas abi liat mukanya pucet banget, abi tanya lagi udah makan apa belum? Dia jawab belum, terus abi kasih lagi 10 ribu, tapi sama dia ditolak, jadi abi paksa aja. Tau ga kak? Dia dari Kramat Jati mau ke Kp. Rambutan jalan kaki, itukan jauh banget. Abi kasih saran aja, ‘kamu naik angkot, bilang ke supirnya kejadian sebenernya, dia juga past ngerti.’ Tapi dia keukeuh mau jalan kaki.” Abi berhenti cerita.
            Umi yang denger nyambung-nyambung, “Ah itu mah penipuan, aku sering dideketin orang kaya gitu.” Dijawab lagi sama abi, sang empunya pencerita, “Ini mah beneran, pas aku dateng dia lagi duduk aja didepan musholla kaya orang nangis, badannya ditekuk, pas aku ke tempat wudhu dia ikutin, katanya tadi dia abis minta sama orang tapi ga dikasih udah gitu malah dimarahin.”
            Gua dateng duduk, dengan bawa mie ditangan yang pastinya ena, menyelesaikan perdebatan diantara kedua orangtua ini. “Ya  gapapalah, kan didalam rezeki kita ada rezeki orang lain juga.” Entah gua kesambet setan apa, tapi yang pasti makan sambil denger orang debat itu ga ena.
           “Nah itu, abi cerita ke kamu bukannya ria, tapi biar kamu belajar aja dari pengalaman abi.” Katanya, dan gua masih sibuk makan. “Iya.”
            Selama gua makan abi cerita tentang pengalamannya, sebelumnya nanya dulu, “Misalnya dia ga boleh minta-minta, apa solusinya biar dapet duit? Ini Jakarta loh, nyari duit itu susah.”
            Jadi dulu ada temen abi yang kehabisan uang juga, tapi dia ga mau minta-minta sama orang. Akhirnya yang dia lakukan adalah markir, awalnya dia minta izin dulu sama tukang parkir yang berjaga disitu, dia markir kalau uang buat pulangnya udah cukup. Kalau udah dia udahan juga markirnya, terus diiziniin. Ga nyampe 2 jam uangnya udah kekumpul terus akhirnya pulang.
            “Makanya kamu kalau ga punya uang ga usah sok-sokan jalan, nanti kaya gitu.” Hmmm... ini nasihat mantap juga buat nakut-nakutin. Selesai gua makan, gua nanya malah hal yang ga ada kaitannya sama orang tadi, “Bi, misalnya orang yang masih muda terus ngamen atau minta-minta, itu dianya yang ga mau berusaha atau emang beneran ga ada lapangan  pekerjaan sih?”
            “Kerjaan mah ada kak asal dia mau nyari, itu mah dianya aja yang males kerja, maunya enak-enakan. Abi punya temen, dia sempet kerja di tempat kerjaan yang layak tapi cuma bertahan 3 bulan doang, sisanya? Ya dia lakuin kaya sebelumnya, jadi tukang parkir, nongkrong-nongkrong sama temennya. Padahal dia udah nikah, punya anak lagi, ga dewasa-dewasa.” Abi jawab panjang lebar, sambil matanya udah merem-merem ngantuk.
            “Iya? Terus gimana?” Gua masih aja penasaran. “Ya gitu, dia udah keenakan nyari duit cuma modal angkat-angkat tangan doang. Pendidikannya juga kurang sih, udah ah abi ngantuk mau tidur.” Terus abi pergi, pas gua liat emak sama adek juga udah pada tidur.
            Pertanyaan itu sering banget ngeganggu otak gua, soalnya sering banget gua liat anak muda kok kerjaannya gitu. Apa nanti pas dia udah tua ga bakal nyesel sama apa yang dia lakuin sekarang? Hidupnya yang akan datang ditentuin dari sekarang, tapi masih aja ada orang yang main-main sama masa depan. Gua aja sampe galau mikirin ini.
            Sebenernya masa depan itu ada kan? Masa depan yang baik harus dimulai dari sekarang kan? Ah, pertanyaan ini bikin pusing aja. Udah ah otak gua udah ngebul, plus ini cerita jadinya panjang juga ya, semoga ga bosen bacanyaaa..
68

