Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Sabtu, 19 November 2016

Hal-Hal yang Bikin Shock saat Kuliah

            Udah hampir 4 bulan gua kuliah dan ternyata kuliah gini amat ya rasanya. Gua kuliah di salah satu Universitas Swasta daerah Jakarta ngambil jurusan psikologi. Kenapa psikologi? Pertanyaan bagus! Sebenernya dulu selama SMA gua pengen banget masuk Komunikasi, kayanya hidupnya enak gitu, terus akhirnya daftarlah ilmu komunikasi di PTN.
            Sayangnya PTN nolak gua, sedih sih emang. Lalu, karena ga ada rencana selanjutnya gua galau kan ya, waktu itu gua pengen nganggur dulu setahun. Buat refresh otak, puyeng juga selama setahun terakhir berkutat dengan buku SBMPTN yang lebih enak dijadiin bantal daripada dibaca.
            Tapi, waktu itu adeknya umi, biasa gua panggil oco bilang “kalau udah kelamaan nganggur nanti kamu jadi males.” Lah iya sih, bener banget. Selama selesai UN sampe nunggu kelulusan aja kerjaan gua ga berfaedah sama sekali. Terus umi juga bilang, “Kalau kamu nunda setahun terus tahun depan nyoba PTN, kalau ditolak lagi gimana? Mau nunda? Pasti swasta kan? Udahlah tahun ini aja kamu kuliah, ntar kamu lulusnya malah lama, lagian juga swasta-swasta juga.”
            Akhirnya ya udah gua mutusin buat daftar swasta ga nunda dulu, dan itu berlangsung cepat. Gua bilang iya sekarang, besoknya langsung daftar. Dan tiba-tiba gua langsung ganti jurusan dari yang awalnya pengen komunikasi jadi psikologi, gua mendadak emang ganti jurusannya. Selama perjalanan pulang gua mikir, gimana kedepannya? Anjir, kuliah 4 tahun, belajar psikologi mampu atau engga yaa...
            3 hari setelah daftar gua sama sekali ga tenang, berasa waswas takut ada penyesalan. Sampai akhirnya waktu masuk pertama kali. Besokannya kita udah mulai belajar efektif, ga pake ospek dulu. Kebayang ga sih? Baru liat muka temen pertama kali, langsung belajar besokannya? Kenal semua aja kagak.
            Hari pertama masuk awkward banget, bingung kudu apa. Terus setiap dosen pasti nanya tujuan masuk psikologi apa? Temen-temen gua masuk psikologi mah jelas punya tujuan ada yang mau jadi HRD, cita-cita dari SMP, pengen jadi ahli forensik, ikut TNI, kemauan sendiri. Dan saat dosen nanya ke gua tujuan masuk psikologi apa, ya gua jawab yang sesungguhnya, “Saya suka merhatiin tingkah orang bu awalnya, terus temen saya ngasih saran masuk psikologi aja, orang tua juga sarannya gitu katanya cocok sama saya.” Denger penjelasan gitu dosen gua ketawa sambil bilang, “Semoga ga salah jurusan ya mba.” MAKASIH LOH BU ATAS WEJANGANNYA BERMANFAAT BANGET :))
            Minggu pertama gua masuk stress banget, berasa emang gua kayanya salah jurusan dah. Mata kuliahnya itu ada Biopsikologi yang ngebahas tentang otak dan bagian-bagian dalam tubuh. Gua yang bassicnya anak IPS dan ga ngerti sama sekali tentang IPA dipelajaran itu cume diem aja. Mata kuliah ini di jam terakhir, gua abis belajar ini pertama kali kepala pusing banget, pulang-pulang gua makan dan langsung tidur. Bangun-bangun pusingnya ilang? Oh tentu tidak. Gua shock banget ketemu mata kuliah ini. Sekarang sih ga terlalu pusing, tapi tetep aja ga ngerti apa bahasannya.
            Mata kuliah aneh selanjutnya adalah Sejarah dan Aliran Psikologi, walaupun ini sejarah tapi ini jauh dari yang gua pelajari waktu SMA dulu. Banyak tokoh dan teori baru yang gua kenal. Materi ini juga ga kalah absurdnya dari pelajaran sebelumnya, Cuma efek bagi diri gua ga separah biopsikologi sih. Mata kuliah lain, alhamdulillah masih bisa gua handle.
            Btw, ini kenapa jadi panjang gua cerita tentang kenapa gua milih psikologi yak? Gua kan mau ceritanya tentang ‘kekagetan’ saat masuk kuliah. Jadi, selama kuliah ini banyak banget hal-hal yang gua pikirin jauh dari ekspetasi waktu SMA. Bukan, gua juga tau kalau kuliah asli ga kaya yang disinetron yang dateng, pacaran, lalu pulang. Tapi gua ga nyangka aja sampe segini sadisnya kuliah itu. Ini dia pandangan gua yang salah tentang kuliah:
1. Bisa kuliah pake baju apa aja, jadi keliatan keren.
sumber: Google
            Dulu gua waktu masih SMA ngeliat mahasiswa enak banget bisa pake baju bebas belajarnya. Pake krudung yang dililit-lilit di kepala, pake baju-baju yang lucu, modislah, kuliah sama jalan ke mall bajunya ga beda jauh. Tapi nyatanya pas gua kuliah, boro-boro kaya gitu. Tiap hari pusing mikir mau pake baju apa ya? Yang ini udah, yang ini juga udah, yang itu ah belum digosok, ujung-ujungnya kuliahnya pake sweeater polos sama jilbab segitiga.
            Karena gua juga orangnya simple banget, kadang kalau misalnya kuliah pengen pake jilbab lilit-lilit malah berasa kaya mau kondangan, rapih banget. Mungkin kalau misalnya kuliah boleh pake sendal jepit, gua bakal pake itu aja, lebih nyaman. Tapi sayang ga boleh.~
2. Semua anak kuliahan itu ganteng!
Siapa yang ga setuju itu ganteng? Bertengkar ajalah kita.
            Ya, ini pemikiran bodoh gua waktu masih SMA dulu. Absurd banget. Mungkin gara-gara waktu gua sma sering dateng ke expo kampus kakak-kakaknya cakep-cakep, ternyata dibalik itu, ya sudahlah~ Ternyata engga, buktinya selama gua kuliah belum liat yang bening sama sekali. Gua kira hanya gua yang kaya gini, ternyata temen-temen gua juga mengeluhkan hal yang sama.
3. Ikut semua organisasi yang ada, biar gaul.
            Sewaktu SMA gua pernah punya cita-cita aktif disegala organisasi yang ada. Tapi sayangnya itu Cuma jadi cita-cita, karena gua udah keburu cape duluan dengan tugas yang melimpah ruah, dan alesan lainnya adalah gua males nyesuain diru lagi. Cukup satu organisasi aja, yang penting bahagia, eak~
4. 1 buku juga cukup untuk semua pelajaran.
Yha, namanya juga idup, harus sabar.
            Ini sih bener, emang gua Cuma bawa satu binder doang kalau kuliah tapi sumber buku dari pelajarannya itu, asdfghjkl. Tebel-tebel banget, 11-12 sama kitab suci. Udah gitu mahal-mahal, susah dicari lagi. Beli buku pelajaran aja gua kudu olshop, yang jualan di Jogja.
5. Perkataan dosen adalah kebenaran yang hakiki.
            Yha, siapa yang berani nentang dosen? Kalau emang misalnya berani ada 2 kemungkinan, nilainya jelek atau disindir mulu. Mantap jiwah! Dan kadang ada dosen yang suka ganti jadwal dan bikin jam pengganti, rasanya ku sayang banget sama dosen yang begini. Waktu kita bebas kok Cuma buat dosen seorang :’)
6. Tugas sama derasnya kaya kasih sayang ibu.
            Ini udah jelas banget, pasti setiap mata kuliah ada aja tugasnya, dan kadang ada yang dikumpulinnya dalam 1 hari telat dikit nilai C. Yang satu belum selesai udah ada yang lain menanti untuk diselesaikan. Ini melatih skill dikejar deadline yang bagus buat ke depannya nanti.
7. Kuis mendadak? Gapapa aku kuat.

