Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Rabu, 13 Juli 2016

Ini yang Pertama


            Tulisan pertama setelah lebaran, sebelum lanjut cerita saya selaku empunya –penulis alay- blog ini ingin mengucapkan minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Barangkali saya pernah nulis yang ga jelas *ini selalu, terus kalian kesel, tapi tenang kesalahan kalian sudah saya maafkan kok jadi ga usah repot-repot minta maaf ya. Baik kan saya?

            Tahun ini saya baru ngerasain yang namanya ‘pulang kampung’ iya ‘ PULANG KAMPUNG’ -sengaja di capslock biar dramatis-. Lebaran sebelumnya biasanya saya hanya ke Jakarta tempat nenek saya tinggal, kali ini saya ke Kuningan. Disaat Jakarta kosong bisa dipakai untuk guling-gulingan di jalan, sekarang kebalikannya jalur tol padat merayap udah kaya ada pembagian sembako.
            Dari yang namanya pulang kampung saya bisa menyimpulkan suka dan dukanya, langsung aja ya:

1. Capeknya duduk di mobil, melatih kesabaran yang amat sangat.
Keseringan duduk dibangku yang tempatnya luas aja ga enak, gimana cuma duduk di mobil yang tempatnya minim banget. Apalagi kalau bawaannya super duper banyak, berasa satu lemari dibawa, daaaan ada banyak makanan. Pengen ngelurusin kaki kena tas, pengen gerakin badan kena makanan, mending kalau makanannya makan ringan kaya snack, ini rendang. Astagfir, tumpah-tumpah dah itu kuahnya, sabodo amatlah.

2. Seninya lebaran itu macet!
Hampir disetiap jalan tol pasti macet, kaga ada tol yang lengah pas lebaran, kalau emang ada yang lengah dia pasti gagal jadi tol. Yang nyebelinnya di jalan tol itu, pas lagi macet tiba-tiba ada yang balap, terus akhirnya ngikutin jalan yang balap tadi, pas kita yang lewat paling cuma bisa balap 1 mobil doang, kan kampret~

3. Rest Area penuh.
Capek, kebelet boker, laper yang dicari pasti rest area. Tapi pasti setiap rest area penuh, lagi-lagi butuh perjuangan buat nyari parkiran yang kosong. Nyarinya susah banget, keburu yang boker keluar ditempat, huft~

4. Saat nyampe tujuan yang dicari kasur.
Sampe, turun dari mobil, masuk kamar, tiduran. Entah saya doang yang merasakan atau emang gitu, bawaannya pegel banget pokoknya ga boleh ada yang ganggu. Padahal ga tidur, hanya gogoleran memanjakan badan.

5.    Ke rumah sanak saudara.
Salim-saliman sama keluarga, ngiterin keliling kampung pokoknya siapa aja yang dikenal sama orang tua. Anaknya ga kenal? Bodo amat yang penting salim. Urutannya tuh gini: Masuk, salim sama yang punya rumah, duduk, disuruh makan makanan yang ada di atas meja, basa-basi, pamit, keliling ke rumah selanjutnya. Basa-basinya ga jauh dari gini, “ini anaknya ya? Udah gede sekarang mah, dulu perasaan masih kecil.” Ya kali kecil terus bu~ Tiap mampir pasti disuruh makan, dan itu rada maksa. Padahal makanan yang disajikan tiap rumah sama, ga jauh-jauh dari nastar, kastangel, kueh kaleng. Rasanya pengen ku jawab “ga usah bu, tadi udah di rumah sebelah.” Karena saya anaknya baik, saya urungkan niat itu.

6. Jalan-jalan ke tempat rekreasi.
Jangan dipikir jalan-jalan pas lebaran itu enak, semua area penuh, semua wahana penuh. Ga bisa ngapa-ngapain, tapi ya seru sih ada nilai memorinya lebih dalam.

7. Nyari oleh-oleh.
Kamu tau kalau ibu-ibu udah nyari oleh-oleh gimana? Lama dan ganas. Udah gitu aja, bayangin sendiri aja kalau yang ini mah, serem pokoknya.

8. Pulang ke rumah.
Ini kayanya emang udah wajib yah, yakali ga pulang betah amat di sana.

(Gunung Ciremai, Kuningan)

             Selesai, itu semua yang saya rasakan saat pulang kampung. Seneng sih sebenernya, akhirnya bisa pulang kampung jugaa. Tapi kalau ditanya mau pulang kampung lagi tahun depan? Mikir-mikir dulu deh. Terima kasih sudah membaca, yang mau komen silahkan...