68 komentar:

  1. main dong ke blog aquuuu nih linknya http://bit.ly/2dH2H6C wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. WKwkkw aku sendiri bingung nanti mau seperti apa hahah. Seenggaknya sekarang fokus pendidikan dulu. InsyaAllah usaha tidak menghianati hasil

    BalasHapus
  3. rajin-rajinlah belajar kau nak!. karna belajar dan usaha adalah kunci menuju kesuksesan gemilang.

    jangan pikirkan masa depan, pikirkan masa kini!, jika lo mau berusaha, tawakal, belajar, maka masa depan yang bakal menyambut lo, bukan lo yang menyambut masa depan.

    for you info, belajarlah dari pengalaman dan kesalahan. sekian petuah yang bisa abang ketos sampaikan...........LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ketua osis, makasih sudah diingatkan.

      Petuahnya sangat bermakna semoga berguna untuk khalayak ramai, dan yang berbicara juga bisa mengamalkannya. Salam!

      Hapus
  4. Aku ngakak pas baca ketika Umi kamu nggak percaya sama cerita Abi yang dikiranya penipuan itu haha, begitu banget. tapi jujur aku juga kasihan sih sama anak yang datang ke Jakarta tapi tujuannya meleset itu.

    Dari cerita ringan Abi kamu ternyata menimbulkan pertanyaan yang bagus buat kamu pikirkan. Kalau dari aku sih menanggapi anak muda yang males-malesan itu gini, setiap orang kan punya masa depan masing-masing, dan itu yang nentuin mereka sendiri. Jadi biarlah mereka terus berada di zona nyaman, toh nanti kalau sudah tua mereka pasti akan menyesal dengan apa yang sudah dilakuin di masa muda. Gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya namanya juga ibu-ibu za, bawaannya suudzhon aja, aku juga heran. Kasian banget, tujuannya ga dapet buat ketemu ortu terus dianya malah kaya anak ilang.

      Tapi kayanya sebelum ada penyesalan bukannya aturan kita sadarkan mereka ya? Abis ga tega, kalau udah tua nyesel juga ga bakal merubah keadaan.

      Hapus
  5. Halooo nadia... Ketemu lg nih :). Iya, dipi jg kurang lbih sama pemikirannya kyk nadia. Klo liat org yg masih muda tpi leha2 itu suka aneh... Kan masa depan hrs dimulai dri masa sekarang. Jdi hrs pandai menggunakan waktu di masa sekarang.
    Tapi mungkin godaan nya jg banyak ya, rasa malas, putus asa, terlalu nyaman, lingkungan yg salah, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Dipi, kemana aja baru nongol lagi? Iya kak itu intinya, harus pinter menggunakan waktu dan kalau bisa mengambil semua kesempatan yg ada.

      Kalau urusan godaan mah tergantung diri sendiri bisa atau engga untuk melawannya :))

      Hapus
  6. Sebetulnya lingkungan berdampak besar terhadap prilaku seseoarng.
    ya mungkin si peminta-minta lebih sering melihat temenya minta-minta, jadi dia terjerumus.

    makanya kita harus besyukur punya temen yang doyan nulis di blog.
    yakali aj aketularan bisa nulis konsisten kayak teh nadia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lingkungan emang membawa pengaruh yang besar banget sih, kadang lagi sangking besarnya kita sampe bingung mau ikutin yang mana dan malah ngikutin yang buruknya.

      Hahahaha benerr,aku bersyukur udah masuk ke dunia blog, orangnya seru-seru,membwa dampak positif ya ada negatifnya sih. Aku konsisten? Salah nih pasti, nulis kalau lagi mood doang gini.

      Hapus
  7. Duh sepertinya aku jatuh hati pada kunjungan pertama ke blog ini hehe, bahasanya enak bgt buat dibaca, kenalin yaa gue dari pinoblog nih hihi. Oke back to topik, hidup dijakarta mah cuma ada 2 pilihan atuh. Lu mau bersakit2 dahulu bersenang2 kemudian, apa sebaliknya? Kalo gue sih yg pastinya sakit2 dahulu biar nanti ena ena an kayak makan mie malem2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih, sering-sering mampir bolehlahh.. Btw, aku juga pernah beberapa kali main ke pinoblog tapi ga komentar cuma baca-baca aja hehehe :D

      Kayanya orang pada milih pilihan pertama deh, mana ada yang mau pilihan ke-2? Pedih pilihan ke-2 mah.

