Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Sabtu, 24 November 2018

I LOVE MY BODY AND YOU SHOULD TOO


“Udah item, gendut lagi, jelek banget si nga ada yang bisa dibanggain!”
“Cantik banget sih itu cewek, mulus, tinggi, badanya bagus, rambutnya badai, kulitnya putih. Gila sempurna!”
Kata-kata ini sering banget gua denger, entah yang bilang temen gua atau orang yang ga tau siapa tapi suara itu beneran nyata gua denger. Kata-kata kaya gini tuh beneran racun banget!
     Secara ga sadar, kata-kata ini masuk ke dalam pikiran gua dan merubah sudut pandang gua tentang arti “cantik”. Dulu waktu masih SMP gua jerawatan banget semuka, gua juga bingung kenapa gua udah mulai jerawatan di saat temen-temen gua mukanya masih pada mulus. Dan yaps, rasa tidak percaya diri muncul.
       Gua ga berani natap mata lawan bicara, terlebih lagi kalau orang ini ga deket-deket banget sama gua. Keinginan gua cuma 1 waktu itu, pengen nga ada jerawat satupun, karena gua beranggapan kalau gua ga jerawatan gua pasti cantik kaya orang-orang di tv. Semua cara udah gua coba mau yang herbal ataupun facial di salon, bahkan semua sabun pencuci muka udah gua coba dan nyata ga berhasil. Karena udah capek melawan jerawat-jerawat manja ini akhirnya gua udah ga terlalu ngurusin lagi.
      Sampai masuk SMA, lambat laun jerawat ini mulai hilang, tapi belum bisa seneng dulu, karena jerawat ini meninggalkan bekas hitam. Saat itu gua pake minyak zaitun di jadiin masker buat tidur dan Alhamdulillah bekas jerawat itu hilang. Setelah jerawat-jerawat itu hilang, apa gua ngerasa cantik? Tetep ngga. Sedih emang. Tapi gua berpikir positif, karena saat itu temen SMA gua baru mulai jerawatan sedangkan gua sudah melewati fase itu.
     Waktu SMA gua pernah denger temen kelas ngobrol dengan sangat antusias, suaranya kenceng banget bilang, “Enak ya jadi si Mimin (nama samaran). Mukanya cantik, putih, badannya bagus, ramah juga, cowo, uang, semuanya nyamperin. Setengah masalah idupnya selesai!” lalu dia ketawa-ketawa. Bangsad, gua yang denger kesel banget, lalu apa kabar gua yang kaga cantik dan dekil ini anjir? Setengah masalah idup si cewek cantik tadi dikasih ke gua? BANGKE!
         Masalah hidup gua dan badan gua ga berenti sampe di situ aja. Setelah lulus SMA berat badan gua yang awalnya normal, terus gegara liburan kebanyakan makan jadi membesar dan semakin bertambah besar sampai sekarang. Sampai gua menulis tulisan ini.
        Terlebih lagi beberapa bulan yang lalu gua ketemu tetangga yang udah lama ga ketemu, dia menyapa dengan entengnya, “Ini Nadiah yang dulu tinggi itu kan ya? Sekarang udah mendingan ya”. Wait, MENDINGAN, MENDINGAN, MENDINGAN. MAKSUDNYA APA BGST? Basa-basi tidak bermutu, SAMPAH!
          Dari sinilah gua dapat mengambil kesimpulan, manusia tuh beneran ga ada puasnya ya. Dulu pengen ga ada jerawat, pas udah ga ada jerawat belum puas juga. malah pengen kurus, kurus belum, pengen cantik, cantik belum udah pengen punya uang. Halah, hidup ini terlalu banyak mau.
     Dari cerita di atas udah jelas kan apa yang akan gua bahas? Yaps, BODY POSITIVITY. Zaman sekarang buanyak banget para influencer yang mendukung gerakan ini dan tentunya gua juga akan mendukung. Udah cukup banyak cewek yang berusaha mati-matian buat mengikuti kriteria cantik orang lain dengan menghalalkan segala cara. Diet ketat, sampai lupa sebenernya tubuh memang butuh asupan-asupan makanan. Olahraga terus, sampai lupa tubuh juga butuh istirahat. Apalagi sampai ada yang ke dokter buat merubah bentuk tubuh.
