Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Senin, 25 Juli 2016

Pokémon Go Datang, Semua Terserang.


            Pokémon Go siapa yang ga tau permainan buatan nintendo yang lagi hitz di seluruh dunia ini? Kayanya hampir semua tau, bahkan nenek dan kakek gua juga tau.  Pokémon Go ini sebenernya belum resmi liris di Indonesia tapi pemainnya udah berjubel  banget, mulai dari yang anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua. Lagi sangking hitz-nya ini permainan sampe-sampe setiap hari beritanya ditayangin di televisi, mulai dari awal terbentuknya sampai desas-desus yang membuat Pokémon Go menjadi masalah.
            Yang sering masuk berita tentang game ini adalah orang yang main suka ga tau diri dalam memainkan Pokémon Go, ada yang sampai tabrakan, masuk ke wilayah aset negara, jatuh ke kali, dan banyak lagi lainnya. Sampai yang paling parah menurut gua adalah rumor tentang arti Pokémon Go yang artinya ‘Aku Yahudi.’ Sebenernya gua sempet heran sama rumor ini, sangat sulit dipercaya, dan ga masuk akal. Perusahaan ojek online juga membuat permainan ini menjadi ‘lahan’nya yang baru, entah itu bener atau engga yang gua pernah baca ada yang menawarkan untuk mencari monster menggunakan aplikasi ojek online dan mendapat beberapa keuntungan. Bahkan salah satu mahasiswi di daerah Jawa sana membuat aplikasi untuk menentukan di mana letak yang banyak monsternya.
            Karena penasaran dengan Pokémon Go yang hitz ini gua ga mau kalah, gua coba menginstallnya dihp dan bisa. Awalnya gua kira ini semacem permainan salon-salonan, soalnya sebelum kita menjelajah kita disuruh untuk memilih beberapa item yang menjadi ciri khas seperti jaket, celana, sepatu, tas, baju, warna kulit dan warna mata. Awalnya kita sebagai pemain disuruh untuk memilih orang, bebas mau perempuan atau laki-laki. Tapi karena waktu itu gua masih bodoh dengan permainan ini, gua lebih milih laki-laki soalnya dipikiran gua waktu itu laki-laki pasti punya kelebihan tersendiri, ternyata sama aja ga ada pembeda. Ada deng yang beda, kalau laki pake celana kalau perempuan pakai rok.
            Selanjutnya, nanti kita langsung ke arena mencari monster. Lagi-lagi kebodohan gua dalam permainan ini muncul, gua ga ngerti cara ngejalanin ini orang. Sampe waktu itu hape gua gerak-gerakin macem kaya diiklan bukalap** yang tangannya sampe gede sebelah itu. Ya, gua emang sebodoh itu. Gua yang bingung dan udah muak hampir 10 menit berkutat sama mainan itu tapi ga gerak-gerak akhirnya gua keluar dari permainan itu. Gua yang saat itu kecewa karena ga ngerti cara mainnya langsung pengen gua uninstall aja, tapi karena waktu itu gua pikir ini lagi booming banget dan nanti susah kalau download lagi akhirnya gua diemin.
            Waktu itu siang saat gua lagi iseng buka twitter, gua liat ada yang nawarin buat masuk grup LINE yang isinya master-master dalam Pokémon Go, namanya itu #TeamValor. Gua pikir “wah ikut aja ah, rame-ramein hape sekalian belajar juga cara mainin itu gimana, sayang kalau udah didownload tapi ga dimainin.” Akhirnya gua menawarkan diri dan masuklah ke grup itu. Awal masuk itu perkenalan dengan cara mengscreenshoot profil Pokémon trainer kita, setelah gua liatin satu-satu level gua masih dilevel cupu, level 4 yang mau masuk gym aja ga bisa, sedangkan yang lain udah level 6 keatas, disitu gua merasa gagal~ Akhirnya gua mulai semangat buat naikin level biar ga malu-malu banget.
            Nah baru satu minggu yang lalu gua naik level 5 dan akhirnya bisa masuk GYM. GUA BAHAGIA BANGET, ternyata kebegoan gua muncul lagi, pas masuk gym gua disuruh buat milih 3 warna kuning, biru sama merah. Gua akhirnya milih yang merah, karena lambangnya enak diliat dan cowok banget. Tapi karena gua masih ragu gua coba nanya ke grup #TeamValor tadi, kira-kira gini “kalau misalnya di gym ada warna kuning, biru sama yang merah kita harus milih warna apa?” semenit, 2 menit ga ada jawaban akhirnya ada yang bilang “Valor.” Karena gua bingung gua cuma read doang. Terus ada lagi yang jawab, “Ya warna merahlah, kita kan team valor.” Dan saat itu gua mulai malu, ternyata #TeamValor itu buat team yang memakai karakter merah. Tiba-tiba ada yang nanya lagi, “Lu ngambil warna apa? Merah kan?” Karena gua takut diomelin langsung gua jawab iya aja, dan gua minta maaf karena ga tau arti dari itu.