      Hapus
  8. Otak lo ngebul karena makan mie malam-malam ini. Sebelum makan mie, lo bisa bijak dengan bilang "Sebagian rezeki kita rezeki orang lain juga."

    Gue juga punya teman yang males ke kampus untuk nemuin dosen pembimbing. Memang sih orang tuanya kaya, tapi sampe kapan coba mau kuliah dengan uang orang tua. Ya begitulah pemikiran orang yang gak mau enak di masa depan, mungkin mereka berpikir hidup yaudah pilih yang nyaman aja.


    Padahal kita mencari rezeki itu juga untuk anak cucu, karena kita gak akan menikmati selamanya. Cuma berharap anak cucu hidupnya enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan gitu maksdunya .__.

      Kebanyakan yang kaya gitu emang orang yang susah keluar dari zona nyamannya, jadi ya tetep aja~

      Nah,kita sekaranng untuk menyusun kesenangan masa depan nanti.

      Hapus
  9. Pengalaman membuat kita belajar banyak hal, sehingga bisa melangkah ke depan lebih baik

    BalasHapus
  10. Wah, kalo kayak gitu gue juga agak ngeri sih tiba-tiba ada orang yang minta-minta. Soalnya udah banyak banget penipu di Jakarta. Bilangnya ini lah itu lah eh gak taunya enggak. :D

    Cerita dari abi lo sangat menginspirasi. :)

    Kalo kata gue, masa depan itu pasti ada. Nah, kita harus mempersiapkannya dari sekarang. Karena gue pelajar, yaa jadinya gue harus persiapkan ilmu yang banyak untuk di masa depan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemikirannya sama kaya umi :)

      Sebagai pelajar emang itu kerjaan kita untuk memperbaiki masa depan deh :D

      Hapus
  11. Keknya bener juga kata Wahyu, otak lo ngebul karena keasyikan makan mie dan gak bagi-bagi, nih Nad. :D

    Gue setuju sih, sama pendapat lo kalo di usia muda masih males-malesan aja. Padahalkan nanti harus bekerluarga dan memiliki anak. Ya kasihan bangetlah, kalo harus terlantar karena di usia muda gak mau berusaha.

    Ya, semoga kita semua diberikan kemudahan dalam hidup, ya NAd.. AMin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau? Mampir atuh sini, nanti dikasih :p

      iya masalahnya kan kasian kalau keluarga terlantar, apalagi udah punya anak pasti kebutuhannya makin banyak deh.

      Aamiin..

      Hapus
  12. Tuhan YME memberikan kita free will, kehendak bebas, supaya kita mampu mengontrol hidup kita. Hidup kita mau dibawa ke mana? Itu terserah kita. Kayak para pengemis atau pengamen, ya mereka mungkin merasa puas dengan yg mereka dapatkan. Setiap hari luntang-lantung ga jelas, bisa beli makan dan rokok, mungkin udah cukup buat mereka.

    Ada juga orang-orang dalam hidupnya punya tanggung jawab lebih, seperti gua misalnya. gua bisa aja kalo mau dapetin uang dengan cara cepat seperti ngamen, tapi intinya bukan hanya mendapatkan uang. Kenapa gua memilih untuk bekerja dan membangun karir? Karena gua sadar, bahwa gua gak bisa selamanya membanting tulang dan kerja kayak gitu. Gua harus bikin suatu usaha, suatu sistem, yg tetap bisa menghasilkan uang buat keluarga gua, di saat gua sudah tidak mampu bekerja nanti. Itu salah satu faktor yg mungkin tidak terpikirkan oleh para pengemis dan pengamen.

    Masih banyak faktor lainnya, tapi seiring berjalannya hidup, kamu pun akan mengerti =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sih, semua terserah mereka, bisa atau engganya memenuhi kebutuhan tergantung mereka nganggepnya udah cukup atau belum.