       Buat apaaaa? Inget ya! Standar ideal atau lebih spesifiknya standar kecantikan seseorang itu berbeda-beda. Ada orang yang beranggapan “Orang kurus bakal lebih cantik” atau “Kurus apaan ga bagus, bagusan juga berisi, lebih enak diliat”. Harus diingat, semua yang ada di diri manusia itu unik, apa yang ada didiri kita itu unik, baik fisik ataupun sikap. Kamulah yang megang kendali diri kamu, kamu cantik mau bagaimanapun diri kamu, kamu selalu menarik, tidak ada yang bisa menyamai, kamu selalu hebat!
       Parahnya, secara ga sadar yang bikin kita berasumsi bahwa cantik itu harus langsing, tinggi, putih itu tv. Coba kita lihat, iklan-iklan di tv menunjukan cewe-cewe cantik yang langsing, mulus, putih, rambutnya bagus, bahkan sampe-sampe ya kalau ada semut yang lewat di kulitnya juga bakal kepeleset lagi sangking licinnya. Akhirnya citra ideal tadi masuk ke dalam pikiran dan membuat kita berpikir kalo cantik ya kaya gitu. Kalau ga kaya gitu ya berati kamu AUTO JELEK.
         Terus kalau udah kaya gini kita harus apa? Samperin orang-orang yang bikin iklan di tv terus suruh tanggung jawab karena iklannya kita jadi ga pede? Ya jangan gitu dong bosQ, kalian terlalu lemah. Di sinilah BODY POSITIVITY berguna! Body positivity itu kamu bisa menghargai tubuh kamu yang berubah secara alamiah tanpa perlu melakukan perubahan apa pun untuk membuatnya terlihat lebih cantik dan sempurna. Kamu tetap merasa nyaman, bagaimanapun bentuk dan ukuran tubuh kamu.
     Gimana? Mudah atau sulit menerima tubuh sendiri tanpa ada tuntutan-tuntutan untuk merubahnya? Tapi, sebenernya menurut gua, perubahan ga buruk juga. Selama, perubahan itu masih tahap normal dan ya emang tujuan kamu untuk semakin mencintai bukan karena ga pede.
        Tujuan gua nulis ini bukan, “Weh kita kan udah terima tubuh kita ngapain  berubah, suka-suka dong gua mau makan apa, mau ngapain juga” bukan itu maksudnya. Cintai diri kamu bagaimanapun bentuknya, rawat tubuh kamu, jangan melakukan hal-hal yang bikin tubuh kamu sakit nantinya.
            Satu lagi. Buat kalian jangan pernah mengomentari penampilan seseorang walaupun itu sudah yang paling halus, kalian ga tau ucapan itu berdampak apa bagi dirinya atau memang yang kalian katakan itu memang sesuatu yang sangat membuatnya stress. Stop, berkata buruk tentang penampilan seseorang. Hormati sesama!
            Pokoknya buat para manusia di dunia ini terlebih lagi perempuan, kamu sangat istimewa dengan bagaimana diri kamu. Kamu selalu menawan. Perbedaan warna kulit, bentuk badan, bentuk bibir, ukuran tubuh, semuanya hebat! Cintai diri sendiri! Luvvvv!
              Oh iya, mau ngasih tips juga dan ini sering gua lakukan. Kalau kalian lagi ga pede coba ngaca full body terus liat dari muka sampe kaki sambil bilang "Gila gua cakep banget sih, keren, suka banget si yaAllah" Ya walaupun emang sedikit narsis dan egois tapi membantu kok. Salam!


Note: Maap ya ga konsisten, awalnya pake gua-gua tapi akhirnya pakenya kamu-kamu :((((
2

2 komentar:

  1. ngomong-ngomong soal body, hmmmmm, jujur awalnya saya ga ngerti sih konsep soal 'bodyshaming' yang lagi rame. Awalnya mikir, 'kok ada ya, orang yang marah karena disebut item?'

    Karena, ngapain marah? orang-orang yg kulitnya putih gada marah tuh kalo disebut, 'heh, putih'

    Tapi, lama-lama jadi sadar juga. Semuanya itu karena stigma masyarakat(yang semoga tidak menjadi budaya) bahwa cakep itu harus putih, dan dalam kasus ini, "mereka yang engga putih" mau ga mau harus menelan pil pahit itu.

    Sama halnya dengan

    Padahal bagi saya, cakep itu relatif. Karena perjuma juga kalo putih tapi jakunnya ada tiga.

    wlwlwlwlwlw

    BalasHapus
  2. gue juga pernah jerawatan, tapi munculnya satu-satu, sebulan sekali satu maksudnya. :D

    iya juga ya, iklan2 tv emang gak bener itu. coba deh mending bikin iklan sendiri aja.

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?