(Udah level cupu, ga ada yang rare, CP-nya payah lagi)

            Pertama kali gua masuk gym gua bingung, kenapa di gym ada level-levelan juga. terus masa jagoan gua ga bisa bertarung, pengen nanya takut salah dan malu lagi, akhirnya tiap gua nemu gym gua buka. Dan ada 1 yang bisa buat bertarung, musuh gua itu pake monster yang gede banget, CP-nya itu 1500-an gitu lawan gua bintang imut (staryu) yang CP-nya cuman 90. Pas pengen bertarung gua belum apa-apa monster gua udah mati, ternyata bintang imut gua mati sebelum  bertanding. Dan sampe sekarang gua belum berhasil menang di gym, atau emang gimana sih? Gua ga ngerti!
            Pas kemaren gua ke rumah nenek, emak gua tersayang bilang ke embah (read: kakek) kalau gua ikut main Pokémon Go juga, selesai emak gua bilang gitu gua langsung diomelin. Bawa-bawa arti ga jelas itulah kalau artinya ‘Aku Yahudi’ dan gua dibilang pendukung yahudilah. Ternyata berita telah merusak anggapan nenek dan kakek gua, saat itu rasanya semua berita yang bilang rumor itu pengen gua sumpelin kaos kaki bau semua biar mati ditempat.
            Sebenernya ada makna yang bisa diambil dari permainan ini, contohnya: ketemu temen baru, ya karena contohnya yang gua bilang di atas. Ada grup khusunya dan mereka itu sering banget meet up buat sekedar hunting pokémon bareng. Saling sharing di mana letak Pokémon yang rare, ini melatih agar tidak pelit –pelit biar ga ada orang yang dapet rare-. Gampang disuruh orang tua buat keluar rumah, karena Pokémon Go ga bisa dimainin sambil diem aja jadi kita harus jalan, seengganya kalau disuruh orang tua kita punya tujuan lain dan sekalian menambah pahala dari orang tua.
            Sekian tulisan dari pokémon trainer pasif ini, itu hanya pendapat dan pengalaman gua tentang permainan ini. Ingat! Semuanya bukan disebabkan oleh permainannya, tapi karena orang yang memainkannya bijak atau tidak. Terima kasih :)

NOTE: Gua tadi nemu lagu ngakak banget deh di twitter, terus akhirnya coba nyari di youtube dan ternyata emang ngakak banget. Selalu di Indonesia, semua yang hits selalu ada lagunya. Coba deh nonton :))

45

45 komentar:

  1. Iya temen saya juga pada main PokeGo .-.
    Saya sehari udah uninstall hehe, takut soalnya kalo saya main, ambisnya kelewat batas .-.

    *nb : kupingkucing.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Anjirrr memang. Gue main pokémon go aja yang udah level 6 masih kagak ngerti apa-apa wkwk. Yang lain pada bisa main lama. Lah gue? Kagak ada monster langsung tutup aplikasinya lagi :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama jot gua juga kaya gitu, ga ada monster tutup aplikasi :))

      Hapus
  3. semua orang mulai kecanduan game pokemon go,tapi emang seru sih gamenya,nostalgia masa kecil juga :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya konon katanya ini game juga emang udah dari dulu, cuma sekarang diperbarui aja.

      Hapus
  4. Gue pas baca bagian "Ini gue kira main salon-salonan gitu. Soalnya ada milih2 karakter di awal." Njir!!! Geli gue bacanya.

    Pokemon Go kalo mau dapetin CP yang besar, cara nangkepnya harus pada lingkaran hijau di tangah2 Pokemon. Katanya gitu, sih. Gue cuman sekali bisa nyobain nangkep Pokemon, setelah itu gak bisa lagi. Soalnya di Pekanbaru gak ada Pokemon. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hanya salah paham, buah dari kebodohan ku.

      Oh gitu caranya ya, tapi tetep aja ga ngerti. Di sini juga sama kalau mau dapet pokemon harus keluar dulu jalan keliling.