“Ayo, keluarin kertas, semua buku dimasukkan ke dalam tas. Ada yang ketauan liat temen saya kasih C.” Hmmm... sadis bukan? Gapapa, aku udah biasa. Kuis hanyalah cobaan dunia yang harus dijalani dengan tabah, hasilnya nanti kita lihat saja diakhir.
8. Jajanan deket kampus menguras kantong.
            Ini yang terakhir. Gua sempet shock, makanan paling murah Cuma goceng itu juga bastus ama cilor (aci telor), beli 3000? Dapet sebiji doang kali. Rata-rata makanannya mie ayam, bakso, warteg, makanan berat semua. Seketika rindu amang-amang yang jualan depan SD, makanannya berfariatif dan ngenyangin.
            Tapi selama gua kuliah ga ngerti titip absen deh, soalnya ga ada yang kaya gitu di kampus. Maksudnya gimana sih? Kok kampus gua ga ada ya?
            Itu dia hal-hal yang bikin gua shock selama kuliah. Oh iya, buat dedeq-dedeq yang lagi bingung buat ngambil jurusan di kuliah mending pikirin mateng-mateng. Jangan sampe salah jurusan, karena salah jurusan itu bener-bener ga enak. Atau kalau yang udah jatoh kaya gua gini, ya nikmatin aja dulu siapa tau nanti akhirnya nemu kebahagian walaupun hanya sedikit. Ya tapi itu, ga ada yang tau, kalau ga ada ya terima aja :D

