Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Kamis, 02 Februari 2017

Hal-Hal Asing bagi Mahasiswa Baru

Sumber: Google.
            Buat gua yang masih maba (Mahasiswa Baru) dunia perkuliahan ini cukup aneh dan ga jelas. Kenapa ga jelas? Karena, semua pengumuman atau hal-hal lainnya berada di website khusus kampus. Jadi, mau ga mau kita harus sering ngecek web kampus buat liat segala pengumuman baru. Udah gitu ga dikasih penjelasan lagi sama dosen, mungkin dengan pemikiran mereka, anak kuliah harus bisa mencari informasi sendiri. Tapi kan saya maba, masih bodoh hal beginian.
Banyak banget hal ga jelas yang selalu gua pertanyakan dengan teman-teman dan masih ngerasa janggal. Seperti:

1. Minggu tenang menjelang UTS atau UAS
            Kampus memberikan mahasiswanya minggu tenang ini dengan harapan sang mahasiswa bisa belajar dan memfokuskan diri untuk ujian nanti. Tapi nyatanya? Jujur aja, minggu tenang selama ini gua pakai untuk menye-menye di rumah atau kadang-kadang main. Urusan belajarnya gimana? Nanti, sehari sebelum ulangan baru belajar. Ini bukan dilakuin sama gua aja, mungkin setengah bahkan lebih masahasiswa melakukan hal yang sama kaya gua gini.
            Dan bodohnya gua selalu nyesel tiap pas hari H ulangan, terus soalnya susah banget. Yang bikin nyesel adalah kenapa ga belajar dari kemarin-kemarin. Sedangkan saat libur bingung mau belajar apa, mungkin karena sangking banyaknya materi yang ada.

2. Apa yang dilakukan setelah UAS selesai?
            Mungkin dulu saat masih sekolah dengan status siswa, setelah UAS kegiatan yang siswa lakukan adalah classmeeting. Acara lomba antar kelas, untuk mengisi kekosongan saat guru sedang mengolah nilai yang kita kumpulkan selama satu semester. Atau ada juga yang remedial, karena ada beberapa nilai yang kurang.
            Saat kuliah kaga ada acara kaya gitu, sesudah UAS ya udah libur sampai waktu yang tidak ditentukan. Waktu itu lagi sangking bingungnya dengan acara apa yang kita lakukan setelah UAS selesai, gua nanya ketemen yang lebih berpengalaman kuliah.
“Eh, nanti kita sesudah UAS selesai ngapain? Masih masuk atau libur?” tanya gua dengan muka bego.
“Libur deh kayanya.” Jawab temen gua dengan jawaban yang tak acuh.
“Terus masuknya lagi kapan? Emang kita nanti ga dikasih surat edaran apa biar tau abis itu ngapain?”
“Ya enggalah, emang anak SMA yang libur gitu dikasih surat edaran. Tinggal liat SIA –Web khusus mahasiswa kampus UMB- nanti juga ada pengumumannya.”
            Dengan jawaban kaya gitu gua malah mikir jadwal kuliah itu sungguh amat ga jelas.

3. Liat IPK-nya kapan? Terus gimana caranya?
            Oke, ini ga tau gua yang bodoh atau apa, tapi serius waktu itu gua ga tau kita bakal tau IPK lewat mana. Barangkali bisa kaya anak sekolah, yang hasil belajarnya dibukukan dan diambil dengan orang tua. Tapi, nyatanya ngeliat IPK itu lama dan ga seru. Karena kaya kita nunggu hasil pengumuman SBMPTN, harap-harap cemas.
            Waktu itu gua cek pengumuman nilai akan keluar tanggal 30 Januari 2017. Gua yang masih maba sangat excited  buat tau apa hasil gua selama semester 1 itu bagus atau engga. Kalau misalnya bagus bisa mengobati hati yang berpikiran masuk psikologi itu salah jurusan atau kalau misalnya jelek udahlah mati aja gua sampe 7 semester ke depan.
            Malem, tanggal 29 Januari 2017 hati gua deg-degan, pokoknya ga bisa ngapa-ngapain. Tidur ga bisa, nonton ga tenang, pokoknya serba salah banget. Akhirnya gua curhat ke grup temen kampus kalau gua deg-degan banget, yang ada malah diomelin. Gara-gara gua ngingetin dan dia juga jadi deg-degan. Rasakan!
            Bahkan sangking deg-degannya, gua sampai ga fokus apa maksud si temen. Sampai muncullah dialog ini:


            Setelah curhat ke grup, akhirnya jam berganti jadi 00.00 yang artinya sekarang udah ganti hari jadi tanggal 30 Januari. Dengan cepat langsung gua buka SIA, nunggu lama, tau-taunya malah begini:


