Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Senin, 31 Oktober 2016

Laptop Kamu Rentan, tapi Aku Sayang

Woaahhhhhhhh, akhirnya bisa ngeblog lagi setelah kemaren laptopnya rusak. Pokoknya semua barang yang kita miliki kalau tiba-tiba rusak itu ga enak, contohnya laptop yang gua punya ini. Laptop pertama yang dibeliin abi waktu gua kelas 8, kalau diitung-itung umurnya udah 6 tahun.

Penampakan si lemah
Selama 5 tahun pertama laptop aman-aman aja ga memunculkan suatu kondisi yang menunjukan kalau dia bermasalah. Tapi semua sirna setelah memasuki tahun ke 6, mulai dari hardisknya yang rusak.
Pertama kali rusak itu gara-gara gua pengen zumba tapi vcd lagi rusak, ngeliat laptop, wah boljug nih kalau make laptop aja. Akhirnya masukin kaset, terus tiba-tiba muncul suara ga enak, kaya suara baling-baling helikopter gitu terus langsung mati, taek.
Karena saya anaknya pantang menyerah, gua idupin lagi itu laptop yang mati, terus berhasil nyala lagi. Kebetulan kaset yang tadi belum keluar kan, gua coba lagi dan MATI LAGI. Kesel banget dah gua waktu itu, terus coba nyalain kaya awal lagi, tapi ga nyala. Gua yang tadinya kesel jadi sedih, YA ALLAH COBAAN MACAM APA INI? :(
Dipercobaan ke-3 rusak, nyala laptopnya, tapi ga bisa masuk ke windows, apa guna laptop kaya gitu? Akhirnya gua ngadu ke umi soal laptop yang rusak ini, tapi abi jangan sampe tau, karena kalau abi tau, kiamat akan segera datang. Serem brur!
Pas ngadu, reaksi yang umi berikan adalah marah-marah, ya jelaslah. Pertama kali rusak ga nanggung-nanggung, karena ada tugas yang harus diselesaikan gua maksa umi buat ke kang servis. Karena ke kang servis butuh biaya akhirnya bilang juga ke abi, dan yak, diomelin dulu pastinya.
Bermodal niat dan paksaan, gua sama umi ke PGC buat servis laptop. Sesampainya di sana, dicek-cek ternyata underware hardware yang kena, dan harus ganti. Biayanya adalah Rp. 800.000,- COBA BAYANGIN ITU SERVIS DOANG, MAU BANK MANA YANG GUA COPET BIAR DAPET DUIT SEGITU? Sedihlah pokoknya.
Awalnya gua udah pesimis. Mahal banget, udahlah ga usah dibenerin aja. Tapi tiba-tiba umi yang ogah-ogahan buat benerin bilang “Ya udah deh gapapa benerin aja, kamu kan ada tugas, ntar ga selesai-selesai.” Pas umi ngomong gitu gua ngeliat umi kaya malaikat, bersinar dengan sayap di kanan-kiri badannya.
Kita lumayan lama di PGC, sebenernya sih sebentar cuma yang bikin lama adalah transfer data dari yang lama ke yang baru. Kan sayang film-film, anime, lagu-lagu sama fotonya. Udah selesai, akhirnya kita pulang, gua dengan wajah bahagia karena laptop udah bener, umi dengan wajah kusut karena uangnya kepake buat hal yang bikin-anaknya-senyam-senyum.
Setelah itu, beberapa bulan ga rusak terus tiba-tiba rusak lagi. Ga tau rusak gara-gara apa, lupa. Udah gitu, kabel chargerannya putus. Tadinya mah ga mau ganti, soalnya masih bisa dipake tapi ya kalau kesenggol dikit ga masuk.
Gua cerita lah kalau chargeran laptop rusak ke temen, terus ternyata laptop dia yang dulu juga sama gitu juga, tapi tetep dipaksa. Pas suatu hari dia mau ngecass, udah susah tuh masuknya sekalinya bisa tiba-tiba meledak chargerannya. Laptopnya ikutan mati, pas dibenerin bilangnya motherboardnya yang kena, udahlah laptop itu sekarang jadi bangkai.
Karena diceritain gitu gua jadi takut, tapi ya gimana uang ga ada. Sampai akhirnya beberapa hari setelah temen cerita, casan gua menunjukan etikat tidak baik. Karena gua takut meledak, gua beli casan, Rp. 180.000,- FAKUY.
Sampai akhirnya yang sekarang tiba-tiba keyboard gua rusak, sumpah ini yang paling bikin BT. Jadi selama laptop ini keyboardnya rusak kekonsistenanku dalam dunia blogger dipertanyakan *padahal mah emang aslinya ga konsisten eheh*
Bisa sih pake hape, tapi ya gitu, chatan aja typo gimana yang panjang kek orang ngedongeng gini. Jadi ya gua ga ngeblog dulu.
Tapi ketika post ini ditulis, awalnya laptop gua baik-baik aja tapi tiba-tiba keyboardnya mulai aneh. Ini sayang padahal udah setengah jalan, ya kali ga diposting udah capek-capek nulis padahal. Akhirnya gua lanjutin pake hape, ah elah perjuangan susah amat yak? Jadi banyak typo betebaran, maafin ya.
Pesan dari tulisan ini adalah jaga laptopmu karena biaya servisnya mahal, apalagi kalau rusaknya borongan kaya gua ditahun ini, rugi bandar bosQ! Laptop kamu rentan, tapi aku sayang.