52

52 komentar:

  1. hehe bener banget tuh, Masuk, salim sama yang punya rumah, duduk, disuruh makan makanan yang ada di atas meja, basa-basi, dipamit. satu lagi yang kurang tuh THR :D

    BalasHapus
  2. Haha.. iya makanannya itu" doang, munkin itu kan ciri khas lebaran diindonesia, kalo di italy mungkin pizza, (abaikan)

    Btw, pemandangan dikuningan indah juga ya, hmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bisa jadii wkwkwk :D

      Indah kaya senyummu, eakk..

      Hapus
  3. Minal Aidzin ya.

    Wah keren siluet Gunung Ciremainya. Kena macet berapa jam mudik kemarin?

    BalasHapus
  4. Betul tuh, duduk di mobil kelamaan emang bikin bokong capek. Nggak luas ato sempit kalo perjalanan lama bokong pasti perih. Kayak pake balsem tapi kebanyakan. Uh perih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perih ditambah panas sih itu komplikasi yang ga enak banget.

      Hapus
  5. Sana-sini gak bisa gerak. Haha.

    Itu dikampung ditanya kapan nikah gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung enggaa, YA IYALAH AKU KAN BARU LULUS SMA, HUFT~

      Hapus
  6. Cie yg mudik. Gue belum pernah mudik sampe saat ini. Udah gue ceritain juga kok di blog gue. Hehe

    Eh iya. Emang rada maksa kayaknya di setiap rumah yg kita kunjungi. Padahal mah makanannya rata2 sama. Gue juga ngerasain gitu kok. Jadi santai aja. Itu seninya lebaran.

    Eh iya. Itu fotonya beneran kampung halaman lo ya? Kece bgt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciee yg ga pernah mudik, udah baca juga kok.

      Sabarin aja yg penting kenyang. Ralat, bukan kampung halaman gua, tapi kampung halaman bapak gua.

      Hapus
    2. Cie yg gak punya kampung halaman. Kampung halaman aja nebeng sama ortu. Huuuu..
      Wkwkkw

      Hapus
    3. Numpanglah sebelum numpang itu dilarang. Ehmmmm, gimana?

      Hapus
  7. Met lebaran ya, maaf lahir batin

    BalasHapus
  8. Minal aidin neng
    Coba dah lebaran taun depan rekreasi k
    mars
    Jamin sepi neng

    BalasHapus
  9. ternyata mudik pas lebaran itu ada suka dan dukanya juga ya bagi kamu. yaa gapapa deh, tapi setelah merasakan gaenaknya ketika perjalanan pulang kampung, tapi kan udah bisa bahagia ketemu sanak keluarga disana.

    haha, aku ngakak bagian poin yang kerumah sanak keluarga. itu juga aku alami soalnya. kita nggak kenal tapi disuruh salim aja, bahkan makanan pun juga sama itu-itu aja haha.

    tapi meskipun begitu, momen lebaran emang momen yang paling berkesan yang hanya terjadi setahun sekali. btw, mohon maaf lahir batin yaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru itu suka dukanya yg nempel banget diingatan, tapi seneng sih.

      Iya, sebagai anak yg baik salim aja. Mohon maaf lahir dan batin juga yaaa..

      Hapus
    2. nah, makanya bisa jadi momen berkesan banget kan yaa hehe.
      salim aja ntar pasti dikasih salam tempel kalo beruntung haha.

      Hapus
    3. ((Kalau beruntung))

      Sayangnya saya ga beruntung, yg didapet pegel doang :')

      Hapus
  10. Mudik lebaran mah gitu ya ngga enaknya itu di jalannya.
    Btw, keren itu pemandangannya��
    Salam kenal yaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya itu kalau udah sampe tujuan :')

      Makanya mampir yuk ke sana, salam kenal jugaaa~

      Hapus
  11. yang penting THR nya jangan lupa,mau yang tua mau yang muda wkwkkwk

    BalasHapus
  12. Whaa klo bagi orang yg kampungnya di pulau jawa pasti dari tahun ke tahun lebarannya kena macet yaa. Klo yg dari pulau seberang macet sumatera sih macetnya paling cuma beberapa jam di pelabuhan, setelahnya ramai lantjar aja tuh hihi
    Gak kebayang rasanya macet2an mau mudik pas bulan puasa klo ingey kemacetan di brexit kemaren ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ga punya kampung, cuma numpang dikampung orang doang :( Mau pulang kampung keluar jawa dimana, numpang kampung orang aja bahagiah sekalihh..

      Kalau brexit sih serem sampe ada yang meninggal.