            FAK! Gua harus lebih sabar dalam menghadapi hidup. Karena kesel webnya jadi kaya gitu, akhirnya gua tidur. Bangun jam 05.00 cek hp kok grup rame ya, perasaan udah ga enak. Cepet-cepet buka SIA, terus bisa kebuka, dan hasilnya adalah ALHAMDULILLAH NILAI GA MALU-MALUIN! Abis itu gua langsung shalat shubuh dengan bahagia.
            Pas siang, gua buka SIA lagi, buat mastiin itu nilai gua atau bukan. Eh, si kampret, Servernya malah down, mirip banget kaya waktu pendaftaran SNMPTN, Web-nya error. Mungkin saat itu banyak yang ngebuka juga dengan perasaan deg-degan. Untung gua sih udah, jadi seengganya sedikit tenang.

4. IPK tinggi bukanlah segalanya.
            Ini juga sebenernya yang bikin bingung dalam dunia kuliah. Gua setuju dengan ini, tapi apa ada orang yang kalau ngeliat IPK-nya kecil terus ga ngerasa sedih? Pasti ada aja yang ngeraasa sedih. IPK tinggi juga bukan harus didewakan, tapi seengganya kita harus lebih berusaha buat ngedapetin yang terbaik. Seengganya, ada rasa puas dalam diri sendiri dan pastinya seneng ngasih tau orang tua. Karena usaha beliau buat bayarin kuliah anaknya dapet hal yang lumayan, ga sia-sia.

5. Bagaimana cara ngisi KRS?
            Sampai sekarang gua ga ngerti apa maksud ngisi KRS ini, semacam ngisi jadwal kuliah gitu kan ya? Tapi, anehnya kampus gua adalah menyuruh mahasiswanya mengisi KRS tapi jadwalnya udah ditentuin sama Sek. Prodi. Ga ngerti lagi, dan maw menangys rasanya karena dapet jadwal siang lagi yang ngelanjut sampe ke malem. :(

6. Selalu dihadang dengan pertanyaan, “Kok kuliah enak banget, sih, libur terus?”
            Tiap ada yang bilang gitu rasanya ingin menunjukan jadwal ke yang ngomong. Lagian juga kan ini masih liburan semester, ngapain masuk kuliah?! Nanti juga kalau udah kuliah susah nyari waktu libur.

            Ternyata masuk kuliah ribet. Jadwalnya aneh, mending kaya anak sekolah biasa yang masuknya serentak sama sekolah lain jadi ga bingung. Mainnya juga lebih asik nentuin hari, karena emang libur semua.
            Anak kuliahan mah ribet mau main sama temen SMA aja, karena kita kuliah di tempat yang berbeda. Bahkan, ada yang diluar daerah jadi kita nentuin mau main tuh kaya mau nentuin kapan nikah, banyak pertimbangan. Contohnya kaya kemarin waktu mau main sama temen SMA:
“Eh, main yuk besok.”  Usulan temen dengan tiba-tiba.
“Jangan besok kek, lusa aja.”
“Lusa gua mau pergi, besok aja.”
“Yah, besok gua baru balik ke Cils, hari Sabtu aja.”
“Gua bisa besok, tapi selesai gawe ya gua ke sananya, tungguin.”
            Kaya gitulah contohnya, hidup ini sulit, kaya deketin kamu. Alhamdulillah dari 8 yang dateng 5 orang, karena 1 sesudah lulus langsung ke Jogja dan ga tau kapan baliknya, 1 lagi masih ada acara kampus, dan 1 lagi ga tau ga muncul digrup soalnya.
Akhirnya ngumpul juga, walau masih kurang 3 ekor.

            Btw, kenapa ini keluar dari topik ya, ayok masuk lagi buru, di luar ujan. *oke, lanjut!* Kayanya gua masih harus banyak belajar lagi deh manghadapi perubahan ini dan cepet-cepet harus bisa ngikutin, biar ga muncul pertanyaan-pertanyaan bodoh lagi, biar keliatan pinter juga. Lagipula ga malu-maluin banget sih, kan masih mahasiswa baru hehehe *Alesan*
46

46 komentar:

  1. Kalau waktu kuliah dulu yang namanya minggu tenang malah jadi minggu sibuk. Sibuk kelarin tugas besar sebagai syarat ikut ujian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka, aku juga gitu, mau ujian tugasnya malah banyak, liburan ga ada tenang-tenangnya. :((

      Hapus
  2. wahhh artikelnya sangat padat dan jelas, mudah di pahai juga...

    BalasHapus
  3. Loh justru bukanya enak ya kalo ada pengumuman tinggal tengok website.
    dan aku setuju kalo itu bisa jadi bahan kemandirian buat mahasiswa.