      Hapus
  5. hahaha, digoncang-goncang kayak iklan bukalapak :v

    pokemon go ini emang lagi booming banget dah, bener apa yang lo tulis diatas, beritanya sampe ditayangin di tipi tiap hari bahkan, hahaha. tapi walaupun lagi booming banget, gue belom juga nginstal pokemon go ini. gue lebih suka maen game pokemon yang di nintendo (offline) karena ada alur ceritanya dan bisa ditamatin, hahaha yesterday banget yak.

    semoga makin jago dah maen pokemonnya, tapi kudu bijak juga bagi waktu, jangan sampe terlalu mendewakan pokemon hahaha :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang iya, kadang sampe bosen nonton beritanya juga, soalnya sama aja ga ada yang bedain. Kayanya banyak deh yang ga install aplikasi ini juga.

      Yoi, bijak dalam bermain dan jangan mendewakan pokemon hahaha

      Hapus
  6. Parah, game gini dikira salon-salon sampai dimainkan kaya iklan. Hahahahhaa

    Jujur, aku juga waktu tau game ini bisa didownload (apk dari google), aku udah kaya orang nahan kebelet pipis. Pengen banget buat cobain. Pas cobain, seminggu semangat buat mainin. Pada akhirnya bosan, gak waktu buat mainin dan juga gak teman buat diajakin main bareng.

    Btw, gosip-gosip tentang arti pokemon go dan sebagainya itu. Aku sebagai pemainnya juga cuek aja sih. Karena game ini juga bikin sehat diri sendiri. Jalan-jalan nyari pokemon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua masih awam dalam permainan ini :')

      main permainan ini emang ga enak kalau sendiri, jalan sendirian, udah gitu ga bisa punya musuh juga sih *walaupun ini kayanya bukan ngajarin buat musuha deh*

      Setuju!

      Hapus
  7. huahaha gue juga main dong. tapi gak se-addict orang-orang. Gila, seminggu rilis udah ada grup LINE tim-timnya, udah bikin kaos, jaket, totebag. Niat-niat banget -_-

    yang bikin gak seru adalah udah banyak yg pake fakegps atau aplikasi lainnya, jadi bisa nyari pokemon walaupun di rumah aja alias gak jalan beneran. -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parah emang, mereka udah buat jaketnya dan banyak yang beli, ladang usaha baru haha

      Kalau main pokemonnya sambil diem aja dirumah kayanya ga seru deh, yang bikin mainan ini hitz banget kan gara-gara emang harus jalan bukan diem gitu aja.

      Hapus
  8. wah pertama kali nih kayaknya saya mampir

    huahahahaha main salon-salonan katanya ... ngawur..

    seruh sih seruh game pokemon itu, cuman hape saya ndak bisa, enak ya kamu bisa maen, oh ya beruntung juga sih kamu milih merah, karena kebanyakan yang pro emang milih merah, lalu biru... dan yang paling ndak terkenal sih yang kuning :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh, sering-sering mampirlah, gerbang selalu terbuka :D

      Ternyata tim merah juga emang banyak ya, gua baru tau waktu searching-searching di gogle.

      Hapus
    2. iya.. kebanyakan memang tim merah.. nggak tahu kenapa alasannya....

      Hapus
  9. ngakak pas baca bagian main pokego=salon-salonan, hahahahaha XD
    saya g main pokego nad, cuman liatin huru hara di tv sama youtube dan beberapa tulisan, kayak kamu gini.
    pingin sih nyoba, cuman nanti aja deh, kalau versi resminya keluar (kalau keluar) tapi kalau indonesia di blokir juga, ya udah g usah donlot deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ((kalau keluar)) kalau engga ya ga main ya mba pit? Hahaha

      Hapus
    2. g nad, males.. saya mah sayang hape, sekarang belinya pake duit sendiri, kalau rusak g bisa minta duit ama emak, bisa diputus hubungan ibu anak :(

      Hapus
  10. Pokemon Go emang lagi hitz banget, bahkan blogger pun banyak yang nulis beginian....

    Gue awalnya pengen main, tqpi gps nya gak connect, gue males benerin akhirnya gak gue mainin, gue gak terlalu tertarik juga sih..

    Itu ada grup di line gitu kadang yang bikin minder emang tiap ada yang nanya kadang jawabnya pada gak ramah...

    Btw, beda banget CP-nya si staryu sama lawannya haha langsung mati gitu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung mati gitu aja dibantai, parah sih emang haha :D

      Kayaknya banyak juga ya yang ga main.

      Hapus
  11. Duuuhh ngeles aja pake alasan gampang disuruh orang tua hahaha. Iya nih game itu hits banget sampe orang sekantorku juga pada main. Temen pulang kerja nyetir mobil sambil main pokemon. Supir nganter atasan juga sambil buka pokemon. Nanti giliran udah diomelin suruh berhenti kerja kan serem yak hahaha.

