Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Senin, 21 Desember 2015

#RiviewSotoy: Dilan Bagian Kedua: Dia adalah Dilanku Tahun 1991


            Gua baru beli buku lohhhhh... bodo amat gua pamer, dosa, iya, gpp, kalau bisa jangan. Judulnya adalah.... ‘Dilan Bagian Kedua: Dia adalah Dilanku Tahun 1991’ karya ayah Pidi Baiq yang bisa juga di jumpai ditwitter dengan akun @pidibaiq. Sebenernya sih buku ini udah keluar dari bulan Juli yang lalu, bahkan gua beli aja udah masuk cetakan ketujuh, keren emang ayah *ajarin atuh yah, biar kaya gitu juga*, setelah beberapa bulan ngumpulin uang buat beli buku ini, akhirnya terlealisasi juga dibulan Desember ini, iya emang lama, maklum gua kan remaja pas-pasan.

            Dilan Bagian Kedua: Dia adalah Dilanku Tahun 1991 mempuyai tebal sekitar 344 halaman, didalamnya ada 24 bab yang bikin baper (read: bawa perasaan) banget. Buku ini juga dilengkapi dengan animasi wajah para pemain yang ayah (pidi baiq) bikin sendiri, dan menambah keseruan pada si pembaca. Karakter Dilan dan Milea sang tokoh utama sangat apik digambarnya ditambah beberapa tokoh pendamping lainnya.
            Cerita dimulai dari Milea yang menceritakan bagaimana pada saat dia ditembak dengan Dilan diwarung Bi Eem menggunakan surat beserta materai, melanjutkan cerita dibuku yang pertama. Cerita kisah mereka, yang sederhana tapi begitu membekas. Dibuku ini juga banyak kata-kata simple, tapi ngena banget. Mereka pacaran, disitu banyak banget konfliknya. Mulai dari dijodohin, dilan ketangkep polisi, hubungan Milea sama keluarga dan temennya Dilan, pokoknya banyak banget dan asli seru parah.
            Diakhirnya kalian pasti ga percaya banget, apa yang udah terjadi sama hubungan mereka. Sumpah, gua aja kaget banget. Ahhhhh baper, mo nangis bodo kalau kalian  bilang lebay tapi itu kenyataannya. Kalian pasti juga kaya gitu, oh iya disini juga Milea mengadaikan gimana kalau pembaca jadi diri dia, apa yang kalian lakuin sama Dilan. *kalau gua sih, pengen beduaan aja dah*
            Tapi menurut gua, lebih seru yang pertama. Kalau yang pertama tuh lucu, berasa banget perjuangan Dilan buat dapetin Milea. Kalau dibuku kedua, Milea baper mulu, gua kan jadi ikutan baper lagian Dilan bandel sih ah. Tapi mungkin kalau buku pertama bawaan PDKT, kalau buku kedua kan cara mempertahankannya. Kalian tau sendiri mempertahankan lebih sulit dari pada merebutnya.
            Udah ah, gua ga mau spoiler. Kampret emang gua, dari tadi cerita dibilang ga mau spoiler. Pokoknya bukunya ayah keren banget, recomended banget buat kalian yang mau baper. Udah ah, gua mau baper dulu ya, Bye~

Ps: Buat Ayah, aku baper banget loh, penghabisannya greget aku sebel. Kok gitu sih?
20

20 komentar:

  1. bagus, gaya tulisannya juga menarik

    BalasHapus
  2. semangat ya bagus nih ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong semangat terus~ Iya buku Dilan emang bagus banget.

      Hapus
  3. Spoiler malah menguntungkan kok, bahkan meningkatkan penjualan bukunya. Bahkan dari awal spoiler #Dilan2 dinaikin banget di medsosnya Mizan. Dan, buktinya PO-nya rekor tuh dan penjualan sekarang juga udah masuk ke berapa ribu buku gitu. :D

    Oh iya, ikutan kuis #BUMIKU dari Penerbit Mizan yuk, mbak. Hadiahnya paket buku ratusan ribu lho, siapa tau bisa dapet buku Surayah yang lainnya juga. Nah buat info lengkapnya maen aja ke blogku http://penjajakata.com/ ya. :)

    Salam kenal. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mudah-mudahan sih gitu. Aku coba ikutan kuisnya lohh, semoga menang wkwkwk

      Hapus
  4. Gue suka banget sama novel ini, tapi lebih suka yang pertama sih. Heheh
    Dilan bikin gue jatuh cinta huaaah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gua juga kebih suka sama yang pertama, dilan emang bikin baper, jatuh cinta guaaa.

      Hapus
  5. G pernah baca novel nih, jadi kayak anak kampung pas denger nama pidi baiq, nama yg terlukis di jalan asia afrika *tsaah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaya anak kampung denger nama pidi baiq, tapi tau terlukisnya dijalan apa, gimana toh mba? Aku aja justru ga tau kalau ada nama ayah pidi baiq disitu.

      Hapus
  6. Dilan. Sebuah cerita yang sebenarnya selalu membuat dugaan pembaca dan membuat ending yg jauh bgt dari ekspektasi pembaca. Gue sih, lebih menikmati yg pertama. Yang ini baru baca sinopsisnya aja.

    Mau beli, sih. Tapi genre gue lagi fokus ke komedi dulu. Biar gak baper kalo nulis materi..

    Nice review nadia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dilan mah emang gitu -_- sama sih aku juga suka yang pertama, lebih gereget gitu. Tapi, yang ini juga ga kalah seru kok jadi baca ya pangeran :)

      Beli, beli, beli, terus baca lalu pangeran baper, bikin cerita, diposting, dan kita semua baper yeayyyy..

      Aduh, jadi malu, makasih pangeran.

      Hapus
  7. Helooo.. saya juga ngoleksi beberapa buku Pidi Baiq.. bahkan pernah ngejualin beberapa buku Pidi Baiq, padahal Pidi Baiq ga bayar saya loh.. # ya iyaalaaahh.
    Iya nih buku keren, cara dia bercerita juga keren. Beli lah, nanti saya minjam... hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku baca buku pidi baiq ya baru dilan ini, yang lain belum bacaa.
      setujuuu, aku udah punya donggg, mau minjem? siniii..

      Hapus
  8. Dilan, sering ngeliat nih judul ini asal mampir ke gramed. Kyaknya laku banget ya? Aku asal mampir ke gramed malah gak beli2 novel, gara2 bingung mau milih novel mana yg bagus *lah kok jd curhat? :v

    Wuahahaa.. Spoiler everywhere! Tp yauda deh gapapa, yg penting bgian seru dan endingnya gak dcrtain. Haha.
    Yg satu aja blm baca, ini udh yg kedua:(
    Ah, di mana-mana PDKT itu emg lebih asik, seru, dan kocak, ketimbang udah jadian:/ *Emm.. Bkan pngalaman pribadi yah. Haha*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laku deh kayanyaaaa, coba beli ajaaa, dijamin ga nyesel kok wkwkwk

      spoiler, kadang menguntungkan hahaha iya pdkt emang seru, kalau udah dapet juga seru kok *ini bukan curcol loh*

      Hapus
  9. Gue beberapa kali liat buku ini di Gramedia tapi nggak begitu tertarik. Cuman pas baca postingan kmu gue jdi pgin beliiii..seru kayaknya. Gue emang suka yg mengandung baper baper gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua juga awalnya kalau ngeliat ini buku biasa aja, tapi pas udah baca beneran deh bapeeeeeeer bangeeeeet. Lu harus baca banget deh, pokoknya baca lalu selamat berbaper-baper ria.. Btw, bacanya dari buku pertama dulu yaaaa...

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?