      Mungkin emang aku mengertinya masih tahap awal banget karena emang belum dapet pengalaman yang banyak, dan dengan seiring waktu mudah-mudahan mengerti apa artinya :))

      Hapus
  13. hah? kenapa emang kalo makan mie malem2? *anakkospanik

    postingan berkualitas pertama yang aku baca hari ini. aku kadang juga masih gak percaya dengan kalimat "kerjaan mah banyak, tinggal kita mau nyari apa nggak". kadang masih kepikiran, 'ah masa iya, aku lihat orang-orang kayaknya susah banget cari kerja'.. yaah, lets wait and see, istiqomah juga. nanti rejeki kita dimana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa, jangan panik..

      Makasih. Setuju, rezeki mah ada di mana aja tergantung kita. Asal kita coba terus mencarinya jangan diem aja :)

      Hapus
  14. KEREN INI CERITANYA NAD! Sebenarnya tnpa kmu tulis pesan moral nya udah dpet! Masa depan yang kmu prtanyakan itu selalu ada nad, dn yap...itu dimulai dari sekarang! pertanyaan2 itu juga sring brputar diotak saya.

    Bnyak anak2 muda diluar sana mnghabiskan waktunya nongkrong, hangout, pacaran dn mlas2an. Kata mereka takdir itu sdah diatur, jdi yg ngatur klo mereka bkalan sukses atau tidak itu yg diatas. Sya pling benci dngar kata2 ini! seakan2 usaha kita untuk mnjadi lbih baik itu gk ada gunanya.

    At last, abi kmu memberikan sya ide...apa yg harus dilakuin klo benar2 gk punya uang dn tk ada orng yg bisa diharapkan klo lgi brpergian jauh... jadi tukang PARKIR! Woahahah....

    Bdw, nice post nad!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan ringan kaya gini emang sering berputar-putar diotak tapi susah nyari jawabannya. Nyebelin sih ngedenger takdir udah diatur terus ga mau kerja, kalau kaya gitu gimana mau ada kehidupan yang baik? Ah ga tau aku juga bingung.

      Wahhhh malah dapet ilmu yaa, emang mau mraktekin? :p

      Makasih yaaaa, hahaha seneng nih~

      Hapus
  15. Obrolan lo dengan abi lo itu , bener bener sama dengan apa yang bokap gue selalu ceritain ke gue . Bahkan setiap gue berangkat sekolah dulu waktu SMP, gue selalu di nasehati sama bokap gue . Bokap gue selalu bilang : Tentukan masa depanmu dari sekarang , jadilah seorang muslim yang baik terutama untuk tuhan mu dan keluarga mu nanti , jika kamu sudah ber keluarga" . Itu kata kata yang selalu bokap gue jelasin ke gue , walaupun gue dulu itu masih SMP .

    Masa depan emang harus didapatkan dengan masa depan yang baik . Hidup ini keras , jadi harus pasang badan buat bisa memenuhi kebutuhan hidup .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua orang tua emang pengen anaknya sukses, jadi wajar sih kalau misalnya tiap hari diingetin. Karena, ya biar anaknya lebih semangat dalam mencari ilmu demi masa depan yang lebih baik.

      Hapus
  16. Abi kamu keren banget Nad. Selalu nyempetin buat cerita sama anak anaknya. Iya sih. Masa depan itu emang ditentuin dari sekarang. Kitanya berani berjuang buat diri kita apa nggak.

    Nah soal orang yang minta tolong di jalan gitu. Hmm kasian juga ya. Kasian udah jauh jauh jalan malah nggak dapat tujuannya. Alhamdulillah hidup kita baik baik aja dan nggak ngalamin hal seperti dia ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar semua kegiatan anaknya tetap terkontrol jadi ya harus disempet-sempetin. Setuju hehe

      Iya, aku pas denger aja kasian banget dan bersyukur ga ngerasain kaya gitu.

      Hapus
    2. Setuju sama Abi kamu Nad. Keren ya. Secapek apapun, Abi tetap sempatin ngobrol sama anak anaknya.