    Tapi aku bisa maklum ko karna teteh masih Maba :)

    aku juga dulu gitu sempet keribetan waktu awal-awal kuliah,
    tapi lama-lama juga terbiasa teh.

    and you know what ?
    yang bikin ribet sebernya bukan hanya sistem kuliahnya aja sih,
    tapi kitanya juga yang suka menganggap ribet terhadap sesuatu wqwq.

    jadi mulai sekarang di bawa enjoy aja ya teh,
    kalo ada tugas ga usah di kerjain ya, cukup happy-happy aja hehe yakali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih enak, tapi aku tuh ga paham, jadi riweuh banget ga ngerti.

      Aku setuju, sebenernya mah ga ribet-ribet amat, kitanya aja yg bikin ribet. Ngerjain tugas hepi-hepi, ga segampang diucapkan.

      Hapus
  4. Awal masuk kuliah yang paling gue bingungin itu tentang KRS.

    Apaan nih? kenapa harus gue isi?

    UIN SUSKA Riau juga menerapkan hal yang sama. Setiap kelas udah punya jadwalnya sendiri di Siasy, pembagiannya berdasarkan alfabet. Jadi kelas a bakalan milih mata kuliah kelas a. Kalo sampe salah bisa ribet urusannya harus lapor ke bagian umum, terus ke prodi.

    Ntar juga bakal terbiasa, kuliah ga seenak yang dipikirkan. Justru dengan jadwal yang gak jelas itu, malah buat jadi males untk ngampus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya KRS ini emang diciptakan buat bikin bingung maba deh, heran gua jadinya.

      Riweuh atuh ya? Udah ada jadwalnya tapi suruh ngisi KRS, kenapa ga sekalian aja diisiin serentak satu kelas.

      Hahahaha setujuuuuu, semakin ga jelas jadwal semakin males pergi ke kampus.

      Hapus
  5. Ntar juga bakal ngerti sendiri, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi aku maunya diajari untuk mengerti. *hah, gimana?*

      Hapus
  6. Wah enak dund libur uas ga ditentuin kapan masuknya
    Berarti boleh libur setahun y?
    .
    Adain dund clsmeeting
    Sama ank dari jurusan lain
    Kalo bisa sama kampus lain
    .
    Hmm dasar mahasisa dikasih jatah tenang
    Eh bner dipake buat tenang
    Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nga gitu bang Niki :((

      Aku juga mau buat classmeeting, tapi masalahnya waktu SMA aja kalau ada acara beginian ga pernah dateng.

      Itu namanya menjalankan apa yg sudah ditugaskan :))

      Hapus
  7. Baru tahu klo di UMB SIA-nya down karena banyak mahasiswa yg liat nilai. :D

    Sebagai orang yg ikut andil mengembangkan SIA di suatu PTN di Jogja, dari pengalamanku malah yg bikin SIA down itu pas KRS karena mahasiswa pada rebutan milih kelas kuliah.

    Bedanya kuliah sama sekolah salah satunya ya KRS itu. Mahasiswa bebas memilih mata kuliah apa yang mau dipelajari sesuai minat dan kemampuannya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tau ka, kalau bisa gitu.

      Waktu ngisi KRS malah ga down, kok SIA ku aneh ya? Tapi gapapa, untung hehehe :D

      Engga ka, aku mah masih ditentuin KRS-nya. :(

      Hapus
  8. baru tau klo kuliah itu ada istilah UAS. kukira itu cuma ada di SMP SMA.

    wah lumayanlah dari post ini sekarang saya tau dan mendapat pengalaman cara menghadapi dunia perkuliahan dan sudah tau cara jadi MABAR yang baik ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tar, UTS juga ada, ulangan harian yg ga ada namanya diganti jadi quiz.

      Bukan MABAR tapi maba, ok?

      Hapus
  9. Wah ... jadi nostalgia masa lalu nih. Dulu saya sering bingung buat ngisi KRS. sampai kepoin kakak stambuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak stambuk itu siapa ka? Aku mah ga ngepoin siapa-siapa, bakat sok tau aja yg dipake.

      Hapus
  10. Jangan mikirin IPK ya dek.. IPK ga akan bikin reputasimu hancur kok. Semangat belajar!

    BalasHapus
  11. Maba ya? sama dong kaya gue. Iya, gue juga maba dan menurut gue yang paling ribet dari kuliah nih apa ya? hmm mungkin ngurus krsnya sih. Agak bingung juga. Dan at least, bagi kalian-kalian anak SMA yang bilang kuliah itu ENAK percayalah gaes, itu gak seenak yang kalian bayangkan :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya yg ngira kuliah itu enak, berkelahi ajalah yuk kita. Nyesel nanti mikir kaya gitu :((

      Hapus
  12. Masih maba ya Nad? Ciyeee yang udah mahasiswa skrg...