    Tapi aku sendiri gak tau deh nggak tertarik sama game ini. Beneran, selain karena HP yang nggak memadai, kalopun memadai juga agak males mainnya. Apalagi kerjaan tiap hari cuma rumah-kantor rumah-kantor.

    Btw, itu rumor Yahudi itu dari mana sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang banyak yang main kak, ga yang tua ga yang muda semuanya pada main. Bener juga, kalau dipecat aja baru nyesel haha :D

      Ga tau tuh, rumornya ga jelas dan aneh banget

      Hapus
  12. pas kecil jarang liat pokemon sih. malah aku lebih kenal tim roket drpd tokoh utamanya itu :D

    untuk gamenya, gak nyobain pastinya. mualeeesss XDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahhhh sayang banget, ayo cobain *kompor banget*

      Hapus
  13. game ini bikin lupa rumah, maunya dijalan saja..hahahaha

    BalasHapus
  14. Gokil tuh nadia lagunya, suaranya unyuk unyuk banget hahahaha. Kreatif banget emang orang indonesia ini.

    Aku juga main pokemon karena rasa keppo yang mendalam aja sih. Macem main coc dulu wkwkw. Tapi menurutku pokemon go enggak seseru yang digembar gemborkan media. Atau akunya aja yang cupu jadi enggak seru hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang indonesia emang kreatif tanpa batas.

      Menurutku juga gitu, ga seseru yang digembor-gemborkan orang-orang :(

      Hapus
  15. Pokemon GO ini eamng sedang hangat-hangatnya ya. Bahkan banyak banget youtuber yang bikin vlog nyari pokemon.Tapi entah kenapa ya aku masih belum tertarik buat main game tersebut hehe.

    Kayaknya itu kamu semangat banget ya mainnya, bisa naik level cepet banget gitu.
    Oh iya, buat yang arti pokemon = aku yahudi itu cuma akal-akalan haters aja mungkin yaa, aku juga nggak percaya kok kalau game itu memiliki arti kayak gitu.

    Hmm, bermanfaat juga ternyata ya game pokemon go ini, bisa nambah banyak temen. Ya, semoga nanti ada yang cocok lah, kan lumayan bisa dijadiin gebetan haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana semangat, aku masih level 6 disaat yg lain udah level 20-an lebih :(

      Mereka pada fokus sama permainan, jadi ada cewek aja pada ga sadar haha

      Hapus
  16. wuhuhuhu, terserang demam pokemon go juga, ya? gue sih nggak main.. entah karena emang nggak mau main atau males main sih :") gue lebih nunggu pokemon go resmi rilis di indonesia sih daripada download di web-web gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sepertinya sama terserang demamnya :D

      Baguslah, soalnya kan diweb mah masih ilegal.

      Hapus
  17. beruntung banget ya kamu bisa maen pokemon go, lah aku nggak bisa instal hehee, kemaren install hapenya langsung ngehang, mana lemot banget lagi, tapi semua isu isu aneh tentang pokemon go itu nggak bener kok, itu sih bisa-bisanya aja orang sirik sama permainan yang lagi booming ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku maen juga sekarang udah bosen :( iya yg buat isu pasti pengen main juga.

      Hapus
  18. Hahahahah yang pada nggak tahu pasti awalnya emang mikir "Ini gimana cara ngegerakin orangnya yaa." Padahal kitanya yan g harus jalan. \:p/

    BalasHapus
  19. Semua temen gue juga maen kecuali gue. Hp gue gak bisa install. Hehe

    Boom! Akhirnya keluar juga lagu pokemon. Sudah gue duga tulisan gue sebelumnya. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ki bener, masa sekarang lagunya udah booming aja.

      Hapus
  20. Pokemon lagi pokemon lagi. Masa iya salon2an bisa ngehits seantero dunia digital. Hahaha

    Eee disuruh ortu keluar ntr malah gak balik2 buat nyari pokemon. Hihi. Entah ponselku bisa atau enggak. Bisa2 klo ikutan instal ntr malah traveling mulu xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya siapa taukan? Lagian kan waktu itu belum tau.

      Gapapa travelling buat hunting pkemon wkwkwk

      Hapus
  21. [Oops, seperti barusan salah klik malah kirim ke email hehe..]
    Bisa lewat ojek online? Wah, baru dengar, pandai menjemput peluang itu namanya.
    Tapi saya sendiri termasuk yang belum pernah lihat/ngerti sebenarnya apa/gimana Pokemon Go itu.. :D

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?