      Hapus
  17. Kalo aku sendiri yakin, dengan usaha dan ikhtiar yang kita lakukan sekarang, meski hasilnya belum seberapa dan mungkin masih jauh dari yang kita harapkan, pasti ada maknanya. Allah pun pasti liat usaha dan dengar doa kita. Hasil itu berbanding lurus dengan kerja kerasnya.

    Aku juga gak suka orang yang sebenernya bisa tapi males-malesan dan gak mau kerja keras. Apalagi dia masih muda. Taoi lain halnya dengan yg udah usaha, tp jalannya belum dilapangkan jd dia gak malu utk kerja serabutan dulu sebelum dapet kerja yang lbh baik lago.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalkan kita melakuakannya dengan ikhlas pasti ada hasilnya.

      Kebanyakan sekarang pengennya yang instan, kerja berapa hari langsung kaya. Kan ga ada mau dicari sama keujung dunia juga.

      Hapus
  18. Masa depan itu ada dan kita nggak akan pernah tahu. Kalau dipikirin, agak ribet juga. Karena segala sesuatu yang belum pasti itu belum bisa diterawang.
    Kita cuma bisa mempersiapkan.

    Entah usaha kita hari ini akan berpengaruh atau enggak di masa depan. Mungkin juga terbentur takdir atau nasib. Tau ah. Jadi pusing.

    Sekarang yang terpenting, jalani saja hidup dengan tanggung jawab dan versi terbaik menurutmu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pusingnya bijak ya, keren.

      Setuju, jalani apa yang terbaik yang bisa kita lakukan!

      Hapus
  19. Mungkin inti ceritanya sama kayak pengemis disekitar kampusku yang ternyata punya dua rumah bagus yang dikontrakin dan dua sepeda motor matic bagus.

    Kadang aku mikir apa dia gak malu ya kalo sodara kerabat tetangga liat dia lagi ngemis dan minta2 gitu. Sedangkan rumahnya bagus, motor ada. Apa iya gak ada keahlian lain selain megemis. Laki dan masih cukp muda untuk ukuran bapak2

    Ya kembali lagi, hidup adalah pilihan. Kita bebas milih jalan yang mana aja, berikut risiko yg harus ditanggung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengemisnya lebih kaya daripada yang ngasih ya :")

      Iya, semua pilihan ada ditangan kita, tinggal gimana kitanya aja buat nyari masa depan itu.

      Hapus
  20. Masa depanku besok gimana ya :' aku kalau mikir masalah itu dan melihat realita sekarang, kadang jadi agak gimana gitu :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, jadi rada-rada takut gitu ya kalau bahas masa depan?

      Hapus
  21. Emang agak sensitif sih kalo ngomongin masa depan. Banyak kok orang yang udah nginjek kepala 2 tapi masih bingung mau jadi apa di masa depannya. Orang udah kerja di kantoran, punya jabatan, belum tentu kan masa depannya mau jadi kayak gitu? Bahkan, seorang guru yang hebat pun, belum tentu dia mau punya masa depan kayak gitu.

    Yang terpenting usaha. Setiap orang pasti mau punya masa depan sukses sesuai yang dicita-citakan. Tapi, kadang hidup lebih kejam ya.

    Kalo soal pengamen dan pengemis, hhh, aku juga udah capek deh liat mereka berkeliaran di mana-mana. Bilangnya lapangan kerja susah lah, ditawarin jadi tukang sapu nggak mau. Iyalah, mereka udah keenakan modal suara pas-pasan aja dapet penghasilan gede. Mungkin jadi tukang sapu nggak seberapa buat mereka. Udah susah kerja, dapetnya nggak seberapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak dwidiw bijak banget, aku salut. Aku suka kata-katanya juga, semua orang pasti mau punya masa depan yang sukses dengan apa yang dicita-citakan.

      Kebanyakan mau kalau yang kaya gitu tuh, kadang mau ngasih saran juga kesel sendiri, hhhh..

      Hapus
  22. Entah kenapa gue jadi iri liat kedekatan ayah dan anak seperti itu... Soalnya kalo di rumah suka nggak peduli gitu... Kalo ngomong juga kalo pas penting doang. Hehehe...