            Dan kenapa postingan ini jadi panjang? Karena hidup penuh dengan misteri. *Lah ga nyambung, bodo amat kan ini blog gua wkwkwk*
51

51 komentar:

  1. Jadi masih merasa salah jurusan? Aku dulu pengen lho masuk psikologi klinis. Hahaha. Tapi pengen jadi dokter jiwa juga. Eh sekarang nyangsang di komunikasi karena alasan sederhana: doyan nulis. Padahal ga semuanya nulis wkwk

    Semangat! Nikmatilah masa kuliah. Nanti nemu kok feel-nya. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak? Berarti kita kebalik ya? Semoga sukses dijalannya deh.

      Makasih kak, semoga cepet nemu feelnya :))

      Hapus
  2. Nadiah merasa salah jurusan? Aku juga dulu malah pengen masuk psikologi klinis, tapi pengen jadi dokter jiwa. Hahaha. Masuk komunikasi juga cuma dengan alasan sederhana: doyan nulis, padahal ga semuanya nulis. Wkwk

    Nikmatin aja dulu. Nanti juga nemu feel-nya. Hehehe.

    BalasHapus
  3. ekspentasi memang nggk seindah realita dan lo harus bisa menerima itu........kwkwwkwkwwk

    salah ambil jurusan?, udah lo jalanin aja dulu!!. klo lo pindah jurusan lagi ntar malah ribet ngurusinnya, kasian ortu lo nanti pusing

    BalasHapus
  4. Gw dlunya juga mau masuk komunikasi,daftar sbm 3 pilihan 3 ikom di pentalin smua,akhirnya kuliah teknik*nyiksaotaklagi

    BalasHapus
  5. Yang paliing nyeremin itu klo uda quis dosennya killer lagi
    Trus tiap kali ujiann jawabannya ga pernah ada di slide yg dibagiin wakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ituuu, banyak dosen killer udah gitu quisnya mantep banget, ga ada atau bahkan belum dipelajarin :((

      Hapus
    2. Betul tuh, kadang kalau yang killer itu quis tanpa kasih tahu dulu, tiba2 quis aja, dadakan gitu.. Beuh :(

      Hapus
  6. Wahahaha, gue yang tahun depan lulus SMA jadi ketawa gini baca hal-hal yang disebut di atas. Agak ngeri-ngeri sedap rasanya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada saatnya kamu merasakannya nak, nikmati saja :))

      Hapus
  7. Lah selama kuliah belum pernah liat yg bening?
    Coba dah ke kantin trrus mesen air bening, pasti dah qm bakal bisa liat yg bening2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku liat bang Niki komen bahagia banget deh, rasanya air beningnya pengen aku kasih ke bang Niki aja buat mandi.

      Hapus
  8. Gue tahun depan lulus nih, dari sekarang udah pikirin jurusan kali ya? Biar gak salah jurusan, wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyalah, kudu dari sekarang. Karena yg tergesa-gesa itu tidak baik.