33

33 komentar:

  1. mungkin efek dari stiker forever alone yang kesannya Ngenes :v jadi laptop sama orangnya ikutan jadi ngenes :v

    BalasHapus
  2. Gue juga pernah ngalamin laptpp rusak walopun gak sebegitu parahnya kek punya lo wkwk
    Emanng rasanya gak enak banget dan itu ngabisin duit banyak. Dibenerin mahal, gak dibenerin sayang, mo beli baru lebih sayang krn ga punya duit. Cobaan banget deh, apalagi waktu itu lagi masa-masanya semester tanggung yang tugas kuliah seabreg2. Parah deh. Gw setuju klo kita hrus jaga laptop seeeebaik mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kalau gua jadi lu, pasti udah dilema banget deh. Ini aja cuma baca jadi dilema gini, gimana ngerasain.

      Hapus
  3. Salah satu kiamat ini mah kalo laptop rusak. Gue pernah ngalamin soalnya. Di kampus lagi banyak tugas tetiba laptop rusak. Gue langsung gugeling "cara membobol mesin atm" tujuannya jelas, mencari uang untuk memperbaiki laptop. Cerdas sekaligus cadas bukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. YOGS, cerdas sekali. Itu sangat diperlukan, karena membutuhkan biaya yang lumayan juga.

      Hapus
  4. INi sih, belum ekstream. hehehehe. Soalnya gue udah pernah mengalami hal yang sama. Catat. Saat revisi terakhir belum gue buat salinan. 2 Hari laptop cuman nyala doang, nggak bisa diapa-apain. Segala cara sudah gue lakukan dan ternyata yg terjadi adalah sama. Hardisk rusak.

    Bingung mau ngapain lagi. Kalo gak gue selamatkan, gue bisa ngulang skripsi dari Bab 1 sampa bab Akhir. Tapi, sepertinya Tuhan berkata lain. Akhirnya, berkat bantuan temen gue yg teknisi, dia berupaya dengan sekuat tenaga buat nyelamatin data skripsi gue. Foto, Film, dll bodo amat. Yg penting skripsi gue selamat.

    Begitulah hebatnya skripsi. Merubah kebutuhan lain. Ya syukurnya bisa diselamatkan. Tapi ya gitu. Cuman skripsi. Sisanya raib ditelan waktu.

    Yasudahlah, sekarang bersama yg baru membangun hidup lagi.

    Pelajarn buat kedepan ya, Nad. Selain jaga laptopmu, juga jaga datamu. Apalagi skripsi. Buat backup sebanyak mungkin kalo bisa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hardisk rusak, aku pernah ngerasain. Ga enak banget, mahal lagi gantinya. Iya sih pange, kalau udah kaya gitu yang lain bodo amat asal skripsi utuh tanpa rusak sedikitpun.

      Iya pangeee, sekarang aku lebih sering ngerapihin data, soalnya serem kalau kaya waktu itu.

      Hapus
  5. Kalo gue entah udah berapa laptop yang rusak di tangan gue. 3 kayaknya dan rata2 rusaknya udah nyerang mobo-nya :)) laptop yg sekarang gue pake pun gak gue instal aneh2, make sewajarnya, biar awet :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIGA YOG? SERIUSAN? Dasar kamu perusak. Udah gitu sampe mobo-nya lagi, itu lu makenya diapain dah?

      Hapus
  6. Notebook gue juga rusak, tiap diteken turn on kadang nyala, tapi seringnya layarnya gak nyala dan gak bisa masuk window. Keyboardnya rusak pula, gak bisa muter video kecuali streaming. Akhirnya jumlah postingan berkurang. Begitu ganti asus, layar slim lcd.y rusak. Dan sekarang beli lagi notebook HP, baru deh bisa ngeblog lagi.

    Sama tahun ini beruntun dua laptop rusak. Hadeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parah banget sih itu mah rusaknya, mending ganti baru.

      DUA? KAMU APAIN ITU BISA SAMPE RUSAK?

      Hapus
  7. Kasihan sekali kau nad, leptopnya minta jajan mulu ahaha... gue juga pernah sih kek gini, tapi cuman sekali perbaikan sih udah kelar.