    BTW gue juga pernah tuh diminta uang sama orang dengan alasan yang serupa, emang galau juga sih mau kasih atau nggak, dan kebanyakan memang penipuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling ngobrol aja kak, bahas hal-hal yang penting dulu lama-lama juga terbiasa kok.

      Iya, ada perdebatan batin kalau ada yang minta-minta kaya gini tuh.

      Hapus
  23. Hmm.. tumben nad, kali ini bermakna sekali, banyak yang gue dapet dari postingan lo kali ini, gue setuju banget tuh ama abi lo, dan keknya, bokap gue juga sering nasehatin kayak gini sih hehehe..

    Ya gue sih ngangguk-ngangguk aja, gue juga orangnya gak selalu menganggap remeh kehidupan ini, karna hari ini, berpengaruh di masa depan. Itu prinsip sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kali ini? Jadi biasanya engga? Makasih loh, untung udah biasa :))

      Sadisss, prinsip bawaannya, udah dah bener ajaa wkwkwk

      Hapus
  24. klo gue jadi nak muda seperti yang ditemui oleh Abi mu, aku mending minta kerja ama dia, buat modal pulang. Sama kayak temen abi mu itu.

    Ya kalo uda dapet kerja syukuri aja, jalanin, jgn males2, inget orang yang disayang. nanti juga nikmat kok :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi abi ga bisa ngasih kerja apa-apa, yang abi kasih cuma saran doang biar dia mau berusaha lagi.

      Semua berjalan karena terbiasa ya? Bener jugaaa...

      Hapus
  25. Ini saya mau ngomongin diri sendiri:
    Orang itu harus terus berpikir ke depan, kita gak boleh nyaman dengan apa yang ada sekarang, kita harus coba hal-hal baru. Biar otak dipake untuk maju terus...

    ehem.. itu wejangan untuk diri sendiri sih. haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus wejangannya, bisa buat orang lain juga biar lebih maju lagi.

      Hapus
  26. Kalo ada orang kayak gitu, sih, gue berusaha bantu semampunya. Kalau dia minta lebih, apalagi maksa itu kayaknya udah modus atau penipuan. :))

    Hm, gue juga masih bingung sama masa depan. Apakah kerjaan yang sedang gue jalani ini udah tepat? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang ini dia ga maksa, cuma masang tampang melas doang.

      Semoga lu dapet kerjaan yang lebih baik lagi yog. :))

      Hapus
  27. Lah kok gue malah terharu ya baca ini. :')

    BalasHapus
  28. Out of our comfort zone emang ga gampang...
    Tp lama2 kejebak di zona itu juga bikin hidup stagnan en ga baik sihh..

    Btw, ini kunjungan pertamaku. Salam kenal. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai salam kenal :))

      Iya setuju, emang susah keluar dari comfort zone, tapi ga keluar juga ya gitu-gitu aja.

      Hapus
  29. Sebenenya nolong aja gpp. Asal masih batas wajar *lah kaya laginya yang lek*.

    Masa depan itu jangan terlalu dipikirkan jgn juga di bodo amat-in. Yg selow2 aja. Ciegitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaya gua tau itu kata-kata siapa? Wah yanglek ternyata, rapper hitz..

      NAH...

      Hapus
  30. Yah ambil positifnya aja ya nad...

    Cukup judul itu aja yang jadi semangat gue, lu dan mereka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, semua harus ambil yang positif aja..

      Judul apaaaa? Hahahaha :D

      Hapus
  31. Post ini jadi ngingetin gua sama keluarga gua kalo lagi ngumpul. Sama kayak lu gitu deh meskipun bokap gua gak pernah nanyain kayak begitu sama gua dan kakak gua haha tapi setiap ngumpul juga cerita-cerita inspiratif gitu atau cuma ngebanyol.
    Btw, ini gua nindya ayu wkakak
    follback gua ya + kalo lo mau mampir punya gua silahkan http://msmargogru.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti setiap orang juga nyempetin waktu buat ngobrol sama keluarga, walau ya yang dibahas random banget wkwkwk


      Okeee, udah ya ninnn :))

      Hapus
  32. masih depan ada lah, sapa tau lu masa depankuh.. #plak

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?