      Hapus
  9. Wih, kayaknya perlu dikasih ucapan selamat deh karena udah nglewatin masa-masa galau mau lanjut kuliah atau ngga hehehe. Rintangan tahap satu.
    Btw, aku ngga tega ah kalo mau bilang 'dinikmatin aja', soalnya yang bisa paham dan ngerti apa yang dirasain kan cuma kamu. Jadi, semoga berhasil melewati rintangan-rintangan lainnya yaaaa! Good luck, ya, Nad!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kak, rintangannya jadinya malah ngeganjel :(

      Nah, makasih kak udah pengertian :')

      Hapus
  10. Hahaha sama kek gue, kemaren juga pengen banget masuk di komunikasi tapi ptn nya nolak gue. Sakit emang di tolak, Tapi alhamdulillah gue sekarang masuk di Informatika di Poltek negeri malang hasil kerja keras. Tapi ya pusing ndiri gue sekarang masuk ke teknik, sarangnya tugas hadehh -_-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih pasti ditolak ptn, gua mah tau rasanya. Tapi untung lu dapetnya negri, lah gua swasta, sedih :(

      Hapus
  11. Kamu hebat banget ya bisa langsung pindah haluan ke jurusan psikologi gitu hehe. Tapi gapapa lah, yang namanya kuliah emang ilmunya mengulang dari nol. Tetap semangat aja, siapa tahu kalo udah pinter ilmu psikologi bisa baca pikiran pacar, kan mantapp jiwah haha.

    Kuliah emang banyak banget hal yang baru dibandingin dengan sma dulu. Yaa, awalnya memang kamu akan kaget, tapi nanti pasti juga bisa akan terbiasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok hebat, itu berarti tandanya mah masih labil. Semoga dapet pacarnya dulu, baru bisa baca pikirannya.

      Iya, aku sudah terbiasa kok :')

      Hapus
  12. Semangat kuliahnya...
    Saya ngebayanginnya kulaih ppsikologi itu enak.. Tapi nyatanya bikin pusing kepala ya.. Hehehe
    Jalani aja, siapa tau emang sudah jalan kamu untuk masuk jurusan psikologi.. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka, bikin pusing banget deh serius. Semoga gitu deh kak :)

      Hapus
  13. Gue belum kuliah, nih. Walaupun ini postingan hal-hal yang bikin shock saat kuliah, gue tetep mau kuliah. Menurut gue sih, semua hal itu dinikmatin ajaa. Kayak di film-nya Ernest yang judulnya #NGENEST, kita hidup pake teori tokai aja, mengikuti arus. Tapi, kalo kata gue jangan selalu ngikutin. Ada kalanya ikutin ada kalanya enggak.

    Intinya adalah, nikmatin aja dunia kuliah walau bagaimanapun juga. Nikmatin, nanti juga bakalan dapet hasilnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyalah harus, walaupun bikin shock tapi gua juga masih tetep betah kuliah kok. Teori tokai anjir, gua jadi bayangin mukanha morgan pas ngomong kek gitu -_-

      Okey, makasih bosQ atas petuahnya.

      Hapus
  14. jalanin ajah neng..
    ntar juga pusing sendiri..eh, kelar mangsudnye :)

    BalasHapus
  15. wah nak psikologi ternyata, kayaknya susah sih ya dulu gue sempet ada matkul yang berbau psikologi gitu dan gue ngantuk anjir :))

    1 hal lagi yang musti ditambahin, dosen bisa seenaknya gak masuk dan nentuin tanggal kelas pengganti. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang, ngantukin banget. Tapi, tergantung juga sih bawaan dosennya.

      NAH IYA INI, SUMPAH NYEBELIN BANGET DAH SUMPAH KESEL GUA JUGA

      Hapus
  16. Menurutku jurusan psikologi itu keren lho. Et tapi komunikasi juga keren hehehe
    Aku dlu kuliah ga sebebas seperti jurusan lain, maklum pendidikan, ada seragamnya hejeje
    Sukses yaaa moga semangat meski banyak tugas dan tiba2 quiz heew

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya keren sih kak, tapi menurutku komunikasi keren ah.

      Aku mau gitu, pake seragam aja, kalau bebas pusing kudu pake apa.