    Ehe.

    Hati ngerawatnya, hardware tuh rentan rusak.

    BalasHapus
  8. Kalo punya laptop yang merk-nya terkenal dong mbak, biar nggak rusak-rusak terus. :D
    Asus, Toshiba, HP atau apa gitu. Emang mahal, tapi biaya perawatannya lumayan murah karena jarang rusak.
    Merk yang belum punya nama emang kayak begitu mbak, sering rusak nggak jelas tanpa ada sebabnya. Laptop saya Toshiba, pernah rusak cuman kipas mati sama baterainya consider, itu gara-gara pemakaian gue yang kejam, sering disuruh kerja rodi nih laptop. Coba bayangkan kalo laptop mbak nadiah aku yang pake, 2 hari dah rusak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh tapi itu awet loh sampe 6 tahun. Sama aja kok, tergantung pemakaiannya :)

      Ehmmm, kamu terlalu suudzhon sama laptop aku, dia sedih jadinya :(

      Hapus
  9. Terakhir kali laptop gua rusak adalah...satu minggu sebelum deadline tesis. Buset ga? Untung gua rajin ngebackup data di cloud storage. Akhirnya terpaksa minjem laptop temen, tapi ya ujung2nya beres sih untungnya. Memang menyebalkan kalo laptop rusak, apalagi kalo rusaknya tuh di momen2 super genting hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan laptop itu rusak saat udah deket deadline, laptop tuh susah diajak komprominya.

      Hapus
  10. Tetap semangat ngeblognya ya.

    Semoga laptop saya awet.

    BalasHapus
  11. alhamdulillah laptopku rusaknya nggak borongan kayak gitu hehehe, paling seringnya ngadat sesekali, mungkin karena instal aplikasi yang macem macem.. yang .. ah sudahlah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan terlalu banyak, kalau udah rusak repot, percaya deh.

      Hapus
  12. Duh, gue jadi ngeri gini. Laptop gue udah mau 4 tahun nih masalahnya. Kalo umurnya cuma sampe 5 atau 6, gue takut. Udah sayang banget soalnya sama ini laptop. Ini barang yang dibeli dari gaji sendiri. :(

    Laptop gue engselnya malah udah rusak sebelah, kalo ditutup, ngeri deh. Terus gak pernah pake baterai pula. Baterainya udah bocor. Wakakak. Jadi, nggak bisa dibawa ke mana-mana deh.

    Kok itu murah charger cuma 180? Gue waktu itu mau beli masa 300. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaga yog, makenya yang normal-normal aja jangan kaya kerja rodi. Apalagi beli paket gaji sendiri, berasa banget sayangnyaa.

      Untung gua ga separah laptop lu yog, masih bisalah laptop gua pake batre walau cuma 1 jam setengah mah.

      Lah iya serius? Gua beli 180 udah ori loh.

      Hapus
  13. Datanya udah kebackup belum....hihihi

    Ngomongin laptop rusak karna usia, alhamdulillah laptop toshiba gue sudah 6 tahun tapi belum pernah ngambek....xixixi

    BalasHapus
  14. Wah, ini salah satu pertanda klo kmu bkalan dibeliin laptop baru nad...cieee..
    Slamat ya nad dpat laptop baru. Gw yakin nih pasti dpat laptop baru, soalnya gk mngkin klo dperbaikin lagi. Apalagi lptopnya juga udah tua juga. Jadi mngkin ini saat nya nad :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa yang mau beliin? Ini rusak aja aku dimarahin. Laptop ku masih bisa dibenerin, Alhamdulillah.

      Hapus
  15. wahh kalo layarnya biru biru itu kenapa ya, atau putih putih, bingung :'(

    BalasHapus
  16. wah gilak, 6tahun itu termasuknya awet loh laptop mu,
    dulu notebook-ku rusak masa pakenya baru 2 tahun doang.

    itu kamu ngapain nyopet Bank, nanggung amat. ngerampo sekalian aja sih.

    banyak yang bilang juga sih, kalo laptop udah rusak sekali, nggak usah di servis, apalagi pemakainnya emang udah terbilang lama, mending ganti aja sama yang baru. toh sama-sama mahal kalo di totalin biayanya. muahahaha

    demi sebuah post blog ya :')
    semangat terus cantiq :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah laptopku strong menemani selama 6 tahun.

      Pokoknya ngerampok atau nyopet yang penting dapet uang banyak kak.

      Nah itu dia, masalahnya laptopku udah pada minta diganti lama-lama tapi sayang belum bisa beli yang baru. :(

      Iya nih, Makasih kaka cantikQ :*

      Hapus
  17. Aku juga untung dapet pinjaman dari tante, walau rada lemot tapi udah bersyukur banget.

    Makasih kakk :))

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?