      Hapus
  13. Baik banget, belum minta maaf udah dimaafin :))

    Mudik pertama yang penuh perjuangan ya. Aku belum pernah mudik sejauh itu sih. Sama nih, kalo ke rumah keluarga tuh yang penting salaman, padahal nggak kenal siapa yang disalamin.

    Kalo setiap berhenti di rumah orang disuruh makan dan karena nggak enak terpaksa kita makan, bisa terancam perutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah jangan gitu jadi malu :') Mudik pertama dan jauh, sungguh ini sangat kaget sekali hehe

      Baek-baek meledak perutnya, ya ampun serem bener yak.

      Hapus
  14. Waaahhhh pengalaman pertama kali mudik ya..??
    Aku mah gak punya pengalaman mudik. Soalnya dari lahir sampe gede begini tempat tinggalnya disitu. Orang tua juga asalnya dari situ. Alhasil gak pernah mudik deehh...

    Tapi pengalaman-pengalaman selama lebaran (termasuk mudik) itu seru.
    Seseru kalau dapat angpau banyak #eh
    Hahahahaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga cuma numpang mudik doang, padahal mah ga tau itu kampung siapa.

      Setuju! Angpau kau adalah alasanku semangat :)

      Hapus
  15. berapa jam jakarta - kuningan pas lebaran?
    lebaran tahun ini, jadi lebaran macet terparah buatku. bapakku asli orang blora, jateng. jadi kami sekeluarga mudik kesana. biasanya sih kalau lebaran jarak kediri-blora bisa ditempuh dalam 5 jam, tapi kemarin parah banget, di dalam mobil 12 jam vroh!! rasanya..?? sudahlah.. Y___Y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih dari 4 jam mba pit.

      Duduk dimobil 12 jam? Yowloh apa rasanya itu pantat, sungguh sangat menyiksa. Turut sedih ya mba pit :(

      Hapus
  16. Ketempat rekreaksi haha bener. Pokonya gua itu kalo mudik paling wajib banget ketempat rekreasi, Aplagi didesa mbah gua itu udah ada tempat rekreasinya sendiri terus ada sodara jaga disana jadi selo mau maen apa aja juga gratis. Nyahaha~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ada yang gratis ngapain bayar, betul tidak? Tapi ya boh ajak-ajak saya gitu loh. #MentalGratisanModeOn

      Hapus
  17. Aaaakh :D makasiiih yaa, baru mau minta maaf, eh udah dimaafin duluan ternyata :p wkwkw

    Eng... aku tiga tahunan lebaran ini lebih dirumah aja sih, nggak mudik kemana-mana ._. jadi rasanyaa kuraaaang ada kesaaaan ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama loh :)

      Yah kasian kamu nak, sini pukpuk dulu.

      Hapus
  18. Jadi kangen mudik naik mobil :D gak usah mudik deng. Ke jakarta aja naik bis juga kangen wkwk *tear*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih mending bislah dari pada mobil, rada legaan kali yaa..

      Hapus
    2. Mateklu rada legaan. Sama aja weh. Malah joknya kadang lebih sempit.

      Hapus
    3. Gitu ya? Ga pernah pulang kampung naek bis sih.

      Hapus
  19. Wah mudik nih ceritaya. Kayaknya seru. Aku seumur hidup gak pernah mudik, dari dulu, dari jaman nenek moyang rumahku disitu situ aja. Jadi ya kampung halamannya disitu situ aja.
    Dari kecip sampe sekarang aku selalu menanyakan 'ibuk kok kitagak perna mudik?' dan mulai tahun ini jawaban ibuku ganti, kira kira bunyinya begini 'kalo kamu pegen mudik, cari suami yang dari luar kota.' wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sadis, sekarang udah disuruhnya nyari suami. Pasti nyesel deh nanya gitu ke ibunya.

      Hapus
  20. Benera banget itu kalo kelamaan duduk di mobil pantatnya jadi panas ya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya panas banget, kaya liat gebetan sama yang lain :))

      Hapus
  21. baca tulisan ini, gw jadi kangen mudik ke kampung :(
    enaknya ketika mudik itu bisa ngumpul sama keluarga dan juga uang THRnya banyak dari saudara :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Momen terbaik sama sekeluarga, sama uang THR yang sejibun :D

      Hapus
  22. Minal aidzin jg yaaa...


    Salam kenal dr www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  23. saya gak pernah mudik neng....
    maklum ana udik asli :)

    eh, salam kenal yah... muga2 dapat hadiah dari si eneng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama ga pernah mudik, itu yang pertama.

      Dapet hadiah apaa? Hehe

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?