      Hapus
  17. haha.. salah jurusan
    mungkin udah jalannya kali sis, yaudah nikmatin aja..
    salam kenal

    BalasHapus
  18. Masuk jurusan psikologi itu keren loh nad! Klo diluar negeri, psikolog itu sangat dbutuhkan, apalagi buat mereka yg mau menenangin jiwanya. Tpi klo di Indonesia spertinya ilmu psikolog, prospek kerjanya blum trlalu dikenal dn blum luas.

    Tpi klo mnurutku klo bisa diolah dengan baik, ilmu ini bisa sangat bermanfaat loh nad. Jalanin aja dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia rey, psikologi masih dianggap sebelah mata juga. Sedih :(

      Siap makasih pak!

      Hapus
  19. Haha itu gambarnya. Dulu sering banget denger stereotype anak psikologi yang katanya emang kayak gitu (dari gambar).

    Itu poin nomor 2 mantep banget....dan jujur. Ha ha.

    Sepengetahuan saya, 'salah' milih jurusan itu gak akan berpengaruh banyak kok, asalkan lingkungannya bikin kamu seneng. Contohnya, temen-temen, kegiatan UKM, ikutan acara seni dsb. Soalnya dulu, sekitar 50% kawan2 sekelas juga salah milih jurusan. Tapi kita menikmati, soalnya ada persahabatan yang asik.

    Kalau kamu, gimana? Temen2nya bikin nyaman gak? Mudah-mudahan aja iya. Hehe. Oiya, titip absen itu maksudnya nyuruh temen supaya 'nakal'. Manipulasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paan poin 2 bener banget, ada juga itu yang paling salah, bikin kecewa.

      Semoga lingkungan dan temen-temennya juga ngebantu buat betah di kampus. Makasih ilmu titip absennya yaaa...

      Hapus
  20. Yeh, di kampus gak semuanya ganteng anjir. Yang mukanya kayak kuli bangunan dekil juga ada. XD

    Hm... kalo soal Psikologi gue nggak tau-tau banget, ya. Cuma rata-rata temen gue itu bukunya banyak banget. Tebel-tebel, dan kampretnya kebanyakan bahasa Inggris. Njirlah.

    Masih semester awal kali, jadi masih semangat-semangatnya kuliah. Coba nanti dua tahunan lagi. Paling mulai banyak titip absen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yog, sumpah gua nyesel banget berpikiran semua cowo yang kuliah ganteng :(

      Bukunya kaya kitab, tebel banget. Udah gitu bahasa Inggris lagi, bodo amat anjir.

      Kayaknya ga ada deh titip absen di kampus gua.

      Hapus
  21. Ini lo pas SMA dapet hidayah dari mana ngira semua cowok di kuliah itu ganteng astaga. :)))

    Dan baru tahu lho ternyata psikologi bisa nyambung ke TNI. Ini nanti di TNI dia jadi apa ya? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua khilaf anjir punya pemikiran gitu :((

      Dia pelarian gara-gara ga keterima di TNI, terus nanti coba lagi.

      Hapus
  22. Mendingan masuk TI aja mba kek guaaahhh... wuaaa wlwkkwk LD

    BalasHapus
  23. Gue dulu milih psikologi cuma 2 menit, alesannya karena ada adeknya temen kakak. As simple as that. Dan akhirnya bisa lulus juga.
    Oia, kuliah di Indonesia sebenernya nggak cuma masalah teori. Tapi melatih kedewasaan dan kemampuan sosial. Semangat.

    BalasHapus
  24. Saya masih SMA dan terima kasih banyak atas beberapa kabar yang membuat saya semakin deg-degan.

    BalasHapus
  25. ahaha, inget dulu kak, maleeeesss banget kuliah, apalagi kuliah pagi hadeh...nyeselnya sih sekarang, apalagi kuliah dulu ngajarin buat seo, sekarang saya jualan www.jaketmurah.com jadi pelingak-pelinguk gimana nge optimasi seo x_X

    BalasHapus
  26. Perihal titip absen, kalo gue dan kawan2 nyebutnya absen online tuh, tinggal chat aja kawan yang masuk kuliah, beres deh haha.
    Tapi gak semua dosen bisa sih, banyak dosen gue yang laden banget ngabsen mahasiswanya satu persatu soalnya. Jadi ludu pinter2 nyesuain karakter dosen

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?