    Nah, itulah yang bakal banyak Nadia rasakan kalo udah jadi mahasiswa. Salah satunya KRS.

    Intinya kalo udah jadi mahasiswa harus mandiri dan rajin nanya Nad. Jgn samain kek sekolah, yg semuanya dikasi tau.

    Semangat trs kuliahnya, ya. Rajin kuliah, biar IPKnya bagus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuhuuuu, iya dong sekarang udah mahasiswa :D

      Kuliah apa-apa cari tau sendiri, ga ada yg ngasih tau jadi bingung. Mandiri banget ya.

      Hahaha iyaaa, demi IPK bagus!

      Hapus
  13. mahasiswa baru ya gitu , masih bingung harus ngapain mau tanya sana-sini takut dibilang bego, ya jalani aja mumpung masih mahasiswa baru, coba kalau udah mahasiswa tingkat akhir gak ada kata-kata nyantai lagi kamu, kalau sekarang banyak libur itu cuma sebagai ganti pas kamu jadi mahasiswa tingkat akhir. nikmatilah proses kehidupan ini nak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nasihatnya serem, jadi takut jadi mahasiswa akhir :((

      Hapus
  14. semangat nadia kuliahnya!!!

    jangan bego yah hahahahaha

    gue rasa pentingnya nanya-nanya sama temen atau prodi itu disitu sih, supaya kita nggak bingung harus ngapain dengan kewajiban yang ada.

    jangan bikin ribet sendiri nad nikmatin ajah, cari keasikan waktu senggang apalagi pas liburan. lumayan kalau bisa mengasah softskill lo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ((Jangan bego yah)) siap bang topik makasih, frontal yg menyadarkan hehehe

      Aku bingung liburan kudu ngapain? Softskill yg aku asah hanya tidur-tiduran doang nih.

      Hapus
  15. Ane bentar lagi jadi mahasiswa gan :v

    BalasHapus
  16. Tahun ini saya mau ikutan SNMPTN. Kok malah ditakut-takutin server penuh gini ya? DEG-DEGAN WOY. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHA RASAKAN KAMU ROB, BETAPA GA ENAKNYA DEG-DEGAN NUNGGU HASIL SNMPTN :))

      Hapus
  17. Ha ha apalagi ntar pas libur mau ke semester ganjil. Biasanya sekitar tiga bulan tuh. Kudu nyari-nyari kesibukan deh, biar gak jenuh diem di rumah.

    Oiya, IPK memang bukan segalanya. Tapi penting lho. Percayalah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang agia kudu cari kesibukan, bosen 3 bulan di rumah, bekerak lama-lama.

      Aku percaya tentang IPK :))

      Hapus
  18. bener, banyak hal-hal yang masih awam yang dirasakan kita sebagai mahasiswa baru. mau nanya tapi takut dibilang bego, tapi kalau ngak nanya, kita emang bener-bener nga ngerti.

    aku sih mau libur kuliah atau enggak, enggak bakalan bingung. soalnya aku tetep masuk kerja. huhuhu T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau ga nanya tapi emang beneran bego, gitu ya ka?

      Mau kerja aku maaahhhhhh...

      Hapus
  19. Dulu sewaktu awal kuliah juga ngerasa gini, kok. Wahaha. Biarpun IPK bukan segalanya, pas dapet C juga sedih. Terus soal ngisi KRS, gue juga bingung sama temen-temen yang katanya ngambil sendiri itu. Lah gue? Gue KRS udah dari kampusnya. Nggak perlu ngisi segala. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. IPK bukan segalanya tapi ya jangan jeblok-jeblok juga, itu yg ada dipikiran gua sekarang. Samaaa, gua juga KRS udah ditentuin, cuma ngisinya sendiri ngikutin jadwal yg udh ditentuin dosen. Ribet ya?

      Hapus
  20. IPK emang bukan segalanyaa.. Tp kalo kuliah setengah dari biaya kantor IPK adalah segalanya... Taruhannya masa depan buat tetep exis dikantor itu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, emang IPK mah kudu bagus buat ngedongkrak pekerjaan.

      Hapus
  21. selamat datang di dunia maba alias mahasiswa baru hahahah

    BalasHapus
  22. kuliiahhhh jadi sering jalan jalannn wuuhuuuu, kusukaaa kuliahhhh ~

    BalasHapus
  23. ciieee yang udah mahasiswaaaaa uluh uluhhh...

    BalasHapus
  24. terus nasibku gimana? mampukah saya dengan hal2 seperti itu?? wkwkwk.. soalnya aku bentar lagi UNBK, terus pengumuman, daftar kuliah, jadi maba. kan jaman2 SMA beda banget sama kuliah.. tapi gpp, ga masalah apapun yang terjadi harus siap di hadapi haha,

    btw, nice article kak.. dan salam kenal ya!

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?